ADWI 2023 Diluncurkan Menparekraf Sandiaga, Cara Daftarnya Disini! - WisataHits
wisatahits

ADWI 2023 Diluncurkan Menparekraf Sandiaga, Cara Daftarnya Disini!

ADWI 2023 Diluncurkan Menparekraf Sandiaga, Cara Daftarnya Disini!

Piknikdong.com – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mencanangkan atau meluncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI 2023) dengan target pendaftaran 4.000 desa wisata.

Menparekraf Sandiaga saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Senin (30/1/2023) mengatakan program ADWI 2023 bertemakan “World Class Tourism agar Indonesia Bangkit (World Class Tourism)”.

Desa Wisata Tepus Gunungkidul, YogyakartaDesa wisata Tepus Gunungkidul, Yogyakarta, Foto: Kemenparekraf

ADWI sendiri memasuki tahun ketiga dan merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Program ADWI 2021-2022 mencapai jumlah pendaftar desa wisata yang melebihi target yaitu 1.831 pada tahun 2021 dan 3.419 desa wisata pada tahun 2022.”

dia berkata.

Bahkan, kata Sandiaga, dampak positifnya langsung dirasakan masyarakat setempat, dukungan berbagai kementerian/lembaga, dan yang sangat luar biasa adalah perhatian Presiden Joko Widodo.

“ADWI sudah menjadi fenomena, bahkan Presiden Joko Widodo sudah berkali-kali menanyakan bagaimana desa wisata berkembang dan beliau ingin mengunjunginya secara langsung”,

dia berkata.

Salah satu tujuan diselenggarakannya ADWI selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik (wisnus), juga untuk meningkatkan kesadaran berbagai pelaku usaha dan industri pariwisata ekonomi kreatif.

“Di masa pandemi, jumlah kunjungan wisman ke desa wisata meningkat 30%, hal ini juga sejalan dengan visi Indonesia sebagai destinasi wisata berkelas dunia, berdaya saing global, dan berkelanjutan”.

kata Sandiaga.

Sesuai dengan RPJMN 2020-2024, Kemenparekraf menargetkan hingga 244 desa wisata dan 71.381 desa digital akan tersertifikasi sebagai desa wisata mandiri pada tahun 2024.

Desa wisata berperan penting dalam banyak hal, salah satunya adalah untuk merangsang potensi pertumbuhan ekonomi kreatif di lingkungan setempat, serta membuka lapangan kerja bagi warga sekitar lokasi wisata.

Cara Mendaftar untuk ADWI 2023

Menparekraf juga menjelaskan jika ingin berpartisipasi atau mendaftarkan desa dalam ADWI 2023, bisa ke link jadesta.kemenparekraf.go.id

“Untuk itu, kami dengan senang hati dan terbuka menyambut partisipasi desa-desa untuk mendaftar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 di laman jadesta.kemenparekraf.go.id.

Seluruh Desa Wisata Anggota Jadesta akan langsung mengikuti ADWI 2023,”

kata Sandiaga.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button