Promosikan Wisata Digital Interaktif, Kemenparekraf Hadirkan WonderVerse Indonesia - WisataHits
wisatahits

Promosikan Wisata Digital Interaktif, Kemenparekraf Hadirkan WonderVerse Indonesia

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperkenalkan platform “WonderVerse Indonesia” yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia secara digital interaktif.

Dalam pengembangan meta (metaverse) “WonderVerse Indonesia”, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan PT. Magnus Digital Indonesia.

Promosikan Pariwisata Digital Interaktif, Kemenparekraf Hadirkan WonderVerse IndonesiaPromosikan pariwisata secara interaktif dan digital, Kemenparekraf menghadirkan WonderVerse Indonesia, gambar oleh: Kemenparekraf

Hal ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Plt. Asisten Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf yang juga Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani dengan Dirut Magnus Digital Indonesia Hendra Liman.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno usai menghadiri penandatanganan Nota Kesepahaman untuk pengembangan “WonderVerse Indonesia”, Rabu (17/8/2022) di gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan selain itu untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di dalam dan luar negeri, “WonderVerse Indonesia” juga mendorong industri ekonomi kreatif untuk mempromosikan produknya secara digital.

“Kami sekarang berada dalam transisi di mana digitalisasi mendorong transformasi.

Hadirnya platform baru ini untuk meningkatkan promosi pariwisata dan juga bagaimana kita bisa meningkatkan ekonomi kreatif dengan perkembangan teknologi,”

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Pemasaran melalui metaverse menjadi kebutuhan seiring dengan percepatan digitalisasi.

Potensinya juga sangat besar. Bloomberg memperkirakan bahwa metaverse akan menjadi masa depan internet dengan perkiraan nilai $800 miliar pada tahun 2024.

Pada tahun 2026, diperkirakan 25% dari populasi dunia akan menghabiskan setidaknya satu jam sehari di metaverse.

“Itu artinya mereka akan bekerja, berbelanja, memiliki akses ke pendidikan, kesehatan, dan aktivitas apa pun, termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif di metaverse.

Di metaspace, tentu saja, kita harus mengambil tindakan tegas selama 4 tahun sebelum itu.”

kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan pemerintah perlu hadir dan memfasilitasi agar semua pihak bisa memastikan bagaimana metaverse meningkatkan kesejahteraan.

“Sesuai kepemimpinan Presiden Jokowi, transformasi digital, termasuk metaverse, harus mampu menumbuhkan kedaulatan dan kemandirian digital Indonesia.

Dalam transformasi ini, kita tidak boleh menjadi tuan rumah di negara kita sendiri.

Bagaimana kita bisa menampilkan konten kreatif dan kekuatan digitalisasi kita yang berlandaskan Pancasila dan kebhinekaan, tentunya berakar pada kearifan lokal yang kita miliki,”

kata Sandiaga.

Sandiaga berharap platform “WonderVerse Indonesia” menjadi game-changer dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia ke depan.

“Ini merupakan langkah awal dari sekian banyak prestasi yang perlu kita capai, dan juga bertepatan dengan momentum kemerdekaan kita yang ke-77 untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Saya berharap para pelaku industri dan UMKM harus siap melengkapi produk ekonomi kreatifnya dan memasarkan destinasi pariwisata secara virtual.

Dukung terus pemberdayaan industri ini dengan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja di 2024,”

kata Sandiaga.

General Manager Magnus Digital Indonesia Hendra Liman menjelaskan bahwa WonderVerse Indonesia terbagi menjadi empat bagian atau disebut “tanah”, yang merupakan representasi Indonesia sebagai negara kepulauan.

Di “negeri” ini terdapat berbagai keragaman yang bisa dinikmati.

Yang pertama adalah “Lobi”. Di sini, pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan endemik, galeri lukisan seniman Indonesia, dan layar lebar disediakan untuk mengetahui keseruan apa yang akan datang.

Selanjutnya, “WonderFUN Land” menghadirkan berbagai permainan dan hiburan Indonesia seperti wayang golek, tarian, dll.

Selanjutnya adalah “WonderGoods Land”, dimana pengunjung dapat membeli barang-barang khas Indonesia yang dipasarkan oleh para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dan akhirnya “Tanah Ajaib”. Di sini pengunjung bisa langsung membeli tiket pesawat, hotel dan akomodasi selama liburan untuk mengunjungi Indonesia sesuai destinasi yang diinginkan.

“Kami berharap MetaVerse Indonesia dapat menjadi wadah untuk memamerkan keindahan budaya Indonesia kepada dunia.

WonderVerse Indonesia dapat membawa manfaat besar bagi Indonesia dari sisi digital, sisi travel dan khususnya sisi ekonomi kreatif,”

kata Hendra Liman.

Namun untuk saat ini, kata Hendra, MetaVerse Indonesia masih dalam tahap penyempurnaan dan akan terus dikembangkan.

“Terus mempercantik, termasuk memenuhi segala kebutuhan. Harapannya semua sudah bisa diakses pada triwulan IV 2022″,

kata Hendra.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button