Ombak tinggi di pantai kota Tegal, warung - tembok beton pecah - WisataHits
Jawa Tengah

Ombak tinggi di pantai kota Tegal, warung – tembok beton pecah

Kota Tegal

Gelombang tinggi menerjang kawasan pesisir utara Kota Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (31/12). Sejumlah tegakan dan pagar pembatas pantai rusak.

Ada tiga lokasi yang terdampak gelombang tinggi. Ketiga kawasan wisata tersebut adalah Pantai Muarareja Indah, Pantai Alam Indah, dan Pantai Pulo Kodok.

Ada 15 anjungan rusak di Pantai Pulo Kodok. Lima di antaranya hilang dan hanyut diterjang ombak. Pemilik toko, Suripto, 55, mengatakan dua anjungan tokonya hanyut terbawa ombak tanpa bermalam. Ia mengaku rugi sekitar Rp 7 juta.

“Gelombang besar mulai pukul 03.00 WIB, hujan dan angin. Beberapa saat kemudian datang gelombang besar hingga penyangga paviliun hancur,” kata Suripto, Sabtu (31/12/2022) di lokasi.

Gelombang tinggi telah terjadi selama dua minggu, menurut pengurus Pokdarwis Pantai Pulo Kodok Kasiran. “Sudah terjadi selama dua minggu, kali ini yang terburuk. Ada 15 paviliun yang rusak, kerugian sekitar Rp 80 juta,” kata Kasiran.

Kawasan wisata pantai di Kota Tegal rusak akibat gelombang tinggi pada Sabtu (31/12/2022).Kawasan wisata pantai di Kota Tegal rusak akibat gelombang tinggi pada Sabtu (31/12/2022). Foto: Imam Suripto/detikJateng

Ombak besar juga merusak sejumlah anjungan warung di Obyek Wisata Pantai Muarareja Indah Kota Tegal. Pemilik stan, Ridwan, 42, mengatakan dua paviliun miliknya ambruk saat diterjang ombak. Dia menjelaskan, gelombang tinggi sudah muncul sejak subuh.

“Cuaca buruk selama seminggu tapi pagi ini adalah yang terburuk. Banyak platform rusak. Kita berharap ada bendungan agar tidak rusak parah diterjang ombak besar,” kata Ridwan.

Lurah Muarareja, M Jaenal Aripin mengatakan, ada 106 kios pendopo di kawasan Pantai Muarareja Indah yang mengalami kerusakan ringan hingga berat. Gelombang tinggi tak hanya merusak warung, tapi juga menyisakan sampah di jalur wisata.

“Sebanyak 106 di antaranya rusak. Saat ini akses sedang diperbaiki oleh pemilik warung bekerjasama dengan kelurahan dan BPBD,” ujarnya.

Sementara itu, gelombang tinggi juga menembus tembok beton sepanjang 35 meter di kawasan Pantai Alam Indah (PAI).

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, gelombang tinggi pada dini hari merusak sejumlah fasilitas di objek wisata tersebut. Seperti pagar beton yang hancur diterjang ombak di PAI Tegal, kata Rahmad.

Simak Video “BMKG Peringatkan Gelombang Laut Capai 6 Meter di Perairan Indonesia”
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button