PKL perwakilan telah direlokasi untuk mengembangkan pariwisata di Yogya Barat - WisataHits
Yogyakarta

PKL perwakilan telah direlokasi untuk mengembangkan pariwisata di Yogya Barat

PKL perwakilan telah direlokasi untuk mengembangkan pariwisata di Yogya Barat

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Pedagang pasar di Jalan Perwakilan Kota Yogyakarta sudah mulai berpindah ke Pasar Klithikan Pakuncen, Jalan HOS Cokroaminoto, Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Sedikitnya 21 stan penjual di Jalan Representatif telah dikosongkan.

Pengalihan ini bertujuan untuk mengembangkan pariwisata di wilayah barat Yogyakarta. Utamanya di bidang kuliner, mengingat sebagian besar pedagang yang direlokasi adalah di bidang kuliner.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Pj) Wali Kota Yogyakarta Sumadi menyusul kesepakatan para pedagang untuk direlokasi ke Pasar Klithikan Pakuncen.

Dengan begitu, kata Sumadi, diharapkan kunjungan wisatawan tidak hanya terfokus pada kawasan Tugu Pal Putih, Malioboro, dan Keraton (Gumaton) yang menjadi poros filosofis.

“Kami bertekad paling tidak nanti di Poros Filosofis di Malioboro tidak memadati (mengganggu pergerakan wisatawan) di sana,” kata Sumadi, Senin (16/1), di kompleks Kepatihan Yogyakarta.

Selain itu, kawasan pasar Klithikan Pakuncen sendiri juga tidak jauh dari Malioboro. Kawasan ini juga dianggap sebagai kawasan kuliner yang digemari wisatawan.

“Jadi di sayap-sayap Malioboro kita coba kembangkan agar tidak terkonsentrasi di Gumaton. Termasuk salah satunya di Cokroaminoto,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengembangkan kawasan di timur kota Yogyakarta itu. Seperti kawasan Embung Langensari, dengan tujuan agar wisatawan tidak hanya terkonsentrasi di kawasan Malioboro dan sekitarnya.

“Saya melamar sari panjang, itu benar PendapatIni baik. Ada cagar budaya di Balai Yasa, kita akan kembangkan di sana juga, jadi tidak fokus ke Malioboro,” kata Sumadi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button