Nama Kuliner Indonesia yang Unik dan Aneh - WisataHits
wisatahits

Nama Kuliner Indonesia yang Unik dan Aneh

Nama Kuliner Indonesia yang Unik dan Aneh

Nama Kuliner Indonesia yang Unik dan Aneh – Indonesia memiliki keragaman kuliner yang tiada duanya. Terbukti cita rasa masakan Indonesia mampu memanjakan lidah setiap penikmatnya.

Selain keragaman dan cita rasa, beberapa kuliner di Indonesia dikenal memiliki nama yang unik. Anda pasti akan merasa asing ketika mendengar kuliner yang namanya nasi kentut atau roti ketawa.

Bukan sembarang nama, namun memiliki makna dan sejarah tersendiri yang membuat makanan ini begitu terkenal di mata masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Makanan ini biasanya mudah ditemukan dan bisa dibeli dengan harga yang sangat terjangkau.

Jenis masakan Indonesia apa yang memiliki nama unik ini?

Yuk, simak ulasan selanjutnya.

Nama Kuliner Indonesia yang Unik dan Aneh

1. Bagi nasi

Nasi-Kentut-Nama-Makanan-Unik-dan-Aneh-Indonesia

Nasi kentut namanya, makanan nasi ini berasal dari Medan. Nasi Ketut dianggap sebagai nama kuliner Indonesia yang memiliki nama yang unik atau aneh.

Agar lebih nikmat, nasi pet bisa disantap dengan berbagai jenis lauk pauk seperti pepes ikan, ayam goreng, tahu atau tempe dan tak ketinggalan sambal sebagai penyedap rasa.

Nasi kentut hampir sama dengan sego kucing, namun nasi khas dari daerah Sumatera Utara ini tidak dibungkus daun pisang melainkan daun kentut.

Jangan berpikir nasi kentut baunya seperti kentut. Nama kentut sendiri berasal dari daun yang menutupi nasi. Daun yang menyelimutinya memberikan aroma nasi yang nikmat.

Selain membuat makanan menjadi harum, daun kentut memiliki fungsi lain, yaitu untuk melancarkan pencernaan dan melancarkan peredaran darah.

2. Kuku Harimau

Kuku-Harimau-Nama-Nama-Indonesia-Unik-Dan-Aneh

Kerupuk Kuku Harimau adalah nama kuliner Indonesia yang unik. Kuku harimau sangat tajam dan panjang, itulah sebabnya harimau menggunakan kukunya untuk menerkam mangsanya.

Namun berbeda dengan masyarakat di Kalimantan. Mereka menggunakan cakar harimau sebagai makanan.

Namun jangan heran, kuku macan yang dimakan bukanlah kuku macan asli, hanya kebetulan namanya saja yang sama. Kuku Macan merupakan makanan seperti kerupuk khas Balikpapan.

Kerupuk yang juga dikenal dengan kerupuk amplang ini terbuat dari tepung tapioka dan ikan tenggiri. Bentuknya sama dengan kuku macan, sehingga menjadikannya sebagai kuku macan.

3. Tahu Gimbal

Mengenal-Nama-Nama-Gimbal-Indonesia-Unik-dan-Aneh

Kuliner selanjutnya yang dimiliki nama makanan indonesia yang aneh adalah Tahu Gimbal.

Makanan atau kuliner unik ini merupakan makanan khas kota Semarang yaitu tahu gimbal yang juga diburu oleh para wisatawan.

Makanan tahu gimbal sangat nikmat untuk dijadikan santapan selain Lumpia dan Bandeng Presto Semarang saat berwisata ke Semarang.

Makanan ini terdiri dari campuran tahu goreng, tauge, telur dan lontong serta disajikan dengan taburan bumbu kacang.

Rasa Tahu Gimbal begitu khas karena menggunakan bumbu terasi.

Jadi mengapa disebut Tahu Gimbal?

Nama gimbal di sini bukan diambil dari penjualnya yang punya gimbal, melainkan gimbal adalah donat yang terbuat dari udang yang digoreng dengan tepung hingga garing.

Makanan renyah ini disajikan dengan campuran lontong dan tahu. Anda harus mencobanya jika Anda mengunjungi kota Semarang.

Baca juga : Jenis nasi goreng di Indonesia

4. Sate Kere

Sate-Kere-Nama-Makanan-Unik-dan-Aneh-Indonesia

Sate Kere adalah salah satu nama makanan Indonesia yang unik dan aneh. Dalam bahasa Jawa Pengemis cara miskin.

Meski disebut kere, cita rasa masakan bernama sate kere ini jauh dari kata kere.

Bukan hanya namanya saja yang terdengar aneh, sate ini juga unik dari sate pada umumnya. Sate kere menggunakan daging sapi yang pada setiap pemotongannya mengandung sebagian daging yang bercampur lemak. Daging ini dibuat untuk sate kere.

Sekalipun daging yang digunakan banyak mengandung lemak babi atau lemak, sate kere tidak akan tersangkut di tenggorokan. Berbeda dengan kebanyakan olahan lemak babi yang terasa seperti tersangkut di tenggorokan.

Jika sate lain menggunakan kecap atau saus kacang, sate ini tidak menggunakan kedua saus sambal tersebut.

Sebelum dibakar, daging sapi yang sudah ditusuk akan dilumuri dengan bumbu yang terbuat dari bawang putih, ketumbar, merica, gula aren dan beberapa bumbu lainnya. Selain dibumbui, sate ini langsung dipanggang tanpa ada proses perebusan daging terlebih dahulu.

Disebut sate kere karena harganya yang murah membuat semua orang yang menikmatinya, bahkan orang-orang asik banget.

Baca juga : Produk asli Indonesia yang terkenal

5. Lalat negara

Sate-Lalat-Unik-dan-Aneh-Nama-Makanan-Indonesia

Sate daging yang juga menjadi nama masakan Indonesia yang unik dan aneh. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa makanan ini disebut sate lalat, jangan dikira daging satenya adalah lalat.

Bahannya bukan lalat, melainkan ayam dan kambing, sama seperti sate pada umumnya.

Lalu kenapa disebut sate lalat?

Ini karena daging dipotong kecil-kecil agar terlihat seperti lalat. Berbeda dengan sate biasa yang dipotong dadu.

Sate khas Madura ini dilengkapi dengan bumbu kacang yang nikmat dan memiliki kekhasan daging yang empuk karena proses pemanggangannya yang tidak terlalu lama.

6. Kerupuk yang buruk

Kerupuk-Deprivasi-Nama-Makanan-Unik-dan-Aneh-Indonesia

Kerupuk Melarat adalah salah satu nama kuliner khas Indonesia. Mengerikan sekali mendengar kata fakir, seperti mimpi buruk ketika seseorang dinyatakan fakir.

Tapi pria malang ini dicintai oleh hampir semua orang. Kerupuk fakir adalah jajanan khas yang terbuat dari tepung tapioka kota Cirebon.

Makanan kerupuk habis ini sangat mudah ditemui di daerah Cirebon dan Indramayu. Jika anda berkunjung ke Cirebon selain melihat Kesenian Cirebon Jangan lupa untuk mencicipi kerupuk ini.

Disebut miskin karena jajanan ini tidak digoreng dengan minyak melainkan dengan pasir panas yang sebelumnya dibersihkan.

Karena harga minyak pada saat itu sangat tinggi, muncullah inovasi-inovasi baru dengan menggunakan pasir. Warna kerupuk yang habis ternyata sama, seperti merah, kuning, hijau, namun ada juga yang berwarna putih.

Baca juga : Masakan Indonesia dari seluruh dunia

Demikian ulasannya nama makanan indonesia yang unik dan aneh namun merupakan makanan yang sering dikonsumsi. Apakah Anda makan salah satu dari jenis makanan ini?

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button