PLN mengoperasikan jaringan listrik di Wisata Bukit Waung Modangan Sumberoto – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

PLN mengoperasikan jaringan listrik di Wisata Bukit Waung Modangan Sumberoto – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

PLN mengoperasikan jaringan listrik di Wisata Bukit Waung Modangan Sumberoto – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

PLN mengoperasikan jaringan listrik di Wisata Bukit Waung, Modangan Sumberoto

Diunggah pada: 26 Juli 2022 22:11:52 1

Desa Wisata Bukit Waung Modangan Sumberoto, Humas Kabupaten Malang/PLN

Jatim Newsroom – Unit Induk Distribusi Jawa Timur PT PLN (Persero) Jawa Timur mendukung program pemerintah untuk mengembangkan potensi daerah dan serius menggarap program desa tematik dengan penguatan kelistrikan sebagai faktor pendukung utama.

“Kami telah mendirikan sekitar 16 desa bertema di wilayah Jawa Timur. Langkah yang kami lakukan adalah pertama mencari ide pembangunan desa untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan partisipasi lokal, kedua menetapkan tema dan ketiga meningkatkan kemandirian ekonomi lokal”, kata General Manager PLN UID Lasiran Jawa Timur dalam keterangan tertulis, Selasa (26,7/2022).

Salah satu desa bertema yang sedang digarap PLN adalah Pembangkit Listrik Tenaga Listrik Desa Wisata Bukit Waung Modangan Sumberoto, Kabupaten Malang. Desa yang terkenal dengan panorama pantai dan wisata paralayang itu dialiri listrik PLN pada Kamis (21 Juli). Untuk berhasil mempromosikan daerah ini sebagai daerah paralayang nasional dan internasional, PLN dengan cepat membangun infrastruktur di daerah-daerah di mana listrik sebelumnya bersumber melalui distribusi.

“Dalam operasi ini terdapat 10 pintu SUTM, 19 pintu SUTR, 26 instalasi listrik baru untuk pelanggan 1 phasa dan 2 3 phasa dengan total daya 100 kVa, total daya berhasil dinyalakan,” kata manajer PLN UP3 Malang, M. Farqi Faris.

Kepala Desa Sumberoto Budi Otomo mengapresiasi dukungan penuh PLN sebagai salah satu pemangku kepentingan utama dan menyampaikan kegembiraannya.

“Saya mewakili seluruh masyarakat Desa Sumberoto khususnya yang berada di kawasan Desa Wisata Tematik Bukit Waung Modangan, dan saya ucapkan terima kasih kepada PLN atas kerjasama dan kerja kerasnya sehingga daerah ini dapat menikmati listrik dari PLN. Dalam waktu dekat Pantai Modangan akan dijadikan sebagai tempat paralayang internasional, sehingga kebutuhan listrik juga sangat tinggi di sini, apalagi dengan adanya listrik juga membantu perusahaan-perusahaan di sini untuk mendapatkan air bersih dengan lebih mudah,” tambah Budi Utomo.

Operasi ini juga merupakan bentuk komitmen PLN untuk terus menerangi seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali. Selain itu, Farqi menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berperan dalam mengasuh seluruh materi dan jaringan PLN.

“Karena salah satu upaya untuk menjaga keandalan listrik adalah dengan menebang pohon di sekitar jaringan, maka masyarakat juga diharapkan dapat melaporkan kepada PLN jika ada pohon yang tumbuh di sekitar jaringan, maka PLN akan segera mencabutnya.” Untuk pembayaran listrik tidak perlu khawatir karena semuanya bisa diakses melalui aplikasi PLN Mobile,” jelas M. Farqi Faris.

Di Situbondo, program kampung bertema mengusung tema bahari yang menggemparkan untuk wisata mancing Widoro dan pasar Banyuputih. Rencananya ke depan akan ada wisata taman pemancingan, pelajaran budidaya udang, wisata bahari dan kuliner.

“Yang membuat kawasan wisata ini menarik adalah tambak-tambak itu dikelola bersama oleh BUMDES, jadi milik masyarakat, bukan milik perseorangan. Untuk pengoperasian tambak yang Juni lalu melistriki hingga 4 pelanggan tambak dengan total kapasitas 220 kVA,” jelas pengelola PLN UP3 Situbondo, Suhandopo.(hjr)

#PLN UID Jatim

Source: kominfo.jatimprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button