Pengembangan Biro Pariwisata Geopark Gunungewu melatih pemandu geowisata - WisataHits
Yogyakarta

Pengembangan Biro Pariwisata Geopark Gunungewu melatih pemandu geowisata

Pengembangan Biro Pariwisata Geopark Gunungewu melatih pemandu geowisata

WONOSARI – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan kursus pelatihan pemandu geowisata yang diikuti oleh peserta dari 13 geosite di Gunungkidul. Pelatihan berlangsung selama tiga hari, Senin – Rabu (17-19.10.2022).

Direktur Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Muhammad Arif Aldian, SIP MSI mengatakan, pelatihan ini merupakan bagian penting dari upaya peningkatan kompetensi tenaga pariwisata khususnya pramuka wisata.

“Potensi wisata Gunungkidul memiliki potensi wisata yang istimewa selain pantai unggulan khususnya geowisata sebagai alternatif berkunjung ke Gunungkidul,” ujarnya, Rabu (19/10/2022).

Dalam rangka meningkatkan kesiapan destinasi wisata minat khusus, peserta dari 13 geosite di Gunungkidul mengikuti pelatihan pemandu geowisata.

Sebagai bagian dari Geopark Global Gunung Sewu, pihaknya akan terus berupaya mengembangkan destinasi wisata berbasis Goesite.

Diantaranya, pengembangan sumber daya manusia menjadi inti dari setiap pengembangan destinasi pariwisata. Diharapkan pelatihan-pelatihan ini menjadi tolak ukur para pemangku kepentingan pariwisata untuk menggerakkan kegiatan ekonomi di daerahnya masing-masing.

“Kami berharap pelatihan ini dapat merevitalisasi perekonomian masyarakat,” tambahnya.

Kepala Biro Ekonomi Kreatif dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Gunungkidul menjelaskan, pelatihan ini difokuskan pada pendalaman materi terkait Geopark.

Pembicara GM Geopark Gunung Sewu, Ir Budi Martono MSi mengatakan, terkait program sertifikasi pemandu geowisata untuk menambah wawasan peserta, kami juga mengundang narasumber dari komunitas Sinau Bumi yang mendalami geopark.

Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan staf pariwisata, khususnya pemandu wisata minat khusus, yang merupakan salah satu faktor terpenting dalam keberhasilan suatu destinasi. “Mudah-mudahan Gunungkidul bisa menjadi destinasi wisata minat khusus ke depan, khususnya untuk geowisata,” ujarnya. (bmp)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button