10 Wisata Murah di Semarang untuk Liburan Akhir Tahun, Ada yang Halaman Gratis Semua - WisataHits
Jawa Tengah

10 Wisata Murah di Semarang untuk Liburan Akhir Tahun, Ada yang Halaman Gratis Semua

KOMPAS.com – Semarang memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi saat liburan akhir tahun dan tahun baru. Mulai dari wisata alam, sejarah, taman hiburan, wisata budaya dan lain sebagainya.

Selain itu, Kota Atlas menawarkan sejumlah wisata murah sehingga menarik lebih banyak wisatawan. Jika ingin liburan akhir tahun yang murah, beberapa destinasi wisata ini bisa menjadi pertimbangan.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata di Semarang yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Tempat Wisata Murah di Semarang

Di bawah ini rangkuman wisata murah di Semarang untuk liburan akhir tahun Kompas.com. Beberapa dari mereka sebenarnya gratis atau gratis

1. Simpan Lima

Kawasan Simpang Lima, Semarang, Jawa TengahDermaga. Kota Semarang, Kecamatan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah

Kawasan Simpang Lima merupakan salah satu ikon kota Semarang. Pengunjung dapat mengunjungi kawasan Simpang Lima secara gratis.

Mengutip Kompas.com (25/4/2022), wisatawan bisa mencicipi beragam kuliner yang ada di kawasan Simpang Lima. Mulai dari Opor Ayam, Mie Ayam, Ikan Nila Bakar, Nasi Goreng Seafood dan masih banyak lagi.

Kawasan Simpang Lima terkenal dengan becaknya yang berwarna cerah dan ringan. Namun, jika ingin naik becak Lampung, pengunjung harus membayar biaya sewa antara Rp 35.000 hingga Rp 60.000 untuk dua kali perjalanan.

Baca Juga: 5 Hotel Dekat Alun-Alun Bandungan, Semarang Bisa Ditempuh 7 Menit

2. Kota Tua

Gedung Marba di kawasan Kota Tua Semarang, Jumat (29/4/2022)Gedung Marba KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI di kawasan kota lama Semarang, Jumat (29/4/2022)

Perjalanan ke Semarang tidak lengkap tanpa mengunjungi kota tua. Wisatawan bisa berkeliling atau berfoto di kawasan Kota Lama secara gratis.

Kecuali saat wisatawan ingin masuk ke salah satu objek wisata atau makan di kafe dan restoran.

Mengutip situs tersebut Kunjungi Jawa TengahWisatawan yang berkunjung ke Kota Tua dapat melihat bangunan-bangunan tua peninggalan Hindia Belanda yang berusia ratusan tahun.

Sejumlah Pekerjaan Favorit wisatawan adalah Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung Bank Mandiri, Rumah Akar, Gedung Oudetrap, Galeri Seni Semarang, De Spiegel, Marba dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Hotel Murah Dekat Simpang Lima Semarang untuk Malam Tahun Baru

3. Ngarai Coklat

Brown Canyon di Tembalang Semarang, wisata galian ramai untuk selfie, Rabu (28/12/2016).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Brown Canyon di Tembalang Semarang, wisata bekas tambang ramai untuk selfie, Rabu (28/12/2016).

Objek wisata Brown Canyon menjadi viral di media sosial. Karena tempat ini disebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi berwarna coklat menyerupai Grand Canyon. Berlokasi di Rawosari, Tembalang, Semarang, objek wisata ini merupakan bekas galian tambang.

Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang tebing secara gratis.

4. Masjid Agung di Jawa Tengah

Masjid Agung di Jawa Tengah.SHUTTERSTOCK/NONOT Masjid Agung Jawa Tengah.

Masjid Raya Jawa Tengah merupakan objek wisata religi yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Pengunjung bebas masuk saat memasuki area masjid.

Mengutip Kompas.com (25.8.2022), lambang masjid ini adalah payung besar. Selain salat, pengunjung dapat menikmati arsitektur masjid yang merupakan perpaduan gaya Arab dan Jawa.

Masjid Agung Jawa Tengah terletak di Jalan Gajahraya, Desa Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang.

Baca Juga: Nikmati Kemegahan Arsitektur Masjid Raya Jawa Tengah

5. Taman Tabanas

Bukit Gombel HungariaGombel Hill Hungaria Shutterstock

Taman Tabanas terletak di Bukit Gombel, Hungaria. Tempat wisata gratis ini berada di ketinggian yang menawarkan panorama kota Semarang.

Mengutip Tribun Jateng (02/01/2017) nama Tabanas diambil dari tugu Tabanas yang mendominasi kawasan tersebut.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Tabanas adalah pada malam hari agar wisatawan dapat melihat kerlap-kerlip lampu kota.

Saat lapar, wisatawan bisa mengunjungi sejumlah warung kuliner dan restoran yang ada di Tabanas Park. Daerah ini adalah salah satu tempat paling populer untuk merayakan malam tahun baru.

Baca Juga : 4 Tips Wisata Dusun Salju Semarang, Isi Tiket Makan Tunai

Kawasan kota lama Semarang atau yang biasa disebut Outstadt ini luasnya mencapai 31 hektar.  Daerah ini terisolasi dari daerah sekitarnya, sehingga mendapat julukan Dermaga. Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Kota Tua Semarang atau biasa disebut dengan Outstadt memiliki luas 31 hektar. Daerah ini terisolasi dari daerah sekitarnya, sehingga mendapat julukan “Little Netherland”. Kawasan kota tua Semarang merupakan saksi bisu sejarah Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan letaknya berdekatan dengan kawasan ekonomi. Di tempat ini terdapat sekitar 50 bangunan tua yang masih berdiri dan memiliki sejarah kolonialisme di Semarang.

6. Tugu Muda

Monumen Tugu MudaTugu Muda Lisensi Dokumentasi Bebas GNU

Tugu Muda terletak di jantung kota Semarang. Tepatnya di persimpangan lima jalan utama yaitu Jalan Pandanaran, Jalan Mgr. Sugiopranoto, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda dan Jalan dr. Sutomo

Mengutip Kompas.com (10/02/2022), Tugu Muda merupakan monumen peringatan peristiwa sejarah, yaitu Pertempuran Lima Hari Semarang.

Wisatawan bisa bersantai di kawasan Tugu Muda sambil belajar sejarah secara gratis. Tepat di seberang Tugu Muda adalah wisata legendaris Semarang, Lawang Sewu.

Baca Juga: 6 Spot Foto Ala Belanda di Lawang Sewu

7. Pantai Maron

Berada di pesisir utara Jawa, Semarang menawarkan sejumlah objek wisata pantai yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Maron di Tugu Rejo, Kota Semarang.

Tiket masuk ke Pantai Maron sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang. Pengunjung dapat menikmati panorama pantai sambil berfoto dengan latar belakang hutan mangrove.

Baca Juga: 8 Pantai Semarang dan Sekitarnya, Ada Pantai yang Ada Hutan Mangrove

8. Pantai Marina

Ilustrasi sunset di Pantai Marina Semarang.WIKIMEDIA COMMONS/BADROE ZAMAN Ilustrasi sunset di Pantai Marina Semarang.

Pantai Marina merupakan salah satu destinasi wisata alam murah di Semarang. Mengutip Kompas.com (15.6.2022) Biaya masuk Pantai Marina hanya Rp 5.000 per orang.

Pantai ini berada di ujung Kota Semarang dan berseberangan dengan Pantai Maron. Sejumlah kegiatan yang bisa dinikmati wisatawan di pantai ini adalah memancing, piknik keluarga, dan olahraga.

Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling pantai sambil menikmati pemandangan hutan bakau yang indah.

Baca Juga : 4 Tips Mengunjungi Koetatoea Semarang, Banyak Tempat Bergaya Eropa

9. Curug Lawe

Air Terjun Lawe Kalisidi Kabupaten Semarang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Curug Lawe Kalisidi Kabupaten Semarang.

Curug Lawe Benowo atau yang dikenal dengan Curug Lawe Benowo Kalisidi adalah dua air terjun yang terletak di satu tempat.

Mengutip Kompas.com (29/6/2022) kedua air terjun ini bersebelahan yaitu Curug Lawe dengan ketinggian sekitar 30 meter dan Curug Benowo dengan ketinggian sekitar 40 meter.

Lokasinya berada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang. Kawasan air terjun ini masih tergolong asri karena berada di kawasan hutan lindung.

Tiket masuknya sangat ramah kantong dan Rp 8.000 per orang. Jika membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Curug Lawe Benowo Kalisidi, Air Terjun Menyegarkan di Semarang

10. Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya

Sejumlah wisatawan mengunjungi Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya, Watugong, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (1/12/2017).  Klenteng tujuh tingkat setinggi 45 meter ini tidak hanya menjadi tempat peribadatan umat Buddha, tetapi juga menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang paling diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. INTER PHOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Sejumlah wisatawan berkunjung ke Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya, Watugong, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (12/1/2017). Klenteng tujuh tingkat setinggi 45 meter ini tidak hanya menjadi tempat peribadatan umat Buddha, tetapi juga menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang paling diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kompleks Klenteng Watugong bercorak Buddha ini terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang. Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata religi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Mengutip Kompas.com (25/08/2022), Vihara ini memiliki lima bangunan utama, dengan dua bangunan utama yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala yang dibangun pada tahun 1955.

Warga Semarang lebih mengenalnya dengan sebutan Klenteng Watugong, karena tak jauh dari situ terdapat Tugu Watugong, di mana pengunjung dapat melihat sebuah batu yang berbentuk seperti alat musik gong.

Pemandangan termasuk pagoda setinggi 15 meter, patung dewi Kwan Im setinggi 5,1 meter dan patung Buddha tidur di bawah pohon Bodhi.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button