Hari Kemerdekaan Indonesia, Andong Patahkan Nyanyian Bersama GAJ di Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Hari Kemerdekaan Indonesia, Andong Patahkan Nyanyian Bersama GAJ di Jogja

JOGJA-Kota Jogja menyuguhkan penampilan unik dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada 17 Agustus 2022. Kali ini, Jogja menghadirkan suasana berbeda dengan mengusung tema “Andong Berdendang” di jalanan Kota Jogja.

Andong bernyanyi bersama dengan talenta terhebat Jogja yaitu Geno, Ayu dan Jagad (GA J) untuk menciptakan konsep perpaduan seni, budaya dan pariwisata karena gerbong merupakan alat transportasi masa lalu yang masih bertahan di kawasan Jogja hingga saat ini. . Kendaraan tanpa emisi karbon masih biasa meramaikan hiruk pikuk di sudut-sudut jalan Jogja.

Andong sebagai moda transportasi tradisional yang dikenal sebagai ikon pariwisata dilindungi oleh Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 5 Tahun 2016 tentang Moda Angkutan Tradisional Becak dan Andong.

Dengan kemasan menarik “Andong Berdendang” yang didekorasi untuk memeriahkan Pesta Kemerdekaan Indonesia yang berlangsung di beberapa sudut kota Jogja, GAJ juga menyanyikan lagu-lagu bernuansa cinta negara Indonesia, antara lain bendera, Gebyar-Gebyar, Indonesia Pusaka, Rayuan Pulau Kelapa, Tanah Air, Indonesia Jayadan lainnya.

Baca Juga: Ratusan Orang Hadiri Upacara HUT RI ke-77 di Gedung Agung Jogja

Aksi ini dimulai di Biro Pariwisata Kota Yogyakarta dan berakhir di Bank BPD DIY. Selama perjalanan GAJ yang terdiri dari 3 penyanyi yaitu Genoveva, 12: Dyah Ayu, 12: dan Jagad, 13: bergiliran bernyanyi dan berhenti di depan SMPN 5 Kota Jogja melanjutkan bernyanyi di BRIMOB POLDA DIY, Kantor POLSEK GONDOKUSUMAN bernyanyi lebih jauh bersama di MAKO LANAL Yogyakarta dan Hotel New Sapphire.

Sepanjang jalan yang dilalui Andong Berdendang, sapaan warga sangat meriah. “Alhamdulillah Andong Berdendang hari ini berjalan dengan lancar dan diterima dengan baik oleh masyarakat. Terobosan di Andong Berdendang ini merupakan hal baru dan sangat luar biasa. Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Bank BPD DIY, Kepala BRIMOB POLDA DIY, Mako LANAL Yogyakarta, Hotel New Saphire, Polsek Gondokusuman dan pihak-pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu,” ujar Yudhi selaku penggagas Andong Berdendang dalam keterangan pers yang diterima melepaskan harianjogja.com, Jumat (19/8/2022).

Disampaikan juga oleh Bapak Letkol (P) Marinir (P) Agus Sulistyo dari Mako Lanal Yogyakarta “Acara Andong Berdendang mencerminkan para pemuda dan wanita bangsa Indonesia yang mencintai bangsanya melalui seni suara dengan memadukan unsur-unsur tradisional. Dengan semangat 17 Agustus, kami berharap generasi muda untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia dapat berkembang.”

Hal senada disampaikan manajer GA J Fera Febrianty. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya acara ini. Kegiatan memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang dilakukan oleh GA J dengan mengusung konsep andong bernyanyi di atas kereta juga merupakan pengalaman baru. ” dia berkata.

Di akhir, Jagad, salah satu staf GAJ, mengatakan: “Ini adalah kegiatan baru bagi kami dan sangat menantang karena kami bernyanyi di andong dan kami juga berhenti di tempat yang berbeda untuk bernyanyi bersama.”*

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button