Pesona Pantai Labuhan Mina Bahari 45 Depok Bantul - WisataHits
Yogyakarta

Pesona Pantai Labuhan Mina Bahari 45 Depok Bantul

Bantul, IDN Times – Setelah dua tahun rehat akibat pandemi COVID-19, tradisi Labuhan Mina Bahari 45 kembali digelar di Pantai Depok pada Kamis (11/822). Ribuan orang dan turis berduyun-duyun ke area pantai yang terkenal dengan masakannya makanan laut-miliknya. ️

Acara Labuhan Mina Bahari 45 diawali dengan karnaval seni budaya bagi masyarakat pesisir dari SDN Bungkus hingga Pantai Depok yang berjarak sekitar 700 meter. Sepanjang jalan, warga sekitar tampak antusias melihat karnaval.

1. Labuhan Mina Bahari 45 Pantai Depok dilaksanakan setiap bulan Suro pada hari Senin atau Kamis Wage

Pesona Pantai Labuhan Mina Bahari 45 Depok BantulPantai Labuhan Mina Bahari 45 Depok. (Dok. Kominfo Bantul)

Ketua Koperasi Wisata Mina Bahari 45 Pantai Depok Sutarlan mengatakan kegiatan tradisi Labuhan Mina Bahari 45 merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan setiap hari Senin atau Kamis Waghe di bulan Suro.

“Pelabuhan ini memiliki makna syukur atas pendapatan nelayan dari hasil laut dan kunjungan wisatawan,” ujarnya, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: 3 Ritual Budaya Bantul Digelar Saat Libur Akhir Pekan

2. Uba rampe tidak akan di banned tapi dibagikan agar lebih bermanfaat

Pesona Pantai Labuhan Mina Bahari 45 Depok BantulPantai Labuhan Mina Bahari 45 Depok. (Dok.Kominfo Bantul)

Menurut Sutarlan, Pelabuhan Perikanan Mina Bahari 45 merupakan harapan masyarakat Pantai Depok agar pangan mereka tersalurkan dan terselamatkan dari bencana.

“Kemarin kita baru saja diterjang gelombang pasang yang menimbulkan kerusakan, semoga tahun depan tidak ada lagi bencana,” ujarnya.

Labuhan Mina Bahari 45 tahun 2022 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena Ubarampe berupa hasil bumi yang dibawa saat karnaval tidak dibuang ke laut. Namun malah dibagikan kepada masyarakat dan wisatawan yang datang.

“Semoga Ubaramp ini semakin bermanfaat bagi masyarakat dan pengunjung,” jelasnya.

Sutarlan berharap kegiatan wisata di Pantai Depok ini terus berkembang seiring dengan turunnya kasus COVID-19 sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

“Kami sudah berpuasa selama dua tahun karena pandemi dan sekarang momentumnya kembali meningkat,” katanya.

“Yang jelas setelah acara pelabuhan selesai, masih akan ada pentas seni dan pembagian ribuan nasi gurih untuk masyarakat dan pengunjung,” imbuhnya.

3. Kegiatan budaya diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan

Pesona Pantai Labuhan Mina Bahari 45 Depok BantulPantai Labuhan Mina Bahari 45 Depok. (Dok.Kominfo Bantul)

Sementara itu, Markus Purnomo Adi, Kepala Bidang Promosi dan Informasi Pariwisata Dinas Pariwisata Bantul, mengatakan kegiatan Labuhan Mina Bahari 45 di Pantai Depok diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Namun, pihaknya tidak menargetkan jumlah kunjungan wisatawan.

“Kami belum memiliki tujuan kunjungan wisatawan, namun kami berharap kegiatan budaya selama bulan Suro dapat mendongkrak kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Baca Juga: Usai Dihempas Ombak, Sri Sultan Tawarkan Penataan Pantai Depok

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button