Pesona Pulau Bonetambu, tempat terbaik pecinta snorkeling di Makassar - WisataHits
wisatahits

Pesona Pulau Bonetambu, tempat terbaik pecinta snorkeling di Makassar

Pesona Pulau Bonetambu, tempat terbaik pecinta snorkeling di Makassar
Biaya kunjungan: Mulai Rp 15.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Barrang Caddy, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Bonetambu merupakan salah satu pulau eksotis yang terletak di antara gugusan pulau kecil di Makassar, Sulawesi Selatan. Masyarakat setempat menyebut pulau ini “Sangkarang” atau sering disebut sebagai pulau kaya keanekaragaman hayati di bawah laut.

Pulau ini terletak di desa Barang Caddi, kecamatan Ujung Tanah, Makassar. Luas pulau ini dua kali luas lapangan sepak bola internasional, bisa dibilang pulau ini cukup kecil.

Pulau ini hanya dihuni 130 keluarga dan mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Pulau ini juga memiliki beragam keindahan yang bisa Anda nikmati untuk berlibur. Pulau ini juga sering dikunjungi saat libur nasional.

Selain itu, pulau ini juga relatif sepi pengunjung saat musim libur nasional, sehingga Anda bisa menikmati suasana dan keindahan pulau ini saat musim liburan. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang keindahan dan aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Bonetambu.

Objek Wisata Pulau Bonetambu

Objek Wisata Pulau BonetambuKredit gambar: Saluran Google Maps ZK

1. Snorkeling dan menyelam terbaik

Pulau Bonetambu merupakan salah satu pulau yang menawarkan aktivitas snorkeling dan diving terbaik di Indonesia. Bahkan, pulau ini juga termasuk dalam deretan pulau dengan segitiga karang dunia atau disebut dengan segitiga karang.

Selain terumbu karang, sebagai turis Anda bisa melihat berbagai hewan laut lainnya seperti cumi-cumi, bulu babi, bintang laut dan berbagai ikan kecil hingga besar.

2. Kedalaman dangkal

Bagian barat Pulau Bonetambu memiliki kedalaman laut antara 5 meter hingga 18 meter. Dengan kedalaman tersebut, pulau ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin menyelam. Sedangkan bagian selatan memiliki kedalaman laut hingga 1 meter dengan kedalaman 21 meter.

Selain pulau ini, terdapat juga kedalaman dangkal yang cukup luas dan signifikan. Wisatawan menyebutnya Bonebatang dangkal. Untuk menikmati keindahan Pulau Bonebatang, wisatawan harus terlebih dahulu menunggu air laut surut hingga muncul pasir putih pantai di permukaan.

3. Pohon kelapa di sekitar pantai

Kekhasan lainnya adalah pulau ini hanya bisa dibudidayakan dengan pohon kelapa. Sedangkan di pulau cantik ini banyak terdapat pohon kelapa yang rindang.

4. Aktivitas menyelam di Pulau Bonetambu

Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Bonetambu adalah menyelam. Saat menyelam, Anda akan menemukan berbagai spesies laut yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Itu bisa saja bermain menyelam, Anda menemukan spesies yang belum pernah Anda lihat dan Anda dapat memegangnya dan melihatnya dari dekat. Tapi hati-hati dengan hewan laut.

Jika Anda adalah pemain selam pemula, Anda tidak perlu khawatir karena ada area bermain khusus untuk penyelaman pemula. Jadi anda tidak perlu takut untuk bermain di area pulau.

5. Bermain snorkeling di Pulau Bonetambu

Selain menyelam, Anda juga bisa bermain snorkeling di pulau ini. Pulau Bonetambu menyediakan tempat yang tepat untuk snorkeling. Selain itu, Anda juga bisa menemukan dan melihat beberapa jenis hewan laut.

Yang jelas, Anda akan menemukan beberapa hewan berbeda yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Jadi bermain snorkling di pulau ini akan menambah pengalaman anda dan menambah koleksi binatang yang pernah anda lihat sebelumnya.

Bagi Anda yang ingin snorkeling atau menyelam di lepas pantai, Anda bisa menyewa perahu kecil seharga 40 pk dengan harga berbeda. Jika berniat menyewa dari pelabuhan Paotere, harganya berkisar antara Rp600.000 hingga Rp1.000.000.

Alamat, lokasi rute dan biaya wisata pulau

Retribusi Wisata Pulau BonetambuKredit Gambar: Google Maps Ryan Leonard

Pulau eksotis ini terletak di Desa Barang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Hampir mirip dengan Pulau Sanane, Anda harus menyeberang menggunakan perahu untuk mendarat di pulau ini. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam dan bisa lebih dari pelabuhan utama yaitu pelabuhan Paotere.

Tarif penyeberangan ke Pulau Bonetambu juga murah, sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000. Selain itu, Anda juga bisa menyewa perahu dari pelabuhan Paotere, untuk menyewa perahu dikenakan biaya sekitar Rp 600.000 hingga Rp 1.000.000.

Untuk liburan di pulau ini, harga tiket per orang bisa saja berubah. Harga yang tertera bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per orang. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Aktivitas Seru Di Pulau Bonetambu

Aktivitas Seru di Pulau BonetambuKredit gambar: Google Maps 18_Vivi Alfiansyah

Mungkin anda salah satu wisatawan yang tidak suka snorkling atau diving, anda bisa menikmati keindahan pulau ini dengan aktivitas sederhana lainnya seperti bermain air di pantai, selfie, duduk di tepi pantai atau bermain pasir putih.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Bonetambu jika tidak menyukai aktivitas air di atas.

1. Main air di pantai

Aktivitas sederhana yang bisa Anda lakukan adalah bermain air di pantai. Kegiatan ini tidak membutuhkan banyak tenaga dan bisa dilakukan dengan santai.

Sambil bermain di pantai anda juga bisa melihat berbagai hewan laut yang bisa dilihat di sekitar rumput laut yang bergoyang.

2. Berfoto selfie di pantai

Selain aktivitas air yang disebutkan di atas, Anda juga bisa berfoto selfie di pantai. Pulau Bonetambu memiliki keindahan yang mungkin tidak akan Anda lihat dua kali. Oleh karena itu, aktivitas yang disarankan adalah selfie.

Pantai ini memiliki banyak spot foto seperti di geladak, di atas perahu atau di samping perahu, di sekitar pohon kelapa dan tempat-tempat indah lainnya.

3. Berkemah di Pulau Bonetambu

Meski pulau cantik ini memiliki beberapa jenis akomodasi, sebagian besar wisatawan lebih memilih untuk bermalam di tenda. Ini karena mereka lebih suka menikmati malam di dalam tenda.

Ditambah dengan angin laut yang sejuk dan pemandangan yang indah, wisatawan memilih untuk menginap di tenda.

Ombak pantai-pantai di kawasan pulau juga tidak terlalu kencang, sehingga wisatawan merasa tenang dan nyaman mendengar suara ombak dari pantai.

4. Akomodasi di Pulau Bonetambu

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah ada penginapan di sekitar Pulau Bonetambu? Jawabannya ada. Meski bukan hotel mewah, Anda bisa bermalam di pulau ini.

Harga yang dikutip untuk akomodasi juga relatif murah lho. Harga akomodasi yang disediakan tergantung dari jumlah rombongan yang datang dan lama menginap.

Harga yang tertera relatif murah, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Sangat murah bukan? Meski begitu, perbandingan wisatawan yang menginap jauh lebih besar dibandingkan dengan yang menginap di hostel.

Namun kembali ke pilihan Anda, apakah Anda lebih nyaman menginap di hostel atau di tenda.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau BonetambuKredit Gambar: Google Maps Ryan Leonard

Fasilitas umum yang ada di pulau ini adalah:

  • Kapal,
  • Kamar mandi,
  • masjid,
  • Restoran
  • dan beberapa fasilitas umum lainnya.

Oleh karena itu tempat ini juga sangat cocok untuk berkemah.

Itulah beberapa aktivitas dan keindahan Pulau Bonetambu. Tertarik mengunjungi pulau ini? Nikmati keindahan Pulau Makassar ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button