Viral air terjun di Yogyakarta, bentuk pemandangan bertingkatnya keren banget! - WisataHits
Yogyakarta

Viral air terjun di Yogyakarta, bentuk pemandangan bertingkatnya keren banget!

INDOZONE.ID – Liburan akhir tahun tinggal beberapa hari lagi. Yogyakarta sering menjadi tujuan wisata untuk menginap saat pergantian tahun. Kalau ke Yogya, jangan cuma ke Malioboro, coba kunjungi Air Terjun Penawangan Srunggo.

Air terjun yang terletak di Srunggo 1, Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul ini sedang viral. Bahkan tidak sedikit pun pengguna internet penasaran untuk mengomentari pertanyaan tentang lokasi air terjun ini.

air terjun Air Terjun Penawangan Srunggo. (Z Creator/Eko Haryanto)

Air terjun ini merupakan destinasi wisata baru di daerah Bantul yang dikelola secara swadaya oleh warga setempat dengan fasilitas sementara. Tempat tersebut berjarak sekitar 8 km sebelah selatan patung kuda Sultan Agung Imogiri.

Untuk menuju lokasi air terjun ini Anda harus melewati Jalan Gua Cerme yang cukup menanjak. Jika menggunakan kendaraan roda 4 jarak parkirnya cukup jauh, namun jika menggunakan sepeda motor lebih mudah untuk mendapatkan tempat parkir yang lebih dekat dengan air terjun.

Air Terjun PenangAkses menuju Air Terjun Penawangan Srunggo. (Z Creator/Eko Haryanto)

Dari tempat parkir motor jaraknya sekitar 300 meter melewati jalan setapak yang baru saja dibuka oleh warga. Saat mendekati kawasan air terjun, Anda akan melewati hamparan sawah terasering yang indah kemudian menuju lokasi air terjun melalui jalan kecil yang hanya dipagari bambu seadanya.

Saat anda tiba di tempat wisata yang terletak tepat di kaki Gua Cerme ini anda akan melihat keindahan perbukitan yang di ujungnya terdapat air terjun dengan limpahan air segar yang sangat jernih mengalir. Air terjun ini terlihat bertingkat karena mengalir menuruni punggung bukit yang tersusun dari bongkahan batu besar berwarna coklat muda.

Baca Juga: 4 Mitos Air Terjun Benang Kelambu, Konon Tempat Pemandian Ratu Penguasa Gunung Rinjani

air terjunAir terjun mengalir di atas bukit berbatu. (Z Creator/Eko Haryanto)

Berada persis di samping persawahan, air terjun ini sangat aman untuk dijadikan destinasi wisata keluarga. Ditemani oleh orang tuanya, banyak anak-anak bermain di teluk berbatu langsung di sungai Air Terjun Penawangan Srunggo.

Bagi para pesepeda, Anda juga bisa membawa sepeda ke lokasi air terjun jika ingin berfoto dengan sepeda. Mengingat destinasi wisata ini sudah dikelola secara swadaya hanya oleh warga setempat dan fasilitasnya masih perlu disempurnakan, pihak pengelola tidak memungut biaya untuk tiket masuk.

Air Terjun Penawangan SrunggoSuasana Air Terjun Penawangan Srunggo viral di Yogyakarta. (Z Creator/Eko Haryanto)

Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan, dan disediakan pula boks dana taqwa pengunjung. Di tempat wisata ini terdapat beberapa stand kecil dengan makanan ringan dan aneka minuman, serta tersedia juga toilet umum.

Bagi anda yang menyukai wisata alam dan hunting foto wajib mengunjungi Air Terjun Penawangan Srunggo karena dijamin akan mendapatkan foto dengan background alam yang indah. Instagramable.

Artikel menarik lainnya:

Ciptakan kisah seru Anda dan dapatkan berbagai hadiah menarik! Mari bergabung Z Pencipta dengan mengklik di sini.

Z PenciptaZ Pencipta

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button