Profil Ahdi Muqsith alias Osit Sang Petualang Riau Jadi Calon Wakil Bupati Bintan - WisataHits
Jawa Barat

Profil Ahdi Muqsith alias Osit Sang Petualang Riau Jadi Calon Wakil Bupati Bintan

Ahdi Muqsith SIP alias Osit, calon Wakil Bupati Bintan dari Partai Demokrat. F-Spesial/ig@osit

Bintan, Suaraserumpun.com – Ahdi Muqsith SIP alias Osit Mursalim, Wakil Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat, dicalonkan sebagai calon Wakil Bupati Bintan. Simak profil singkat Osit, petualang asal Riau yang menjadi calon Wakil Bupati Bintan, berikut ini.

Nama Osit muncul dan dibahas di DPRD Kabupaten Bintan, Rabu (10/08/2022). Bukan hanya untuk Demokrat. Namun anggota parlemen dari partai politik lain juga membahas pria bernama lengkap Ahdi Muqsith SIP ini. Begitu pula dengan nama Osit yang langsung melejit di kalangan pejabat tinggi di lingkungan Pemkab Bintan.

Osit dinobatkan dan diramalkan sebagai calon wakil bupati Bintan setelah Roby Kurniawan resmi menjabat sebagai bupati terakhir Bintan. Namun, Osit akan menjalani mekanisme sebelum diangkat menjadi Wakil Bupati Bintan. Siapakah Ahdi Muqsith SIP alias Osit?

Ahdi Muqsith SIP, biasa disapa Osit, adalah seorang politikus Partai Demokrat. Osit lahir di Rumbai (Pekanbaru) pada tanggal 23 Desember 1986, kurang lebih 35 tahun yang lalu, kurang dari 4 bulan. Osit menyelesaikan pendidikan di SD Cendana Duri, SMP Cendana Duri dan SMA Cendana Duri. Kawasan ini terletak di kawasan PT CPI antara Dumai dan Minas-Pekanbaru, Provinsi Riau. Riau adalah ibu kota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Osit kemudian meraih gelar sarjana Ilmu Politik (S1) dari Jurusan Hubungan Internasional Universitas Parahyangan, Bandung, Jawa Barat. Osit lulus dari kampus bergengsi ini dari tahun 2005-2010.

Osit pernah magang di PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), perusahaan pengganti PT Caltex Pacific Indonesia (CPI), pada tahun 2009. Namun, Osit memasuki dunia bisnis dengan membuka PT Medja Sosial Cipta Rahsa dan menjadi Komisaris Utama. Osit juga menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Osis Tunggal Abadi. Hingga saat ini, kedua perusahaan tersebut terus berkembang.

Pengusaha muda ini sudah berorganisasi sejak tahun 2004 saat masih duduk di bangku SMA di Duri, Riau. Dia menjadi ketua Asosiasi Pemuda Chevron Thorn. Selama kuliah, Osit pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Unpar (2007-2008). Bahkan, Osit juga pernah menjadi Wakil Presiden Mahasiswa (BEM) Universitas Parahyangan Bandung (2008-2009).

Ahdi Muqsith SIP alias Osit yang disebut-sebut sebagai calon Wakil Bupati Bintan saat masih di SBY. F-Spesial/ig@osit

Dengan latar belakang organisasi tersebut, Ahdi Muqsith yang agak asyik disapa Osit dipercaya sebagai Sekretaris Komisi Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat (2015-2017). Kemudian Osit mendapat mandat dari SBY sebagai wakil ketua komisi pemenangan pemilu DPP Partai Demokrat (2017-2020). Sejak tahun 2020 hingga saat ini, Osit menjabat sebagai Wakil Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat.

Menjadi pengusaha sukses dan menduduki posisi strategis di DPP Partai Demokrat memang bukan keberuntungan. Namun, Osit benar-benar direkrut dengan berbagai pengalaman melalui pendidikan informal. Sebut saja Harvard National Model United Nation, Harvard University, AS. Summer School on Good Regional Cooperation and Good Governance, diselenggarakan oleh Universitas Glesen (Jerman) dan Universitas Parahyangan Bandung.

Osit juga menghadiri seminar tentang strategi pertahanan Indonesia yang diselenggarakan oleh Seskoad, Bandung. Serta seminar internasional tentang kepemimpinan bagi pemimpin muda yang diselenggarakan oleh International Academy for Leadership Theodor-Heuss Akademie Gummersbach Jerman.

Karena latar belakangnya, keahlian Osit dalam politik, pemerintahan, dan bisnis tidak dapat disangkal. Selain itu, Osit adalah orang yang menyukai petualangan. Osit selalu datang dan menikmati kawasan wisata di Indonesia maupun luar negeri. Tak terhitung tempat telah dilalui oleh Osit, ayah yang baru saja dikaruniai seorang anak ini.

Ahdi Muqsith alias Osit, calon Wakil Bupati Bintan, asyik bermain di danau Treasure Bay di kawasan wisata Lagoi di Bintan Mei lalu, 2021. F-Spesial/ig@osit

Tak terkecuali di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Osit sebelumnya menikmati fasilitas di Treasure Bay, kawasan wisata Lagoi. Lantas apakah Osit akan membawa ilmu dan manfaat yang besar bagi masyarakat Bintan setelah nanti menjabat sebagai Wakil Bupati Bintan? Kita tunggu saja karyanya.

“C’est mieux que rien (Lebih baik daripada tidak sama sekali)” adalah kata-kata bijak Prancis yang ditulis oleh Ahdi Muqsith alias Osit saat berkunjung ke Bintan pada tahun 2021. (yusfreyendi)

Penerbit: Sigik RS

Source: suaraserumpun.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button