WonderVerse Indonesia, Bagaimana Sandiaga Uno Memperkenalkan Pariwisata Digital - WisataHits
Jawa Barat

WonderVerse Indonesia, Bagaimana Sandiaga Uno Memperkenalkan Pariwisata Digital

Bogordaily.net– Pemerintah merambah dunia metaverse untuk menggenjot sumber daya pariwisata dan industri kreatif di Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif/Badan Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) juga memperkenalkan platform WonderVerse Indonesia.

Selain mempromosikan pariwisata Indonesia secara nasional dan internasional, WonderVerse Indonesia didirikan untuk mendorong sektor industri kreatif menampilkan produknya secara digital.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf, Sandiaga Uno, usai menghadiri penandatanganan MoU pengembangan “WonderVerse Indonesia” pada Rabu, 17 Agustus 2022 di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, atau bapak dari ekonomi kreatif.

“Sekarang kita berada dalam pergolakan di mana digitalisasi mendorong transformasi. Kehadiran platform baru ini bertujuan untuk meningkatkan promosi pariwisata dan juga menunjukkan bagaimana kita dapat meningkatkan industri kreatif dengan perkembangan teknologi,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, dilansir Suara.com dari situs Kemenparekraf.

Kemenparekraf bekerjasama dengan PT dalam pengembangan metaworld “WonderVerse Indonesia” (metaverse). Magnus Digital Indonesia. Pemasaran pariwisata dan industri kreatif melalui metaverse ini bersama dengan percepatan digitalisasi di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar.

Bloomberg memprediksi Metaverse sebagai masa depan internet, bernilai sekitar $800 miliar pada tahun 2024. Kemudian diperkirakan pada tahun 2026, 25 persen populasi dunia akan menghabiskan setidaknya satu jam sehari di Metaverse.

“Itu berarti mereka bekerja, berbelanja, mengakses pendidikan, mendapatkan perawatan kesehatan, dan terlibat dalam semua kegiatan, termasuk pariwisata dan industri kreatif, di metaverse. Wajar saja di meta space, kita harus melakukan terobosan 4 tahun sebelumnya,” kata Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga mengatakan pemerintah harus hadir dan mendukung program tersebut agar semua pihak dapat menentukan bagaimana metaverse ini dapat meningkatkan kesejahteraan.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa transformasi digital, termasuk metaverse, harus mampu memajukan kedaulatan dan kemerdekaan digital Indonesia,” ujarnya.

Sandiaga juga berharap platform WonderVerse Indonesia dapat menjadi game changer dalam mempromosikan pariwisata dan industri kreatif di Indonesia ke depan.

“Ini merupakan langkah awal dari sekian banyak prestasi yang harus kita raih dan juga bertepatan dengan momentum kemerdekaan kita yang ke-77 untuk lebih cepat pulih dan tumbuh lebih kuat,” ujarnya.

“Saya berharap pelaku industri dan UMKM harus mau mengisi dengan produk industri kreatifnya dan memasarkan destinasi wisata secara virtual,” lanjutnya.

Sementara itu, Hendra Liman, chief executive officer Magnus Digital Indonesia, mengatakan platform WonderVerse Indonesia akan dibagi menjadi empat bagian. Masing-masing bagian itu disebut “negara”, yang merupakan representasi Indonesia sebagai negara kepulauan dengan berbagai keanekaragamannya.

“Kami berharap MetaVerse Indonesia dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia kepada dunia. WonderVerse Indonesia dapat membawa manfaat besar bagi Indonesia dari sisi digital, dari sisi travel, dan khususnya dari sisi industri kreatif,” ujar Hendra.

Meskipun pemerintah telah mempresentasikannya ke publik, WonderVerse Indonesia saat ini masih dalam tahap penyempurnaan dan akan dikembangkan lebih lanjut untuk mencapai tujuan yang diinginkan. ***

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button