Pesona Air Terjun Pelaruga, Keindahan Alam Tersembunyi di Langkat - WisataHits
wisatahits

Pesona Air Terjun Pelaruga, Keindahan Alam Tersembunyi di Langkat

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Sungai Wampu, Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Air Terjun Pelaruga adalah salah satu dari sekian banyak wisata alam yang ada di Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Air terjun yang dikelilingi hutan rindang menjadikan tempat wisata alam ini sangat cocok bagi wisatawan yang merasa lelah dengan suasana kota yang ramai. Dengan hutan hijau lebat dan air biru jernih, wisatawan akan melupakan kelelahan mereka.

Air yang mengalir di sepanjang sungai dan air terjun ini berasal langsung dari mata air yang tidak jauh dari tempat wisata, jadi jangan heran jika warnanya biru dan sangat sejuk untuk diminum. Bagi wisatawan yang datang mencoba melompat dari tempat yang cukup tinggi untuk menguji adrenalin, rasa sejuk akan terasa saat tubuh memasuki air sungai.

Wisata alam air terjun Pelaruga tidak hanya menawarkan kesejukan air sungai dan rindangnya hutan. Namun, karena hutan yang rindang dan lebat ini, banyak hewan yang bisa ditemukan di sini, seperti beberapa jenis burung yang hinggap di pepohonan. Kicau burung, deru air terjun dan suara angin yang bertiup di antara pepohonan menciptakan suasana damai.

Objek wisata air terjun Pelaruga

Air Terjun PelarugaKredit gambar: Instagram @mytrails_2you

Dari namanya saja semua orang akan menyimpulkan bahwa daya tarik wisata alam ini adalah air terjunnya. Dan memang benar air terjun dan keindahannya menjadi daya tarik utama dari tempat wisata alam ini. Namun tidak hanya itu, berikut ini beberapa tempat wisata alam lainnya yang terdapat di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

1. Air Terjun

Kekuatan utama wisata alam ini memang air terjun. Keindahan air terjun yang berpadu dengan airnya yang begitu segar dan birunya yang begitu jernih membuat tempat wisata alam ini mengundang wisatawan untuk datang, apalagi bagi yang menyukai wisata sungai dan air terjun akan sangat senang untuk datang.

Bukan tanpa alasan kesejukan air menjadi daya tarik wisata alam air terjun Pelaruga. Memang ada banyak aktivitas yang bisa dinikmati wisatawan di sepanjang sungai dari air terjun.

2. Air tawar

Tidak hanya air terjunnya saja yang indah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air di sepanjang sungai ini begitu sejuk dan indah untuk dipandang. Air yang berasal langsung dari mata air yang tidak jauh dari lokasi air terjun membuatnya sangat sejuk untuk mandi, bermain air atau bahkan meminumnya.

3. Hutan

Selanjutnya adalah hutan yang mengelilingi air terjun Pelaruga. Pepohonan tinggi yang rindang di sekitar air terjun membuat udara begitu segar. Suara burung yang hinggap di pepohonan dan angin yang membelai pepohonan menambah rasa damai dan menghilangkan stres para wisatawan yang datang ke tempat ini.

Alamat, Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Pelaruga

Alamat Air Terjun PelarugaKredit gambar: Google Maps Rudy Wibowo

Air Terjun Pelaruga terletak di provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Langkat. Atau tepatnya di Jl.Sungai Wampu, Sei Bingai, Rumah Galuh. Berjarak 50 kilometer dari ibu kota Sumatera Utara yaitu kota Medan, sekitar 1 jam 40 menit dengan kendaraan bermotor.

Untuk rute menuju tempat wisata alam ini bisa dimulai dari pusat kota Medan lalu ambil jalan menuju kota Binjai lalu menuju ke arah Namoukur. Dari Namoukur, ambil jalan menuju Wisata Alam Pelaruga di jl. Danau.

Untuk tiket masuk mengunjungi air terjun ini sebesar Rp 10.000 per orang. Dengan jam buka dari pukul 08:00 hingga 17:00. Tiket tersebut belum termasuk parkir, dimana harga parkir di tempat wisata alam ini untuk kendaraan roda 2 adalah Rp 3.000 dan kendaraan roda 4 adalah Rp 5.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Pelaruga

Aktivitas di Air Terjun PelarugaKredit gambar: Google Maps Kata Sembiring

Ada beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di taman ini. Hampir semua kegiatan yang berhubungan dengan air dapat dilakukan di sepanjang sungai. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di tempat wisata alam ini.

1. Bermain air

Yang pertama jelas bermain air, mandi, mandi, bermeditasi di bawah derasnya air terjun, melompat dari ketinggian dan merasakan serunya menyelam ke dalam air sungai. Ingatlah untuk menggunakan pelampung untuk memastikan keamanan para wisatawan yang bermain di tempat wisata alam ini.

2. Arung Jeram

Selanjutnya adalah arung jeram di sepanjang sungai. Sambil mengendarai perahu atau ban, wisatawan juga bisa merasakan keseruan dengan merasakan aliran air sungai dari air terjun.

Tidak perlu takut karena aliran air sungainya tidak terlalu deras, sehingga aman bagi wisatawan yang baru mencoba merasakan serunya arung jeram. Namun selalu gunakan pelampung agar tetap aman saat bermain.

3. Memancing

Bagi yang suka memancing, mereka juga bisa merasakan memancing di sungai ini. Tidak seperti memancing di laut, namun cukup menghilangkan stres yang berhubungan dengan suara alam akan membuat wisatawan lebih rileks.

4. Menyelam

Ada tempat yang tenang cocok untuk wisatawan yang ingin menyelam. Di tempat ini, sungai mengalir sangat lambat dan seolah berhenti mengalir. Sangat cocok bagi mereka yang ingin menyelam dan melihat dasar sungai.

5. Menikmati Aliran Air Terjun Pelaruga dan Hutan Sekitarnya

Aktivitas di Air Terjun PelarugaKredit Gambar: Facebook Traveling Medan Com

Bagi wisatawan yang tidak ingin bermain air, mereka dapat bersantai dan menikmati keindahan air terjun yang megah ini dan hutan di sekitarnya. Bersantai dan menikmati semua keindahan alam ini akan membuat wisatawan melupakan sejenak kehidupan mereka yang sibuk dan suasana hiruk pikuk kota.

6. Perkemahan

Kegiatan selanjutnya adalah berkemah atau bermalam di sekitar objek wisata alam ini. Bagi wisatawan yang menyukai alam dan suka melakukan kegiatan camping bersama teman atau keluarga, bisa mencoba bermalam di alam terbuka dengan suara air terjun mengiringi keheningan malam. Ini akan membuat pengalaman berkemah berbeda.

7. Ambil gambar

Aktivitas wajib yang harus dilakukan warga modern saat bepergian ke mana saja, termasuk berlibur, adalah berfoto. Saat Anda datang ke Air Terjun Pelaruga, Anda bisa bermain air dan menikmati keindahan alam terbuka dengan berfoto. Baik sebagai pasangan, dengan keluarga atau teman. Jadi jangan lupa membawa kamera saat merencanakan liburan ke tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Pelaruga Langkat

Fasilitas Air Terjun PelarugaKredit gambar: Google Maps Rojali Sembiring

Tidak hanya wisata alamnya yang indah untuk dinikmati atau aliran air terjunnya yang sejuk dan jernih, namun ada beberapa fasilitas tambahan yang menunjang wisata alam Air Terjun Pelaruga untuk menarik lebih banyak wisatawan untuk datang dan berlibur di tempat wisata alam ini. Berikut beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di tempat wisata alam ini.

1. Area parkir

Tempat wisata alam ini memiliki tempat parkir yang cukup luas bagi wisatawan untuk memarkir kendaraannya. Tak perlu takut untuk memarkir kendaraan di sini, karena ada penjaga yang akan menjaga kendaraan wisatawan hingga lokasi wisata tutup pada pukul 17.00.

2. Katering

Terdapat warung makan bagi wisatawan yang lapar yang ingin mencari makanan, baik itu makanan berat maupun makanan ringan. Di tempat wisata alam ini juga disediakan rokok dan kopi bagi yang ingin mencarinya. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya agar wisata alam ini tetap terjaga dan bisa dinikmati oleh wisatawan lainnya.

3. Belvedere

Lalu ada gazebo atau tempat duduk tertutup bagi wisatawan untuk bersantai dan menikmati liburannya. Gazebo ini dapat menampung hingga 5 orang dewasa dan berfungsi sebagai tempat untuk menitipkan barang bawaan saat wisatawan bermain air atau bersantai bersama orang-orang terdekat.

4. Toilet umum

Ketika wisatawan sudah puas bermain air, mereka bisa berganti pakaian di toilet umum ini. Atau bagi wisatawan yang ingin buang air besar dan kecil juga bisa ke WC umum. Ada 2 jenis toilet di tempat wisata alam ini, yaitu toilet pria dan toilet wanita untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Akomodasi

Ada beberapa hostel yang terletak di sekitar air terjun yang bisa digunakan wisatawan untuk bermalam ketika lelah seharian bermain air. Harganya juga terjangkau, mulai Rp 200.000 per malam.

Air Terjun Pelaruga merupakan tempat liburan yang ideal bagi wisatawan yang merasa pusing dan stres karena pekerjaan atau hiruk pikuk kota. Dengan suara air terjun dan pepohonan di sekitarnya, segala rasa lelah bisa berkurang. Untuk liburan bersama keluarga, sebagai pasangan atau bahkan bersama teman-teman juga sangat cocok. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button