Program bertema desa, PLN mengoperasikan Jaringan Listrik Pariwisata Bukit Waung Malang - WisataHits
Jawa Timur

Program bertema desa, PLN mengoperasikan Jaringan Listrik Pariwisata Bukit Waung Malang

Bisnis.comSURABAYA – PT PLN Unit Distribusi Utama (UID) Jawa Timur telah memulai pengoperasian jaringan listrik di Kawasan Wisata Bukit Waung Modangan, Sumberoto, Kabupaten Malang untuk mendukung potensi pengembangan daerah melalui program desa tematik.

Dirjen PLN UID Jatim Lasiran mengatakan PLN memiliki program desa tematik yang ditetapkan untuk 16 desa di wilayah Jawa Timur (Jawa Timur). Program ini bertujuan untuk membantu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan partisipasi lokal sekaligus memperkuat kemandirian ekonomi lokal.

“Salah satu desa bertema yang digagas adalah Pembangkit Listrik Tenaga Listrik Desa Wisata Bukit Waung Modangan, Suberoto, Kabupaten Malang. Desa ini terkenal dengan panorama pantai dan wisata paralayangnya,” ujarnya, Selasa (26/7/2022).

Dia menambahkan untuk berhasil merek Sebagai destinasi paralayang nasional dan internasional, PLN dengan cepat membangun infrastruktur kelistrikan. Melalui program ini, lanjutnya, kawasan wisata ini bisa dengan mudah mendapatkan listrik dari PLN.

Sementara itu, dalam pengoperasian jaringan listrik Pariwisata Bukit Waung, terdapat 10 saluran udara tegangan menengah (STUM), 19 saluran udara tegangan rendah (STUR), 26 instalasi listrik baru untuk pelanggan 1 fase dan 2 untuk pelanggan 3 fase. Pelanggan fase dengan daya total 100 kVa.

Manajer PLN UP3 Malang M.Farqi Faris mengatakan, PLN telah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut terlibat dalam menjaga seluruh material dan jaringan PLN.

“Karena salah satu upaya menjaga keandalan listrik adalah dengan menebang pohon di sekitar jaringan, maka Pemkot juga diharapkan melaporkan kepada PLN, jika ada pohon yang tumbuh di sekitar jaringan, PLN harus segera melaporkannya,” ujarnya.

Selain elektrifikasi Bukit Waung Modangan, juga akan digagas program kampung bertema angkatan laut yang menggetarkan di Wisata Memancing Widoro, Pasar Banyuputih, Situbondo.

Wisata Pancing Widoro yang dikelola bersama BUMDes ini rencananya akan menawarkan wisata taman pemancingan, edukasi budidaya udang, wisata bahari dan wisata kuliner. program angkatan laut yang menggetarkan Juni lalu ada empat pelanggan tambak dengan total output 220 kVA.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: surabaya.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button