Pesona Gili Laba, sekilas surga laut yang tersembunyi di Labuan Bajo - WisataHits
wisatahits

Pesona Gili Laba, sekilas surga laut yang tersembunyi di Labuan Bajo

Pesona Gili Laba, sekilas surga laut yang tersembunyi di Labuan Bajo
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Komodo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Gili Laba adalah sebuah pulau kecil yang terletak di kepulauan Flores yang terkenal dengan keindahan alamnya. Tempat ini sering dijadikan tujuan utama ketika liburan datang oleh beberapa wisatawan. Banyak pesona alam di Manggarai Barat dari darat hingga laut, meski sangat menawan, namun hingga saat ini masih sedikit dikunjungi wisatawan.

Bukan tanpa alasan, karena sulitnya akses yang menjadi salah satu alasannya. Untuk mengunjungi wisata pulau di kawasan Taman Komodo ini, Anda harus menempuh jarak yang cukup jauh. Akses jalan terbatas, hanya tanah dan rerumputan seperti saat mendaki bukit.

Saat musim hujan, jalan ini pasti licin, sehingga harus ekstra hati-hati. Juga dari segi fasilitas masih sangat sedikit dan tidak terlalu banyak dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Karena memiliki banyak pesona alam, rasanya wajar jika Anda mencoba mengunjungi wisata hits ini.

Objek wisata Gili Laba

Daya tarik Gili LabaFoto oleh Lushdimple di Flickr

Meski belum terlalu populer, Gili Laba memiliki beragam atraksi yang menakjubkan. Sebagian besar tentu berasal dari pemandangan alam yang indah dan spektakuler. Semua keindahan alam di sini tidak bisa ditemukan di tempat lain, misalnya pegunungan bahkan pantainya.

✦ Pemandangan alam yang mempesona

Salah satu daya tarik wisata utama Kupang adalah pemandangan alamnya yang indah. Dari kejauhan, Anda akan melihat hamparan dataran coklat yang sangat luas. Tidak ada daratan, melainkan sabana kering yang memberikan kesan pemandangan tak terhalang.

Padang rumput di Gili Laba tingginya sekitar 20 sentimeter sehingga tidak terlalu mengganggu. Menariknya, Anda akan menyaksikan sabana hijau yang menyegarkan saat musim hujan. Namun sayangnya, medannya terlalu berat, tidak disarankan untuk datang di musim ini jika Anda bukan petualang sejati.

✦ Samudra biru yang menakjubkan

Pulau cantik ini memiliki pantai yang indah sebagai daya tarik lainnya. Pantainya sangat bersih karena belum terlalu ramai dengan manusia. Dengan pasir putihnya yang lembut, aktivitas apapun dijamin akan sangat menarik jika dilakukan di sini. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil bermain air atau bahkan berenang.

Gili Laba juga menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa. Pulau ini terkenal dengan keanekaragaman hayati lautnya yang menakjubkan, seperti terumbu karang, aneka ikan tropis, dan hewan laut lainnya. Anda bisa snorkeling atau menyelam untuk melihat keindahan bawah laut yang menakjubkan ini.

✦ Cocok untuk kegiatan hiking

Segala keindahan pulau kecil yang indah ini semakin sempurna jika dilihat dari atas. Bentuk pulau ini memiliki kontur yang tinggi sehingga terlihat seperti perbukitan. Mencapai puncak bukit bukanlah hal yang mudah, namun setidaknya ada pemandangan menakjubkan yang menanti Anda.

Dengan kata lain, daya tarik Gili Laba selanjutnya adalah cocok untuk kegiatan hiking. Selama perjalanan yang penuh tantangan ini, Anda akan ditemani oleh berbagai pemandangan alam yang spektakuler. Tidak hanya ketika Anda sampai di puncak bukit, tetapi juga di sisi jalan setapak yang Anda lalui. Sebut saja kerapatan pohon rindang dan hamparan savana.

Dari puncak ini Anda bisa melihat pantai dengan warna air kebiruan. Di satu sisi Anda juga memiliki pemandangan air laut Tosca yang berwarna hijau. Perbedaan warna ini masih masuk akal, karena setiap kedalaman laut berbeda. Bagi mereka yang berjiwa petualang, sulitnya mendaki hingga puncak menjadi daya tarik tersendiri.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Gili LabaFoto oleh Lushdimple di Flickr

Gili Laba merupakan pulau kecil, sehingga untuk menuju ke tempat tersebut anda harus menyebrang terlebih dahulu. Ada banyak titik yang bisa dijadikan pusat penyeberangan, salah satunya adalah pelabuhan Labuan Bajo. Dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencapai lokasi jika berangkat dari pelabuhan.

Jika ingin lebih dekat, silahkan menyeberang dari Pulau Komodo. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk tiba di pulau eksotis ini. Biasanya wisatawan lebih memilih berangkat dari Pulau Komodo karena jaraknya yang relatif dekat. Namun jika lokasi Anda saat ini tidak memungkinkan, tidak ada salahnya memulai dari Labuan Bajo.

Secara administratif, Gili Laba terletak di Gili Lawa Darat, Taman Nasional Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Untuk petunjuk arah ke Pulau Komodo atau Labuan Bajo, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Cukup ketik alamat di atas, atau Anda dapat memasukkan nama tur yang dimaksud.

Pulau dengan pemandangan eksotik di NTT ini bisa dikunjungi kapan saja selama 24 jam. Tidak ada jam buka atau tutup, jadi silahkan sesuaikan dengan waktu yang ada. Tidak ada biaya masuk yang harus Anda bayar, karena tidak ada meteran di sini. Tapi mengambilnya pasti membutuhkan biaya akomodasi.

Biaya ke Gili Laba tergantung dari mana Anda berasal atau dari mana Anda memulai perjalanan. Sebagian besar kebutuhan mungkin berasal dari kendaraan, karena harus menyeberang. Selain itu, biaya perbekalan juga cukup tinggi. Pasalnya, pulau ini tidak berpenghuni sehingga tidak ada yang menjual makanan atau minuman.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Menarik Sweater Gili LabaFoto oleh Deborausujono di Flickr

Mengunjungi tempat wisata kurang menarik jika tidak ada aktivitas. Seindah apapun itu, aktivitas wajib dilakukan untuk melengkapi liburan. Saat Anda mengunjungi pulau yang indah ini, ada banyak hal menyenangkan yang dapat dilakukan, berikut beberapa di antaranya!

1. Lacak ke lokasi

Aktivitas menarik pertama di Gili Laba adalah saat menuju ke lokasi. Bukan saat menuju ke pulau tersebut, melainkan saat menjelajahi isinya. Saat Anda naik ke atas bukit, ada banyak keindahan yang bisa ditemukan. Perjalanannya cukup panjang, bahkan membutuhkan waktu beberapa jam untuk mencapai bukit tersebut.

Namun perjalanan Anda dijamin seru dan mengasyikkan jika ditemani pemandangan yang sangat indah. Sebut saja savana yang cantik dengan warna coklat saat musim kemarau. Pepohonan hijau juga selalu menemani perjalanan Anda menuju tempat tujuan. Apalagi saat sudah sampai di puncak, keindahan pantai air biru cukup jernih.

2. Menikmati pemandangan alam Gili Laba

Sepanjang jalan, sulit untuk tidak menikmati pemandangan indah Gili Laba. Kegiatan ini bisa Anda lakukan sambil bersantai atau menikmati makanan yang dibawa dari rumah. Semua orang dijamin akan terpesona, bahkan mungkin kamu tidak akan menutup mata dengan segala keindahan yang dimiliki.

3. Mengunjungi pantai eksotis

Setelah menikmati pesona alam, tak ada salahnya mengunjungi pantai yang tak kalah menarik. Airnya yang biru dengan ombak yang begitu tenang membuat pantai di sini layak untuk dikunjungi. Banyak hal yang bisa kamu lakukan selama di sini semuanya dijamin menarik. Misalnya, berenang di air yang sangat jernih hingga dasarnya terlihat.

Anda bahkan bisa snorkeling atau menyelam di Gili Laba dengan air yang sangat jernih ini. Ada banyak biota laut yang bisa dilihat, kebanyakan berupa ikan-ikan kecil yang bersembunyi di antara terumbu karang. Tapi kalau nggak mau basah-basahan, main pasir di pantai aja, dijamin seru banget.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gili LabaFoto oleh Lushdimple di Flickr

Tempat wisata yang kita bicarakan ini berupa pulau-pulau tak berpenghuni. Jadi kalau ditanya tentang fasilitas di sana, tentu tidak akan menemukan apa-apa. Namun transportasi sudah tersedia, Anda bisa menggunakan speedboat atau ferry lainnya. Ada baiknya membawa peralatan dan perbekalan sendiri selama tur.

Gili Laba merupakan destinasi wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam, mulai dari pantai hingga perbukitan. Meski tidak mudah untuk sampai ke sana, tempat ini tetap layak untuk dikunjungi. Tentu saja, jika Anda memiliki banyak anggaran dan waktu. Saat berkunjung, pastikan membawa kamera terbaik untuk berburu momen berkesan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button