Plataran Bromo Xtravaganza 2022 memadukan budaya, olahraga, dan alam - WisataHits
Jawa Timur

Plataran Bromo Xtravaganza 2022 memadukan budaya, olahraga, dan alam

Brilio.net – Plataran Bromo Xtravaganza, acara tahunan Plataran Indonesia, kembali hadir tahun ini. Acara yang akan digelar dalam bentuk hybrid mulai 10-11 September 2022 ini tidak hanya menawarkan keseruan dan iklan destinasi wisata. Namun, ada juga isu-isu penting yang dipromosikan melalui kegiatan ini.

Kali ini, topik yang diangkat oleh Plataran adalah perubahan iklim global. Dalam tema Musik, Olahraga, dan Iklim, tema tersebut dipadukan dengan dua komponen kehidupan masyarakat sehari-hari, yaitu musik dan olahraga.

Acara yang memadukan pertunjukan budaya dan musik tingkat nasional ini akan diadakan di salah satu pusat ekowisata Plataran Indonesia, Plataran Bromo Resort & Venue.

Acara ini diadakan bersamaan dengan Bromo Marathon pada hari Minggu 11 September 2022. Garis start dan finish berada di Plataran Bromo sebagai lokasi balapan resmi. Bromo Marathon merupakan acara lari tahunan di Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Pertama kali diadakan pada tahun 2013, acara ini diikuti oleh lebih dari 900 pelari dan 5.000 penonton dari lebih dari 30 negara dan dinobatkan sebagai salah satu balapan tujuan teratas di Asia 2013 oleh CNN. Acara ini dihentikan sementara pada tahun 2020 dan 2021 karena Covid -19 pandemi terpapar.

Kursus dan jalur maraton tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya tetapi tetap menantang dan menawarkan pemandangan menakjubkan yang menjadi ciri daerah sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tahun ini, Bromo Marathon diperkirakan akan diikuti oleh lebih dari 2.000 pelari dan 7.500 penonton.

“Acara ini unik karena secara bersamaan menggabungkan ‘musik-olahraga-alam’, yang diadakan secara ikonik di atas awan dan dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan serta pemandangan laut yang terbuka,” kata Yozua Makes selaku CEO dan Founder Plataran Indonesia diterima di jumpa pers brilio.net akhir-akhir ini.

Plataran Bromo Xtravaganza 2022 © 2022 brilio.net

Foto: Spesial

Ditambahkannya, karena keunikannya, acara ini akan menjadi satu-satunya konser musik, olahraga, dan alam di Indonesia, apalagi dengan pendekatan pertunjukan musik hybrid.

Bagi wisatawan yang tidak mengikuti Bromo Marathon, Plataran juga menawarkan Plataran Fun Trail. Ini adalah pendakian yang menyenangkan dan mudah dengan jarak 2 km dan 4 km sambil menikmati perjalanan ke alam, menghirup udara segar dan dikelilingi oleh panorama unik di atas awan.

Plataran Fun Trail adalah salah satu upaya Plataran untuk mendekatkan manusia dengan alam dan lebih siap menghadapi perubahan iklim. Puncaknya adalah konser live di atas awan “From Bromo to the Archipelago” yang diadakan di amfiteater Plataran Bromo – Putri Dewi di atas bukit dengan pemandangan Gunung Arjuna yang indah.

Acara ini akan menampilkan penyanyi populer Indonesia seperti Syaharani dan Trie Utami. Ada juga deretan artis milenial dari Surabaya, Malang, dan Jakarta.

Plataran bekerja sama dengan Don Sistem Suara Indonesia (DSS Indonesia) yang kerap menggelar konser artis-artis Indonesia dan internasional, antara lain Justin Bieber, Katy Perry, Maroon 5, dan Bruno Mars. Acara ini juga bertujuan untuk mengangkat profil seniman muda potensial dan seniman lokal dari Indonesia. Jawa Timur, dan mendorong mereka untuk terus memaksimalkan potensi karir seni mereka di kancah internasional.

Plataran Bromo Xtravaganza 2022 © 2022 brilio.net

Foto: Spesial

Acara Plataran Bromo Xtravaganza 2022 juga mendukung program Plataran for the People yang merupakan salah satu dari tiga pilar utama visi Plataran yaitu alam, budaya dan masyarakat melalui ekosistem UMKM Plataran. Pada acara ini, Plataran juga menghadirkan rangkaian masakan yang bahan bakunya diproduksi dan dipanen langsung dari kebun masyarakat sekitar, melalui festival kuliner, berbagai jenis barang dan pernak pernik dari UKM Kabupaten Pasuruan.

Acara ini juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif karena tidak hanya memanjakan pelari dengan pemandangan Bromo yang menakjubkan tetapi juga menonjolkan budaya dan hiburan lokal. Diharapkan acara ini dapat mendorong revitalisasi ekonomi, membuka peluang bisnis melalui partisipasi UMKM dan juga mempromosikan promosi destinasi wisata.

Bupati Pasuruan M. Irsyad Yusuf juga mendukung penuh kegiatan ini melalui kesenian yang diarahkan oleh pemerintah dan UMKM sekitar. Ia menjelaskan, pihaknya siap menyambut wisatawan dan pelari yang datang ke acara Plataran Bromo Xtravaganza dan Bromo Marathon.

(brl/lak)

(brl/lak)

Source: www.brilio.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button