Pesona Pulau Derawan, Surganya Terumbu Karang Bagi Raja Ampat - WisataHits
Jawa Timur

Pesona Pulau Derawan, Surganya Terumbu Karang Bagi Raja Ampat

PeekLifestyle Celebrities – Pulau Derawan adalah salah satu tempat wisata tak tertandingi yang menjadi kebanggaan provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini menyuguhkan pesona alam yang eksotis dengan suguhan keindahan bawah laut, hutan bakau dan kekayaan flora dan faunanya.

Meski berada di ujung Kalimantan, Pulau Derawan menjanjikan pesona alam yang luar biasa layaknya surga tersembunyi. Ingin tahu lebih banyak tentang keindahannya? Baca info lengkapnya di artikel berikut.

Sejarah Pulau Derawan

Google Maps

Foto: Google Maps

Pulau Derawan adalah salah satu pulau paling terkenal di Kepulauan Derawan. Setidaknya ada 3 pulau lain yang juga terkenal di Kepulauan Derawan antara lain Kepulauan Maratua, Sangalaki dan Kakaban. Namun yang paling populer adalah pesona Pulau Derawan.

Menilik sebuah kalibrasi, ternyata nama keempat pulau tersebut menyimpang dari cerita rakyat yang diceritakan dari waktu ke waktu oleh warga setempat. Dimana dulu ada dua keluarga yang tinggal di pulau berbeda yang ingin melangsungkan pernikahan untuk kedua anaknya di Long Island.

Kemudian kedua keluarga pihak laki-laki dan perempuan pergi ke Pulau Panjang dengan menggunakan kapal layar hingga akhirnya kedua keluarga tersebut bertemu di jalan yang sama. Sayangnya, mereka semua harus mengalami musibah di tengah perjalanan karena kapal rusak dan semua penumpangnya tenggelam. Nah, dari cerita rakyat yang beredar, konon setiap anggotanya berubah menjadi sebuah pulau.

Nama Pulau Derawan berasal dari calon pengantin yang masih gadis atau perawan. Sementara itu, Pulau Kakaban direbut oleh saudaranya. Kemudian nama Pulau Sangalaki diambil dari calon mempelai pria dan Pulau Maratua selebihnya yaitu calon menantu istri.

Pada tahun 2005, destinasi wisata ini telah didaftarkan oleh pemerintah daerah ke UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Sejak saat itu, pulau ini dijuluki Pristine Island karena keindahannya yang masih terjaga dan sangat terjaga.

Pemandangan Pulau Derawan

Keaslian alam tetap terjaga di pulau ini karena terletak di ujung Kalimantan dan di tengah laut. Nyatanya, tempat ini tidak menyurutkan wisatawan untuk berkunjung dan merasakan pesona alam Pulau Derawan. Banyak pengunjung yang datang dengan sengaja untuk menghabiskan waktu liburan atau sekedar bersantai sambil menikmati keindahan pantai, alam sekitar, dll. apa daya tariknya?

pesona bawah air

Google Maps

Foto: Google Maps

Daya tarik pertama dan terpenting adalah pesona bawah lautnya. Ketika Anda datang ke sini Anda akan melihat betapa banyaknya terumbu karang di Pulau Derawan. Ada berbagai jenis terumbu karang yang hidup di bawah laut ini. Padahal, kekayaan terumbu karang di pulau ini konon terbagus setelah Kepulauan Raja Ampat.

Keanekaragaman terumbu karang dan alam yang masih alami membuat pulau ini menjadi pilihan utama saat berkunjung ke wilayah Kalimantan Timur. Kekayaan alam bawah laut menjadi surga duniawi yang memanjakan mata para pecinta alam untuk menyalurkan hobi berpetualangnya.

Setidaknya ada 3 jenis terumbu karang yang bisa Anda temukan di Pulau Derawan. Mulai dari jenis barrier reef, fringing reef dan atol. Berdasarkan survei yang pernah dilakukan, ada sekitar 1.051 spesies yang hidup di bawah laut di pulau ini.

pesona pantai

Google Maps

Foto: Google Maps

Daya tarik kedua adalah nuansa alam pantai. Dimana banyak terdapat hutan mangrove atau dikenal dengan mangrove di Pulau Derawan. Mangrove di sini juga berfungsi untuk melindungi ekosistem pulau karena berperan sebagai abrasi atau erosi oleh air laut di wilayah pesisir dan daratan.

Pesona rumput laut

pgsp.big.go.id

Foto : pgsp.big.go.id

Di dalam ekosistem laut juga terdapat padang lamun di wilayah pesisir pulau. Ekosistem ini sangat penting untuk menjaga kestabilan sedimen dasar laut dan mencegah terjadinya atrisi. Anda bisa menemukan beragam dengan kondisi yang bervariasi dengan rata-rata coverage area mulai dari 10 persen hingga 80 persen.

Bagaimana menuju ke Pulau Derawan?

Pulau Derawan atau Kepulauan Derawan terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk mencapai puncak Kalimantan Timur ada beberapa pilihan, melalui jalur udara atau jalur darat.

Yang jelas sebelum masuk ke dua jalur ini harus menempuh jalur wajib untuk masuk ke kawasan Balikpapan. Gerbang utama surga di wilayah Kalimantan Timur adalah Balikpapan. Nah, untuk menuju Balikpapan, kamu bisa naik pesawat dari Jakarta atau kapal laut dari Surabaya. Dengan waktu tempuh yang berbeda.

Untuk sampai ke Samarinda Anda harus melintasi beberapa kota dalam waktu sehari perjalanan.

1. Tentang Samarinda

Google Maps

Foto: Google Maps

Setibanya di Balikpapan, Anda bisa naik bus ke Samarinda. Setibanya, disarankan untuk menggunakan jasa travel ke Tanjung Redeb. Tarifnya sendiri berkisar sekitar 300-400 ribu rupiah. Kemudian Anda masih perlu transfer dari Tanjung Redeb ke perjalanan lain ke Tanjung Batu dengan tarif 150.000 rupiah. Kemudian dilanjutkan dari Tanjung Batu ke Pulau Derawan dengan menyewa speedboat, tarifnya 100.000 rupiah.

2. Tentang Tarakan

Google Maps

Foto: Google Maps

Selain itu, ada juga perjalanan darat dimana terlebih dahulu harus berganti kereta di Tarakan. Nah, meski transit, rute ini paling populer, apalagi kalau wisatawan membawa rombongan. Pasalnya, jika dihitung harga tiket dari Balikpapan ke Tarakan cukup murah, rute ini juga dilayani oleh berbagai maskapai.

Jadi tidak perlu menunggu lama di bandara. Baru nanti sesampainya di Tarakan, bisa dilanjutkan dengan menyewa speedboat. Ingat semakin banyak penumpang, semakin murah speedboat ini karena bisa disewa dengan harga termurah.

3. Tentang Berau

Google Maps

Foto: Google Maps

Opsi terakhir adalah terbang langsung dari Balikpapan ke Kabupaten Berau. Nah untuk rute ini juga ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan ini. Keuntungannya adalah Anda dapat memilih sesuai dengan anggaran Anda. Setelah sampai di kabupaten Berau, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Batu dengan menyewa speedboat berkapasitas 5 orang dengan harga sewa berkisar antara 300.000 hingga 500.000 rupiah.

Perjalanan dari Tanjung Batu ke Pulau Derawan memakan waktu sekitar 30-45 menit tergantung kondisi laut.

Untuk rute-rute di atas, total harga yang bisa ditambah sekitar Rp 2-3 juta ke atas, atau bisa juga lebih karena harga tiket pesawat yang berbeda. Belum lagi jika menambah biaya akomodasi di Derawan yang berkisar antara 600.000 rupiah hingga jutaan rupiah tergantung fasilitas yang Anda inginkan.

Bagaimana, tertarik mengunjungi surga tersembunyi di ujung Kalimantan Timur ini? Yuk, cari tanggalnya dan bersiaplah untuk mengunjungi Pulau Derawan!

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button