PHRI DIY gelar tur sepeda untuk meningkatkan jumlah wisatawan - WisataHits
Jawa Barat

PHRI DIY gelar tur sepeda untuk meningkatkan jumlah wisatawan

Yogyakarta, IDN Times – Bangkitkan Pariwisata Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), menggelar tur sepeda PHRI pada Sabtu (17/9/2022). Acara ini menjadi rangkaian keempat bertajuk PHRI Bike Tour Jogja Istimewa Guyub Sesarengan.

Sebelumnya PHRI Bike Tour diadakan di Padang, kemudian Bali untuk seri ke-2 dan Bogor untuk seri ke-3. “Seri 4 selanjutnya ada di Yogyakarta. Seri 5 nanti di Mandalika, lalu di Makassar dan Jakarta. Ini program BPP-PHRI,” kata Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono, Minggu (18/9/2022).

1. Hasilkan pariwisata di DIY

PHRI gelar tur sepeda untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Jogja  PHRI Bike Tour Jogja Spesial Guyub Sesarengan. (Khusus/PHRI).

Antusiasme peserta untuk mengikuti PHRI Bike Tour Series 4 cukup tinggi. Dari target 300 peserta, bisa tercapai 386 peserta. “Pesertanya adalah stakeholder pariwisata dan masyarakat umum. Ada juga harga menarik untuk dua sepeda dan puluhan voucher hotel dan restoran,” kata Deddy.

Deddy mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggairahkan pariwisata DIY dan memperkenalkan keindahan alam Yogyakarta. “Kami ingin memperkenalkan keindahan alam Yogyakarta yang begitu indah dan mempesona.”

Adapun rute yang ditempuh peserta, dimulai dari Jogja City Mall (JCM), kemudian menyusuri Selokan Mataram untuk melihat pemandangan persawahan dan perbukitan. Perjalanan menuju Geblek Pari Nanggulan, Kulon Progo untuk istirahat kemudian kembali ke titik awal di JCM.

2. Minat wisata sepeda masih besar

PHRI gelar tur sepeda untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Jogja  PHRI Bike Tour Jogja Spesial Guyub Sesarengan. (Khusus/PHRI).

Bersepeda telah digandrungi banyak orang sejak pandemi Covid-19. Hingga saat ini tren wisata sepeda masih banyak dilirik oleh para pendukungnya: “Karakternya sangat bagus, baik (jalannya) mendatar, naik turun, selalu ada beberapa alternatif,” kata Deddy.

Ia mencontohkan jalur yang disukai pesepeda, antara lain jalur barat, di wilayah Sleman hingga Kulon Progo. Kemudian untuk jalur selatan, Jogja ke Selopamioro Imogiri, Jogja ke Bibis dan masih banyak lainnya. Untuk jalur timur dari Jogja, di Prambanan kemudian Breksi sampai ke Candi Ijo. Rute utara ke Kaliurang, Plunyon, Turgo.

Baca Juga: Thomas Dian, Pesulap Sepeda Sampah Jogja Jadi Berkelas

3. Berbagai kegiatan wisata

PHRI gelar tur sepeda untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Jogja  PHRI Bike Tour Jogja Spesial Guyub Sesarengan. (Khusus/PHRI).

Berbagai event di DI Yogyakarta dinilai berdampak pada pariwisata. Termasuk wisata sepeda PHRI Jogja Spesial Guyub Sesarengan, ini menambah jumlah kunjungan wisatawan. Jadi, menurut Deddy, harus ada lebih banyak acara di DI Yogyakarta.

“Jumlah event seperti JBR (Jogja Bike Rendezvous), PHRI Bike Tour, KAI Bike dan lain-lain di Jogja minggu ini cukup untuk meningkatkan okupansi. Seperti JBR dengan 1.200 kamar di DIY. Jadi kita butuh lebih banyak event,” kata Deddy.

Baca Juga: 5 Rute Fun Bike di Bantul, dari Bukit Sampai Pantai

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button