Program Dakwah Pesantren Imam Buchori Sidoarjo di Hari Libur | PWMU.CO - WisataHits
Jawa Timur

Program Dakwah Pesantren Imam Buchori Sidoarjo di Hari Libur | PWMU.CO

Program Dakwah Pesantren Imam Buchori Sidoarjo di Hari Libur |  PWMU.CO

Santri di Pondok Pesantren Imam Buchori Sidoarjo mengisi liburan dengan mengikuti program dakwah liburan, Kamis (22/12/22) (Istimewa/PWMU.CO)

Program Dakwah Pondok Pesantren untuk Imam Buchori Sidoarjo Selama Libur, Dilaporkan oleh Kontributor PWMU.CO Sidoarjo Gatot Bayu W

PWMU.CO – Pesantren Imam Buchori (PIB) Sidoarjo mengisi libur mulai 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 dengan program Libur Dakwah, Kamis (22/12/22).

Ketua PIB Yunan Daris Satriawan MPdI mengatakan lima mahasiswa mengikuti kegiatan yang digelar di Dusun Ngudal, Desa Pagerukir, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur itu.

“Selama sepuluh hari para santri harus belajar menjadi dai. Anda harus bisa menjadi pengkhotbah. Dengan kata lain, ketika saya menjadi seorang pendakwah,” ujarnya.

Saat mengikuti kegiatan tersebut, mahasiswa PIB Muhammad Adzan Abdillah menceritakan tentang program tersebut:

Kegiatan pagi dimulai pukul 03.00 WIB untuk melaksanakan sholat Tahajud.

“Setelah beberapa waktu, beberapa jemaah lokal datang ke masjid. Ada sekitar 9 orang mukmin yang menghadiri sholat Subuh. Setelah itu, salah satu dari kami naik ke mimbar untuk memberi mau’idhah hasanah cukup singkat,” katanya.

Dijelaskannya, setelah itu kami melakukan kegiatan yang biasa dilakukan di pesantren, yaitu zikir pagi bersama dan membaca Al-Qur’an bersama, saling mendengarkan hingga pukul 06.00. Setelah itu dilanjutkan dengan sholat Dhuha.

Pada Senin (26/12/22) sekitar pukul 07.00 WIB beberapa anak TPQ dari daerah datang menemui kami. tempat penampungan dan berjalan-jalan bersama menuju Bukit Cumbri, salah satu tempat wisata di desa tersebut.

“Perjalanan kami ke sana lumayan jauh karena jaraknya dari masjid atau tempat penampungan Kami berjalan ke Bukit Cumbri yang jaraknya sekitar 5 mil. Kami berkendara sejauh 16KM untuk perjalanan pulang pergi.”

Setelah sholat dhuhur berjamaah, sekitar jam 2 siang kami mengajarkan mengaji kepada anak-anak Masjid TPQ Miftahul Huda Pagerkir, dimana kami bertugas sampai jam 4 sore. Saat bertemu dengan Kepala Desa Pagerukir, sebelum khatib Masjid Miftahul Huda Suwarji pensiun, Suminto bercerita bahwa sore hari sangat ramai, anak-anak TPQ sedang mengaji di sana.

“Tercatat sekitar 60 anak belajar Al-Qur’an setiap hari. Namun kini anak-anak TPQ Miftahul Huda kehilangan semangat mengaji. Hanya beberapa siswa yang hadir, meskipun beberapa guru lama tetap mengajar. Seperti itulah sekarang,” katanya.

Suminto mengaku bersyukur dengan kedatangan para santri dari PIB, anak-anak pengajian di TPQ mulai semangat lagi untuk mengaji. Jumlahnya terus meningkat.

Santri Pondok Pesantren Imam Buchori Sidoarjo mengikuti program liburan dakwah, Kamis (22/12/22) (Istimewa/PWMU.CO)

Program Dakwah Liburan

PIB Santri Satria Yudha mengungkapkan selama mengikuti acara dakwah hari raya dirinya mendapatkan pengalaman dan belajar tentang dakwah, sulitnya menjadi seorang dai.

“Anda harus bersemangat sepanjang waktu karena jauh dari keluarga dan teman. Selain itu, kita juga harus ingat bahwa dakwah ini akan bermanfaat bagi banyak orang,” ujarnya, Rabu (01/04/23).

Dari program ini Anda dapat memiliki pengalaman baru. Semoga pengalaman liburan dakwah ini dapat bermanfaat bagi orang-orang yang berani melakukan yang terbaik untuk sukses dalam menunaikan tugas dakwahnya.

Sahabat Satria, Akhmad Khoirul Huda, juga melakukan hal yang sama. Dijelaskannya, program dakwah liburan ini akan memberikan pengalaman mengajar anak-anak di TPQ.

“Semoga pengalaman ini dapat menggugah semangat untuk mengamalkan dakwah ke depannya,” harapnya.

co-editor Ichwan Arif. editor

Mohammad Nurfatoni.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button