Pj Bupati Kampar Narasumber di UGM – pewarta.co - WisataHits
Yogyakarta

Pj Bupati Kampar Narasumber di UGM – pewarta.co

Yogyakarta (Pewarta.co) – Bupati Kampar Pj Bupati (PJ) Kamsol mendapat kehormatan diundang Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta sebagai narasumber dalam pertemuan yang dihadiri Wakil Rektor Pendidikan dan Pengajaran UGM, Wening Udasmoro, Ahli Staf Menteri Negara Administrasi dan Otonomi, Jufri Rahman, Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik, Direktur Pengabdian Masyarakat UGM Rustamaji.

Turut hadir mahasiswa UGM Yogyakarta pada Kamis (11/3/2022).

Di akhir pemaparan dan pemaparan materi, Kamsol juga menyinggung tentang Memorandum of Understanding (MoU) atau kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kampar yang terjalin beberapa tahun lalu dengan UGM terkait Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Masyarakat untuk Memperkuat Masyarakat (KKN). PPM) Mahasiswa UGM yang akan melakukan kegiatan di Kabupaten Kampar.

Mengenai pemberian materi dan informasi, Kamsol mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Kampar berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Berbagai program dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kampar.

“Menggunakan seluruh potensi dan melibatkan praktisi pendidikan, termasuk menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dan universitas di Kampar sendiri dan dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia,” kata Kamsol.

Pada kesempatan tersebut, Kamsol menyampaikan kondisi yang dihadapi pemerintah Kabupaten Kampar dengan jumlah penduduk saat ini
Dengan luas 11.289,28 kilometer persegi, 832.975 penduduk menghadapi beberapa masalah, termasuk kemiskinan yang saat ini tertinggi di Riau.

“Dan ini karena penetapan Kawasan Hutan Lindung Rimbang Baling di kabupaten Kampar Hulu Hulu, juga ada kemiskinan di kecamatan lain, tetapi jumlahnya tidak terlalu signifikan,” kata Kamsol.

Selain itu, Kamsol mengatakan pemerintah Kabupaten Kampar juga menghadapi penurunan pertumbuhan dari segi kesehatan, dengan data terakhir turun dari data sebelumnya dari 1.300 menjadi 850 anak. Ini tugas kita agar pada akhir tahun 2024 keterlambatan pertumbuhan ini bisa dihilangkan.

“Selain itu, Pemkab Kampar juga aktif dalam pengembangan ekonomi kerakyatan, infrastruktur, pertanian, penataan ruang terbuka hijau, program sosialisasi UMKM digital marketing dan program yang sedang digalakkan Pemkab Kampar antara lain pengembangan pariwisata dan kuliner khas Kampar,” ujarnya.

Pj Bupati Kampar menyatakan, terkait program KKN, keikutsertaan dalam kegiatan PPM KKN wajib bagi mahasiswa jika ingin lulus kuliah. Kali ini kita akan terus berbicara tentang pentingnya program KKN PPM dan apa tujuan dari program tersebut.

“KKN PPM merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh universitas yang bersifat wajib bagi mahasiswa semua jurusan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan secara langsung ilmu yang telah diperoleh dalam kehidupan masyarakat,” ujar Kamsol.

Dalam pelaksanaan KKN, mahasiswa berperan sebagai pemberi solusi, ketika ada permasalahan yang muncul di masyarakat, mahasiswa datang untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Melalui program kerja yang dilakukan, diharapkan permasalahan masyarakat dapat teratasi dengan baik.

Selain itu, Pj Bupati Kampar menjelaskan strategi pemerintah Kampar untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim di desa-desa sangat tertinggal di sekitar desa Rimbang Baling, komoditas pertanian berkelanjutan untuk petani kaya dalam program petani mandiri Kabupaten Kampar, juga ada perikanan, minyak bumi, kelapa sawit, tempat wisata, dan usaha kecil menengah.

Kamsol juga menyampaikan bahwa kegiatan KKN-PPM UGM ini didasarkan pada tiga stakeholder yaitu mahasiswa, masyarakat (mitra dan pemerintah) dan perguruan tinggi. Nilai-nilai unggulan KKN-PPM bagi mahasiswa UGM antara lain proses pembelajaran menjadi pemimpin, pengelola dan wirausahawan, proses pembentukan kepribadian moral yang berakhlak mulia dan bermartabat.

Kamsol juga menjelaskan bahwa KKN-PPM UGM membangun sinergi antara berbagai elemen masyarakat, antara lain organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, SKPD Tingkat I dan II, pelaku usaha, agama, pemerintah daerah di tingkat kecamatan hingga dusun peserta, yang merupakan kontak dan mitra KKN-PPM UGM di lokasi.

Ia juga berharap KKN-PPM UGM dapat terus membantu menyelesaikan permasalahan negara yaitu kemiskinan dan pengangguran, pembangunan daerah 3T (tertinggal, daerah perbatasan, daerah terluar), daerah rawan bencana dan konflik, serta meminimalisir kesenjangan kemajuan daerah.

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor UGM Ova Emilia mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Kampar yang telah memberikan pemaparan dan menjadi narasumber bagi mahasiswa yang telah mengikuti KKN-PPM UGM, salah satu wujud nyata dari Kewajiban Kebangsaan dan Kebangsaan UGM.

KKN-PPM UGM merupakan mata kuliah wajib yang memiliki sejarah kepeloporan panjang sejak tahun 1951. Sepanjang sejarah pelaksanaannya, KKN-PPM UGM telah menunjukkan manfaat yang luar biasa dalam pemberdayaan masyarakat dalam rangka pembangunan negara kesatuan Republik Indonesia.

Diakhir sambutannya, Ova Emilia menyampaikan bahwa PPM KKN merupakan salah satu bentuk program yang tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, namun program ini juga bertujuan untuk membawa manfaat bagi masyarakat, melalui program PPM KKN diharapkan dapat masyarakat Kehidupan pedesaan akan lebih berkembang, program ini dilaksanakan agar masyarakat dapat menjadi lebih terbuka melalui bantuan para siswa. (merah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button