Pantai Mesra, pantai indah dengan panorama mempesona di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Mesra, pantai indah dengan panorama mempesona di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Kukup, Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Diantara sekian banyak destinasi atau destinasi wisata, pantai selalu menjadi salah satu yang paling favorit. Hal ini terbukti dari banyaknya lokasi pantai yang selalu ramai saat liburan tiba. Salah satunya adalah Pantai Mesra di Gunung Kidul yang terbilang masih baru, namun tak pernah sepi pengunjung. Kawasan wisata ini masuk dalam wilayah Jawa Tengah, tepatnya di Yogyakarta. Meski masih baru, objek wisata ini dikelola dengan baik secara profesional.

Segera melangkah ke lokasi pantai, hamparan rerumputan hijau nan asri seakan menyambut Anda. Cukup unik bukan? Tidak banyak lokasi pantai dengan rerumputan yang menghiasi sekitarnya. Titik ini disebut juga taman oleh wisatawan, lokasinya tepat berada di pinggir pantai atau sebelum memasuki pantai. Selain itu juga terdapat pohon nyiur yang turut menghiasi keindahan pantai Mesra ini.

Sedikit informasi, kawasan pantai yang menawarkan keindahan alam unik ini tidak dikelola oleh pemerintah, melainkan oleh pihak swasta. Namun, mereka sangat profesional dengan menggunakan konsep minimalis modern. Di taman yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa melihat deretan penjual makanan khas Jawa Tengah yang berkumpul di sebuah ruangan bernama Joglo. Di belakang bangunan Joglo terdapat tebing tinggi yang juga menarik perhatian.

Objek Wisata Pantai Mesra Gunung Kidul

Objek Wisata Pantai Mesra Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Ipong Kezia

Tidak bisa dipungkiri, setiap tempat wisata pasti memiliki pesonanya masing-masing. Apakah objek wisata gunung, perbukitan, air terjun dan juga pantai. Dari segi pantai misalnya, khususnya Pantai Mesra, daya tariknya cukup banyak. Sebagian besar tidak jauh berbeda dengan spot pantai pada umumnya. Agar lebih jelas dan tidak membuat Anda penasaran, inilah daya tarik yang dimaksud!

1. Pemandangan khas pantai yang indah

Setiap pantai tentunya memiliki pemandangan laut dan pantainya sendiri yang khas. Itu juga di pantai yang juga dikenal sebagai Pantai Ngrawe. Bebatuan karang besar di pantai menjadi daya tarik tersendiri. Saat ombak besar datang, terdengar suara hantaman keras yang turut memeriahkan suasana.

Uniknya, di atas batu tumbuh rerumputan dengan warna hijau segar. Memang tidak bisa dipanjat atau didekati, tapi bisa dijadikan backdrop foto yang cantik. Pasir putihnya yang lembut juga membuat suasana ceria, terutama untuk anak-anak. Mereka bisa bermain sepuasnya dan membangun gedung untuk mengasah kreativitasnya.

2. Taman hijau yang indah

Daya tarik pantai di Mesra selanjutnya sudah sedikit kita bahas pada pembukaan di atas. Sangat menarik jika ada pantai yang mengusung konsep taman yang sangat jarang ditemukan. Kemampuan pengelola untuk menggabungkan konsep alam dan buatan telah diterima dengan baik oleh wisatawan.

Adanya bangku-bangku putih di beberapa tempat bisa dijadikan sebagai tempat istirahat saat lelah bermain-main di sekitar pantai. Bangku ini juga cocok sebagai tempat singgah sejenak sebelum memasuki pantai. Terdapat jalan setapak yang digunakan untuk menuju lokasi pantai. Taman ini juga tidak berbatasan dengan pantai yang langsung bertemu dengan pasir putih.

3. Kebersihan terjaga

Pantai memang identik dengan tempat wisata yang tidak terawasi, terutama dalam hal kebersihan. Menariknya, pantai-pantai di Jogja selalu bersih dan terawat. Tentu menjadi daya tarik tersendiri, dimana keindahannya tidak ternoda oleh sampah yang berserakan. Meski bebas membawa makanan, namun disediakan tempat sampah di beberapa tempat untuk memudahkan pengunjung membuang sampahnya.

Alamat lokasi dan rute

Alamat Pantai Mesra Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Ipong Kezia

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menawarkan banyak tempat wisata berupa pantai. Hampir semuanya letaknya strategis, sehingga tidak sulit menemukannya, termasuk Pantai Mesra. Pastikan Anda memiliki alamat lengkap di Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta sebelum Anda pergi ke sana.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, silahkan ambil jalan menuju Jalan Imogiri. Lanjutkan perjalanan ke daerah Wonosari, lalu menuju ke arah daerah Panggang. Dari sana anda tinggal lurus saja sampai menemukan Jalan Pantai Selatan dan sampailah anda di kawasan Ngepung. Karena lokasinya yang masih dekat dengan Pantai Baron, Anda harus membayar biaya yang juga merupakan tiket masuk Pantai Ngrawe.

Biaya masuk

Tiket Pantai Mesra Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Septi-ny Zilan

Bicara soal harga tiket masuk, tempat wisata berupa pantai hampir bisa dipastikan relatif murah. Kali ini malah dikatakan sangat murah karena Anda bisa menikmati dua pantai indah sekaligus dengan sekali bayar tiket masuk. Dua pantai yang dimaksud adalah Pantai Baron dan Pantai Mesra.

Harga yang harus dibayar adalah 10.000 rupiah untuk bisa masuk ke tempat wisata tersebut. Ada juga biaya lain yang perlu dibayar jika membawa kendaraan pribadi untuk sepeda motor dikenakan biaya 3.000 sedangkan mobil dikenakan biaya 5.000 rupiah. Selain itu, Anda tidak perlu membayar biaya wajib lainnya kecuali menikmati kuliner di tempat.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas pantai yang cocok di Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Nurhana Tri Utami

Pantai merupakan tempat wisata menarik yang banyak dikunjungi orang karena banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan. Hal ini juga berlaku untuk Pantai Mesra yang terdapat berbagai aktivitas menarik. Sebagai objek wisata baru, kegiatan apa yang cocok untuk pantai indah ini?

1. Permainan pasir

Mungkin tidak terlalu spesial untuk orang dewasa, tapi anak-anak pasti suka bermain pasir. Apalagi jika rumahnya berada di perkotaan yang pasir atau kotorannya jarang ditemukan. Menariknya, hamparan pasir di sana kali ini cukup luas. Jaraknya pun jauh dari bibir pantai, tempat pertama kali air laut dan pasir bertemu.

Sehingga anak-anak bisa bermain tanpa takut terganggu dengan ombak yang datang sewaktu-waktu. Membuat terowongan, membangun objek, berendam di pasir, adalah beberapa kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak di pantai. Untuk orang tua atau orang dewasa juga bisa, tidak ada aturan atau batasan umur dalam kegiatan seru ini.

2. Mainkan air

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah bermain air, tentunya Anda juga membayangkannya saat berkunjung ke pantai. Sayang sekali jika tiba-tiba disarankan untuk berenang, seperti pantai-pantai dalam hal ini. Kontur bebatuan yang mendominasi pantai tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai aktivitas mandi.

Alas berupa pasir atau tanah liat terletak agak di tengah. Ini juga tidak disarankan karena terlalu berbahaya. Gelombang tinggi yang terjadi sewaktu-waktu dapat mengancam jiwa. Seperti diketahui, pantai laut selatan terkenal dengan ombaknya yang besar dan ganas.

Untuk itu, yang terbaik adalah bermain air di pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Kalau air surut bisa masuk agak ke tengah, itu juga kalau angin tidak kencang dan ombak tenang. Jika sedang pasang sebaiknya tidak dilakukan karena tidak mengetahui dimana letak perairan dangkal dan dalam.

3. Bersantai di taman

Jika sudah puas bermain di pantai atau sebelum mengunjungi Pantai Mesra, silahkan bersantai di taman yang sudah dijelaskan sebelumnya. Bangku-bangku yang disediakan di lokasi taman ini khusus untuk pengunjung yang ingin menikmati gym di pinggir pantai. Hembusan angin laut pasti membuat ketegangan yang Anda rasakan jauh lebih rileks.

Selain tempat duduk, terdapat juga gazebo yang dibangun dengan konsep unik untuk bersantai. Gazebo dibangun mengelilingi taman sehingga terlihat keindahannya. Pengunjung yang melakukan kegiatan ini terutama yang membawa anggota keluarga, seperti istri dan anak.

4. Berburu spot foto

Aktivitas Seru di Pantai Mesra Gunung KidulKredit Gambar: Google Maps Muhammad Raziqin

Hampir semua tempat di Pantai Mesra bisa dijadikan latar foto yang menarik. Misalnya di pantai, Anda bisa menggunakan batu besar di pantai. Selain itu, laut lepas unggulan juga bisa dijadikan background dengan tema alam yang indah. Bagi para penggiat media sosial, kegiatan seperti ini wajib dilakukan.

Ada satu tempat yang bisa dibilang unik yaitu papan nama pantai cantik ini. Setiap lokasi wisata pasti memiliki keterangan nama masing-masing lokasi. Tapi kali ini bisa dibilang unik karena dilengkapi dengan deskripsi yang unik. Pernyataan itu adalah “Jangan rawat lautku Koyo Ngrat Bojoku”. Artinya, ‘Saya menjaga laut saya seperti saya menjaga istri saya’, kurang lebih begitu.

5. Berburu kuliner

Kegiatan lain yang wajib dilakukan adalah wisata kuliner, di mana Anda bisa menemukan banyak hidangan lezat dari berbagai bahan dasar. Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang artinya kuliner khasnya tidak jauh dari provinsi tersebut. Misalnya saja nasi panas, pasti Anda tahu jenis makanan olahan yang terbuat dari sayur nangka muda ini.

Selain itu, masih banyak lagi makanan, baik makanan ringan maupun berat. Ada juga yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Beberapa di antaranya adalah Bakpia, Cokelat Monggo, Mamahke Jogja dan masih banyak lagi. Jika Anda menikmati kuliner khas suatu daerah yang menjadi tujuan wisata utama, bisa dibilang liburan Anda telah usai.

6. Menikmati matahari terbenam

Tidak semua pantai bisa dijadikan waktu untuk menikmati sunset. Tergantung luasnya lokasi. Pantai Mesra terbukti tak hanya cocok untuk mengagumi panorama alamnya, tapi juga saat matahari terbit. Apalagi jika pantai cantik ini buka 24 jam sehari, artinya Anda bisa datang di pagi hari sebelum matahari menampakkan bentuknya.

Fasilitas yang tersedia

pantai yang ramahKredit gambar: Google Maps Aulia Wn

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Pantai Mesra yang terletak di Tanjungsari, Gunungkidul ini dikelola dengan baik. Dengan demikian, fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Beberapa telah disebutkan sebelumnya, yaitu tempat makan, tempat duduk santai di taman dan gazebo. Fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah mushola, toilet dan juga tempat parkir.

Bagi Anda yang berencana untuk menginap, tersedia juga penginapan dengan harga yang terjangkau. Meski murah, namun cukup nyaman untuk dinikmati sambil menikmati suasana khas malam pantai. Plus, ada fasilitas kolam renang dan katering yang siap memenuhi kebutuhan Anda.

Sebagai tempat wisata dengan pesona alam yang luar biasa, Pantai Mesra di Gunung Kidul wajib masuk dalam daftar utama yang wajib Anda kunjungi. Tak bisa dipungkiri keindahan alamnya memang memukau dengan pesona tersendiri. Fasilitas yang disebutkan sebelumnya juga terbilang cukup lengkap, bahkan bisa dikatakan sempurna.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button