Membumikan Pancasila, DPRD DIY Gandeng Pemkot Blitar - WisataHits
Yogyakarta

Membumikan Pancasila, DPRD DIY Gandeng Pemkot Blitar

Membumikan Pancasila, DPRD DIY Gandeng Pemkot Blitar

tanpa judul

Krjogja.com – BLITAR – DPRD DIY melalui Komisi A bekerja sama dengan Pemkot Blitar pada Jumat (28/10/2022) untuk menghidupkan Pancasila. Kedua daerah tersebut dianggap berhimpitan karena sama-sama memiliki sisi dalam pengejawantahan Pancasila dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

DIY memiliki Peraturan Daerah (Perda) Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang diprakarsai oleh Komisi A. Blitar memiliki semangat yang sama karena merupakan kota yang erat kaitannya dengan Bung Karno, pencetus Pancasila.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan, setidaknya beberapa hal penting telah dibicarakan dengan Pemkot Blitar, antara lain komitmen pemajuan Pancasila baik di tingkat kota maupun di aparatur sipil negara serta tindak lanjut Raperda Pancasila dan Nasional. Wawasan Blitar setelah DIY.

“Di Blitar kita juga belajar bagaimana mereka mengadakan bulan Bung Karno setiap Juni untuk memperingati hari lahir Bung Karno, hari lahir Pancasila dan hari raya Bung Karno. Ini bisa menarik wisatawan dari luar kota Blitar dan meningkatkan perekonomian daerah,” kata Eko kepada wartawan.

Menurut Eko, DIY juga harus menyesuaikan langkah Pemkot Blitar yang memiliki perpustakaan Bung Karno dan menjadi rujukan berbagai kajian. Hal ini diperlukan mengingat hubungan baik antara Bung Karno dan Sri Sultan HB X di masa lalu.

“Akan luar biasa jika DIY memiliki Museum Bung Karno dengan koleksi yang lengkap. Jadi semua orang bisa belajar tentang Bung Karno, Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Jogja. Termasuk menceritakan seberapa besar hubungan dengan Sultan HB IX membantu dalam mendirikan Republik, ”katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Blitar Priyo Suhartono mengatakan pihaknya memiliki kepedulian yang sama dengan DIY untuk mensosialisasikan Pancasila dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Adanya bulan Bung Karno setiap bulan Juni merupakan bukti keseriusan Blitar membumikan Pancasila bersama masyarakat.

“Ketika kita ke Jogja, kita melakukan wisata budaya dengan berbagai hal yang luar biasa, sehingga ketika kita ke Blitar menjadi wisata nasional. Kerjasama ini merupakan awal, semoga kedepannya banyak hal terkait kebangsaan yang bisa digarap bersama,” pungkasnya.(Fxh)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button