Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan menentang revisi UU No 6 Tahun 2014 - WisataHits
Yogyakarta

Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan menentang revisi UU No 6 Tahun 2014

Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan menentang revisi UU No 6 Tahun 2014

Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan menentang revisi UU No 6 Tahun 2014

Jogja, dprd-diy-go.id – Pada Kamis (26/01/2023), sejumlah perangkat desa yang tergabung dalam paguyuban Lurah dan Pamong Kelurahan Nayantaka di DIY menggelar audiensi di kantor DPRD DIY. Audiensi ini diterima langsung oleh Nuryadi, S.Pd., Ketua DPRD DIY bersama anggota dewan lainnya dari beberapa komisi.

Paguyuban Nayantaka merupakan perkumpulan seluruh perangkat desa dari empat kabupaten, yaitu Kulon Progo, Bantul, Sleman, dan Gunungkidul. Kedatangannya untuk menentang rencana revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 yang diajukan ke DPR RI oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) beberapa waktu lalu.

APDESI membuat beberapa rekomendasi rencana perubahan UU No. 6 Tahun 2014, di mana perangkat desa tidak boleh dilibatkan dalam rancangan amandemen.

“Asosiasi juga meminta agar masa kerja kami tidak disamakan dengan kepala desa karena masa kerja kami bisa sampai 60 tahun,” kata Gandang Hardjanata, ketua Nayantaka.

Gandang juga menyatakan bahwa aparat desa tidak mempersoalkan Apdesi yang telah merekomendasikan masa jabatan kepala desa yang semula hanya 6 tahun menjadi 9 tahun. Hal ini diungkapkan Gandang karena Pamong tidak memiliki proses pemilihan, tidak relevan jika Pamong disamakan dengan kepala desa yang pengangkatannya dilakukan melalui pemilihan.

Nuryadi yang mendapat sambutan baik dari hadirin maupun Ketua DPRD DIY mendukung tuntutan tersebut, dan Nuryadi juga berkomitmen mengawal perjuangan yang dilakukan Nayantaka untuk membawa mekanisme penetapan masa jabatan dusun lama ke DPR RI agar tetap dipertahankan. (Daging)

Tampilan: 8

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button