Pesona Kampung Ketandan, Pecinan Jogja yang unik - WisataHits
Yogyakarta

Pesona Kampung Ketandan, Pecinan Jogja yang unik

Pesona Kampung Ketandan, Pecinan Jogja yang unik

Apakah Anda mencari tujuan wisata yang unik? Instagramable di jogja? Mungkin bisa mampir ke Kampung Ketandan. Kampung Ketandan adalah sebuah perkampungan bergaya Tionghoa di kawasan Malioboro kota Yogyakarta. Desa ini juga diramalkan sebagai Pecinanini jogja, lho!

Suasana Cina yang kental menjadi daya tarik tersendiri bagi Kampung Ketandan. Ingin tahu lebih banyak tentang Kampung Ketandan? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Berada di kawasan Malioboro

Pesona Kampung Ketandan, Pecinan Jogja yang unikPetunjuk arah ke Kampung Ketandan (instagram.com/pict.fz)

Kampung Ketandan terletak di kawasan Malioboro, tepat di kecamatan Gondomanan kota Yogyakarta. Letaknya yang strategis di pusat kota memudahkan wisatawan untuk menjangkau destinasi wisata tersebut.

Jika Anda menyusuri Jalan Malioboro, di sisi timur jalan Anda akan menemukan gapura dengan ornamen khas Tionghoa bertuliskan Kampoeng Ketandan. Kawasan Kampung Ketandan berada di sebelah utara pasar Beringharjo.

2. Didirikan sebagai pusat pemukiman Pecinan sejak zaman Belanda

Pesona Kampung Ketandan, Pecinan Jogja yang unikPersimpangan di Desa Ketandan (instagram.com/dayankhatam_)

Dilaporkan oleh Direktori pariwisata.idPada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VII, tepatnya pada abad ke-19 pada masa penjajahan Belanda, didirikan kawasan pemukiman pecinan bagi etnis Tionghoa di Ketandan.

Di masa lalu, Sultan memberikan wewenang kepada etnis Tionghoa untuk menjalankan tugasnya sebagai “pejabat tondo”. Petugas Tondo pada saat itu adalah pejabat yang bertugas memungut pajak. Istilah “tondo” merupakan asal usul nama Kampung Ketandan.

Baca Juga: Nikmati Wisata Jogja Citarasa Eropa di Kampung Tani Lalisa

3. Memiliki gaya arsitektur lama

Pesona Kampung Ketandan, Pecinan Jogja yang unikBangunan di Desa Ketandan (instagram.com/nanda_bril)

Di Desa Ketandan kita dapati gaya arsitektur bangunan kuno yang memiliki perpaduan antara gaya Cina, Eropa dan Jawa. Rumah Tionghoa kuno memiliki atap melengkung.

Namun seiring berjalannya waktu, atap rumah diberi bentuk yang lancip. Selain itu, bangunan umumnya memanjang ke belakang, dengan bagian depan berfungsi sebagai ruko dan bagian belakang sebagai tempat tinggal.

Dengan gaya arsitektur kuno tersebut, tak heran jika banyak terdapat di Kampung Ketandan Pekerjaan foto ini Instagramable.

4. Ada banyak toko perhiasan di desa Ketandan

Pesona Kampung Ketandan, Pecinan Jogja yang unikToko perhiasan emas di Kampung Ketandan (instagram.com/alfanalii_)

Etnis Tionghoa yang tinggal di daerah ini umumnya mencari nafkah dari berdagang. Di desa Ketandan kita bisa menemukan banyak toko yang menjual perhiasan emas dan batu mulia. Selain toko perhiasan, beberapa toko kelontong dan jamu telah dibuka.

5. Pekan Budaya Tionghoa diadakan setiap tahun

Pesona Kampung Ketandan, Pecinan Jogja yang unikPertunjukan barongsai (instagram.com/siyoss20)

Setiap tahunnya, untuk menyambut tahun baru Imlek, diselenggarakan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) di Kampung Ketandan. Menurut situs warta.jogjakota.go.id, pekan budaya ini sudah ada sejak tahun 2006. Pekan budaya dimeriahkan dengan pawai budaya, pertunjukan barongsai, panggung hiburan dan pasar makanan.

Nah itulah berbagai pesona dan keunikan Kampung Ketandan di Jogja. Sangat unik dan menarik untuk dikunjungi bukan? Yuk, segera buat janji untuk mengunjungi desa Ketandan!

Baca Juga: Agenda Wisata Jogja ke-5 Januari 2023, Ada Pekan Budaya Tionghoa

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button