Mendag Zulkifli Hasan Pastikan Harga Pangan Stabil - WisataHits
Jawa Tengah

Mendag Zulkifli Hasan Pastikan Harga Pangan Stabil

Solo (ANTARA) – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan harga sembako atau kebutuhan pokok tetap stabil usai kunjungannya ke Pasar Gede Solo, Kamis.

“Pasar turis, biasanya harganya lebih tinggi (lebih tinggi). Tapi masih seperti telur ayam di 27.000 rupee/kg, sedang, bagus,” kata menteri perdagangan di sela-sela inspeksi mendadak. Juga untuk harga daging ayam Rp 35.000/kg.

“Di pasaran sangat murah, tapi kemarin malah lebih murah. Di UKM (ayam) hanya Rp 15.500/kg, itu banyak kerugian, ditutup karena modal untuk beternak ayam Rp 23.000-Rp. 24.000,” katanya.

Sehingga pihaknya baru-baru ini memanggil seorang pengusaha besar dan akhirnya mereka sepakat untuk menaikkan harga ayam sebesar Rp 500/hari.

“Saat ini Rp 20.000/kg untuk petani sudah pas-pasan. Dari petani itu perlu mendapat Rp22.000/kg untuk bisa mengembangkan usahanya sampai ketemu di Rp24.000/kg,” kata Mendag.

Menurut dia, sejauh ini belum ada kenaikan harga sembako yang signifikan akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Jika ada perubahan, Presiden akan mengarahkan kita untuk membawanya ke pemerintah daerah. Begitu ada kenaikan akan dicermati karena berpengaruh terhadap kebutuhan pangan masyarakat,” kata Mendag.

Dia mengatakan, jika harga naik signifikan, pemerintah akan memberikan subsidi terkait biaya transportasi. “Misalnya ada telur ayam dari Jawa Timur, kalau dikirim ke Solo atau Jakarta biayanya naik 5 persen, ditanggung APBD,” katanya.

Harga sembako yang masih stabil antara lain bawang merah Rp 35.000/kg, minyak premium Rp 20.000/liter dan bawang putih Rp 28.000/kg.

Bahan lain yang menunjukkan kenaikan harga antara lain cabai merah besar dari Rp 60.000/kg menjadi Rp 70.000/kg, cabai keriting dari Rp 25.000/kg menjadi Rp 70.000/kg, dan cabai rawit dari Rp 45.000/kg menjadi Rp 60.000/kg.

Mengacu pada hal tersebut, Menteri Perdagangan Zulkifli mengatakan bahan baku yang dijual di Pasar Gede lebih berkualitas, sehingga wajar jika harganya juga lebih tinggi dari pasar tradisional lainnya.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Mendag kunjungi Pasar Gede Solo untuk memastikan harga pangan stabil

Source: jateng.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button