PKS Kota Yogyakarta Gelar Bazaar UMKM untuk Promosi Penguatan Daya Tarik Wisata di Tepian Kali Code - WisataHits
Yogyakarta

PKS Kota Yogyakarta Gelar Bazaar UMKM untuk Promosi Penguatan Daya Tarik Wisata di Tepian Kali Code

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Yogyakarta menggalakkan peningkatan kapasitas dan kualitas tempat wisata di bantaran Sungai Code agar lebih mampu bersaing.

Pasalnya, destinasi tersebut dianggap sebagai magnet bagi para pelancong dan membubarkan massa turis di pusat-pusat kota pelajar tersebut.

Dorongan itu diungkapkan Wakil Ketua Kelompok PKS DPRD Yogyakarta Muhammad Fauzan di sela-sela Bazar UMKM bertajuk “Pasar Kita Semua” di Desa Wisata Jetisharjo, Kementerian Pertanian Jetis, Minggu (20/10).

Menurut dia, agenda tersebut merupakan bagian dari upaya penguatan destinasi di bantaran sungai.

“Karena kota Yogyakarta dilewati tiga kali, salah satunya kode. Ada begitu banyak orang yang tinggal di tepi sungai. Jadi tentunya jika ini bisa dilakukan dengan lebih baik, bisa meningkatkan masyarakat di bantaran sungai,” jelasnya.

Ketua RW 7 Jetisharjo Ahmad Hermawan menambahkan, bazar UMKM yang digelar merupakan bentuk kerjasama dengan desanya.

Dengan nama Pasar Minggon, acara yang bertempat di bantaran sungai ini sudah dirintis sejak awal tahun 2022.

“Karena pandemi, kami tidak melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang selama dua tahun. Setelah selamat dari pandemi, kami membuka pasar Minggon. Pasar ini aktif setiap hari minggu pagi, disini anda juga bisa mendengarkan live music. Olah raga, jalan sehat, masak, menari, aktivitas yang sangat berbeda,” ujarnya.

Menurut Hermawan, banyak manfaat yang bisa dirasakan dalam event pasar Minggon ini.

Antara lain, sebagai pusat perbelanjaan baru, menggerakkan roda perekonomian kota, khususnya bagi pelaku UMKM, serta membangkitkan dan mempromosikan destinasi wisata kuliner dan alam.

“Di desa ini, Sungai Code membentang sekitar satu mil. Ada juga tiga mata air yang digunakan untuk arung jeram,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta Kadri Renggono yang hadir mewakili Pj Walikota Sumadi mengatakan, Pemkot memiliki kepedulian untuk lebih mengembangkan kegiatan UMKM.

Oleh karena itu, sinergi dengan pemerintah kota dan parpol menjadi sangat penting.

“Dan hari ini teman-teman dari PKS mencoba menggali potensi Dinas Pertanian Jetis. Harapannya bisa mendongkrak perekonomian, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyerap tenaga kerja,” ujarnya.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button