Sandi ingin wisatawan memesan paket wisata untuk menjelajahi peradaban Borobudur - WisataHits
Jawa Tengah

Sandi ingin wisatawan memesan paket wisata untuk menjelajahi peradaban Borobudur

Program ini memungkinkan kita belajar tentang sejarah peninggalan di Candi Borobudur. Ada peradaban unggul yang bisa kita adaptasi dengan kehidupan saat ini

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno menginginkan wisatawan yang datang ke Destinasi Prioritas Candi Borobudur (DPSP) menikmati penjelajahan pola perjalanan Borobudur Trail of Civilization (BToc).

Pola perjalanan BToC untuk dinikmati wisatawan berfokus pada proses penceritaan yang berasal dari interpretasi panel relief Candi Borobudur dan pemutakhiran kegiatan pendukung berdasarkan potensi dan budaya masyarakat setempat di 16 desa di kawasan Borobudur yang dikemas menjadi sembilan rencana perjalanan tematik.

“Program ini membuat kita belajar tentang sejarah warisan di Candi Borobudur. Ada peradaban unggul yang bisa kita adaptasi dengan kehidupan saat ini,” ujarnya dalam acara “Serah Terima Fasilitasi Pengembangan Produk Wisata” di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngadiharjo, Magelang, Jawa Tengah, melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin. .

Menurutnya, pola perjalanan wisata ini merupakan produk wisata budaya yang dibungkus dengan tujuan wisata yang berkualitas.

Adanya program pendanaan ini dilakukan untuk mendorong para pelaku pariwisata dan industri kreatif (parekraf) untuk meningkatkan kualitas wisata heritage BToC melalui pengadaan peralatan penunjang atraksi wisata, penataan lokasi atraksi, serta capacity building dan dukungan peningkatan departemen sumber daya manusia (SDM).

Program ini ditujukan bagi wisatawan untuk melestarikan Candi Borobudur dan menjaga daya dukung candi yang hanya mampu menampung 1.000 wisatawan. Karena itu, pihaknya menganjurkan wisatawan untuk berwisata ke Balkondes yang berada di kawasan sekitar pura.

“Kami telah menyelesaikan jalur peradaban Borobudur. Jalan-jalan ke Borobudur dan nikmati penjelajahan peradaban BTOC,” kata Menparekraf.

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif juga membantu membuat dan mengelola media promosi dan mengemas paket perjalanan untuk mendukung kegiatan promosi dan pemasaran.

Paket-paket wisata telah dibuat bekerja sama dengan keluarga homestay komunitas Borobudur dan diatur di sana sebagai berbagai paket wisata yang menawarkan pengalaman perjalanan dan belajar tentang budaya dan kehidupan masyarakat setempat melalui interaksi langsung dengan pemilik rumah.

Untuk informasi dan informasi lebih lanjut mengenai paket wisata BToC, silahkan kunjungi media resmi BToC (http://borobudurtrail.com/).

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga mengimbau para wisatawan yang ingin mempersiapkan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 untuk berlibur dan berwisata di #IndonesiaAja.

“Kami meyakinkan Anda bahwa tidak ada potensi ancaman yang mengganggu tur Anda. Yang perlu ditingkatkan (awareness) terkait cuaca dan bahaya bencana itu sudah kita koordinasikan dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

Baca Juga: Sandiaga: Kemenparekraf Konsisten Dukung Keterbukaan Informasi

Baca Juga: Sandi meneken sejumlah kesepakatan untuk mengembangkan pariwisata

Baca Juga: Sandiaga Luncurkan Indeks Pembangunan Pariwisata Nasional

Reporter: M. Baqir Idrus Alatas
Penerbit : Ahmad Buchori
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button