Potensi Desa Wisata Barania Membuka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja di Sulawesi Selatan |Republika Online - WisataHits
Jawa Tengah

Potensi Desa Wisata Barania Membuka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja di Sulawesi Selatan |Republika Online

Desa Barania adalah salah satu dari 50 desa liburan teratas dari 3.500 desa liburan di negara ini.

Desa Barania adalah salah satu dari 50 desa liburan teratas dari 3.500 desa liburan di negara ini.

Kali ini, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berhalangan hadir. Menteri Mas -sapaan akrab Sandiaga- digantikan Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, Indra Ni Tua. Rombongan mendapat sambutan hangat dan antusias dari masyarakat dan aparat pemerintah setempat.

Direktur Tata Kelola mengendarai mobil jeep menuju venue di Kampoeng Galung. Rombongan disambut dengan penampilan tari Paduppa. Kemudian dilanjutkan dengan sesi mendengarkan pemaparan dari pihak pengelola desa. Indra Ni Tua dalam sambutannya dalam kesempatan ini menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Mas Menteri karena tugas negara harus segera diselesaikan. Dalam kesempatan ini, Indra mengakui prestasi Desa Wisata Barania. “Nanti teman-teman dari Astra akan mendukung Desa Barania selama satu tahun, yang termasuk salah satu 50 besar dalam Penghargaan Desa Wisata 2022,” kata Indra disambut tepuk tangan meriah dari masyarakat.

Lanjut membaca:
Republika.co.id »

Dunia bereaksi atas kematian Ratu Elizabeth II

Berita kematian Ratu bergema di seluruh Inggris dan dunia. Adegan muncul di mana pelayat berkumpul untuk memberi penghormatan kepada raja yang jatuh. Baca Selengkapnya >>

Jual Sabu, Aparat Desa Leprak Kulon Probolinggo Ditangkap PolisiSeorang aparat desa bernama Muhammad Ali Makki, warga Dusun Keramat, Desa Liprak Kulon, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo ditangkap karena mengedarkan sabu.

Resep desa wisata melawan pandemi Covid-19Dataran Tinggi Dieng adalah contoh keberhasilan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat. Fafurida, peneliti pariwisata dari Universitas Negeri Semarang, menemukan bahwa program desa wisata di Jawa Tengah bermanfaat bagi perekonomian daerah secara keseluruhan. Ganjar tidak mempromosikan DIENG. disponsori oleh WADAS.

Perang Ukraina-Rusia: Ukraina merebut kembali 20 desa dan kota utama di BalakliiaUkraina berhasil merebut kembali lebih dari 1.000 km² wilayah dan lebih dari 20 desa dalam perang melawan Rusia.

Menunggu perbaikan permanen, Jembatan Bambu di Brodot semakin memprihatinkanJembatan sementara di Dusun Delik, Desa Brodot, Kecamatan Bandarkedungmulyo semakin parah. Selain lantai jembatan yang miring, kondisi bambu juga sudah lapuk. lakukan saja IKN

Pengakuan Sekdes Purworejo Bikin Viral Klub Sambil Minum AlkoholSekretaris Desa (Sekdes) Banyuasin Kembaran, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, diduga minum alkohol dalam video viral klub malam.

REPUBLIKA.Sumatera 8/09/2022 – 07:51 Satreskrim Polres Pesawaran berhasil mengamankan Kamal (21) dalam waktu kurang dari 24 jam Kabut tipis menyelimuti Desa Dieng Kulon dan Kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah Share A – Bisnis A+.

CO.ID, SINJAI – – Penghargaan Desa Wisata Indonesia 2022 (ADWI) berkunjung ke Desa Wisata Barania. National 8/09/2022 – 07:37 Nasib diberhentikan dengan tidak hormat terbentang di depan mata Brigjen Hendra Kurniawan, tangan kanan Don Ferdy Sambo, terlibat tindak pidana yang mempermalukan polisi. Desa yang terletak di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini masuk dalam daftar 50 Desa Wisata Terbaik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ADWI tahun ini. Dingin dan basah, kawasan penghasil kentang di Dataran Tinggi Dieng sama sekali bukan tujuan wisata pada pandangan pertama. Kali ini Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berhalangan hadir, menteri yang akrab disapa Sandiaga ini digantikan oleh Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, Indra Ni Tua. Sebelumnya, Brigadir Jenderal Oleksiy Gromov mengatakan pada sebuah pengarahan bahwa pasukan Ukraina telah maju hingga 50 km ke front pertahanan Rusia.

Rombongan mendapat sambutan hangat dan antusias dari masyarakat dan aparat pemerintah setempat. Dia adalah pelaku tindak pidana pembunuhan terhadap Rosat, kakek berusia 77 tahun, Direktur Tata Pemerintahan mengendarai mobil jeep menuju lokasi di Kampoeng Galung. Rombongan disambut dengan penampilan tari Paduppa. Adapun. Kemudian dilanjutkan dengan sesi mendengarkan pemaparan dari pihak pengelola desa. Ab. Indra Ni Tua, dalam sambutannya, meminta maaf atas ketidakhadiran Mas Menteri pada kesempatan tersebut karena tugas negara harus segera diselesaikan, dengan memperhatikan secara khusus dampak dari Sistem Rudal Artileri Bergerak Tinggi (Himars) yang dipasok AS dalam mendukung jalannya serangan ke Ukraina.

Dalam kesempatan ini, Indra mengakui prestasi Desa Wisata Barania. “Nanti teman-teman dari Astra akan mendukung Desa Barania selama satu tahun, yang termasuk salah satu 50 besar dalam Penghargaan Desa Wisata 2022,” kata Indra disambut tepuk tangan meriah dari masyarakat. Trending Nasional 8/09/2022 – 06:06 Insiden Magelang yang Nyatakan Susi ART Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dan Kuat Melakukan Hal Terlarang? Susi mengatakan demikian.Selain itu, Indra melihat perkembangan positif Desa Wisata Barania dibandingkan tahun lalu. “Tahun lalu kami tidak melihat kolam renang, sekarang ada di sini. Bali 08/09/2022 – 07:33 Dugaan suap proyek APBD Manggarai dengan sandi “50kg Kemiri” yang diduga melibatkan istri Bupati Manggarai Hery Nabit Meldiyanti Hagur berubah 180 derajat Nasional 08/09. 2022 – 06:47 Cerita John Keis Dulu, hidup di desa susah karena kemiskinan, hobi bergelut sejak kecil, datang ke Jakarta malah membunuh orang karena terpancing emosi. Sarana untuk mempengaruhi kegiatan ekonomi.

Baik untuk masyarakat sekitar maupun warga desa Barani ini,” ujarnya. Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah menetapkan Desa Barania sebagai salah satu dari 50 desa liburan teratas dari 3.500 desa liburan di Tanah Air. Nasional 09.08.2022 – 00:06 Kepala Bagian Humas Polri Inspektur Pol. “Ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terhadap Kabupaten Sinjai dan Desa Wisata Barania pada khususnya. Kami berharap dengan adanya penunjukan Desa Wisata ini dapat menjadikan Desa Wisata sebagai destinasi wisata prioritas Kabupaten Sinjai. Freddy Sambo.

Kami berharap bisa menjadi contoh bagi desa-desa di Kabupaten Sinjai secara lebih umum,” kata Andi dalam siaran pers yang diterima Republika.co. Adapun Sambo.id, Sabtu (9/10/2022). Dalam kesempatan tersebut, Indra Ni Tua melakukan beberapa kegiatan seremonial seperti menebar benih ikan di sawah, mengunjungi galeri UMKM, menonton tari Paggalung, mengunjungi UMKM center dan mengunjungi Bumi Perkemahan Dataran Tinggi Pattiroang dengan jeep Do pada kesempatan ini Indra Ni Tua juga pelepasan motor cross.

Desa Wisata Barania masuk dalam daftar 50 desa liburan terbaik ADWI 2022. Tentu bukan perkara mudah. Anda telah melalui proses tes standar penilaian tim penjurian, yang terdiri dari tujuh kategori. Yaitu 1. daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni budaya), 2.

Souvenir (kuliner, fashion dan kerajinan), 3. Homestay, 4. MCK umum, 5. Digital dan kreatif, 6. Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Keberlanjutan (CHSE) dan 7.

lembaga desa. Mereka nantinya akan dibimbing dan didukung oleh mitra strategis Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif yaitu Astra, melalui program Astra Sejahtera Village (DSA). Menurut cerita, Desa Barania pertama kali didirikan oleh para pendatang dari Kerajaan Turungg (Tomannurungnge) di Soppeng Sinjai Barat, yang kemudian mendirikan sebuah desa dan kemudian dikenal sebagai Desa Barania. Letaknya kurang lebih 8 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Desa ini menawarkan berbagai peluang wisata mulai dari menjelajahi kekayaan alamnya hingga terlibat dalam berbagai kegiatan bersama masyarakat setempat.

Pengunjung berkesempatan merasakan kehidupan di pedesaan dengan konsep live-in, beberapa homestay yang dikelola secara mandiri oleh warga bisa menjadi pilihan. Desa Galung merupakan salah satu tempat wisata buatan yang menjadi destinasi populer. Di sana, wisatawan bisa melihat keindahan persawahan bertingkat dengan sudut foto yang sangat bagus ke segala arah, terutama saat matahari terbenam. Biaya masuknya cukup murah yaitu Rp 2.000 per orang. Pengunjung juga bisa menyantap ikan khas Kampoeng Galung seperti ikan mas, nila dan lain-lain.

Ada juga fasilitas wisata seperti warung kopi dan aneka sembako, kolam renang yang airnya sangat jernih karena langsung dari mata air, dan makam Puang Barania, pahlawan berjasa besar milik warga sekitar, tidak jauh. dari sana juga ada Salu’ Barania (mandi) yang bisa memberikan banyak manfaat seperti keberanian, kesembuhan bagi yang sakit dan mempermudah perjalanan jika ada warga desa yang ingin bepergian jauh. Ada juga Highland Camping Ground. Nuansa hutan sekitar yang menghadap ke hamparan hijau persawahan di bawah bumi perkemahan menjadi keunikan dari bumi perkemahan ini. Perjalanan ke perkemahan dapat dicapai dengan jip karena medannya menantang. Dan masih banyak lagi destinasi menarik lainnya disini.

BACA JUGA: Update berita politik perspektif Republica.co.id, klik di sini.

Source: headtopics.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button