Air terjun Pelaruga, air terjun indah super jernih di Langkat - WisataHits
wisatahits

Air terjun Pelaruga, air terjun indah super jernih di Langkat

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Rumah Galuh, Kec. Binjai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Bicara destinasi wisata di Sumatera Utara pasti tidak akan ada habisnya. Kekayaan alam dan budayanya membuat provinsi ini berpeluang memiliki banyak obyek wisata yang penting. Salah satu destinasi wisata yang bisa dicoba saat berkunjung ke Sumatera Utara adalah Air Terjun Pelaruga.

Air terjun fenomenal ini juga biasa disebut dengan air terjun Teroh-Teroh yang artinya dari bawah ke bawah. Lokasi air terjun yang berada di bawah lembah dengan sumber air yang begitu bersih dan jernih menjadi alasan mengapa nama Teroh-Teroh disematkan pada wisata alam yang indah ini.

Nama Pelaruga sendiri merupakan singkatan dari nama komunitas yaitu Rumah Galuh Nature Guide yang telah melestarikan air terjun cantik ini. Pesona alam Air Terjun Pelaruga yang selalu terjaga menjadikannya destinasi favorit para wisatawan yang mendambakan suasana wisata yang asri dan alami.

Objek wisata air terjun Pelaruga

Objek wisata air terjun PelarugaKredit gambar: Instagram Grand Mercure Medan Angkasa

1. Panorama alam yang mempesona

Kelestarian alam yang terjaga selama ini membuat air terjun ini berhasil mempertahankan keindahan panorama alam yang dikandungnya. Pesona alam air terjun yang indah ini mampu memukau siapa saja yang melihatnya.

Pesona Air Terjun Pelaruga semakin diperkuat dengan pepohonan yang tumbuh subur di sekitarnya. Panorama alam wisata mungil ini masih mampu membuat pengunjung betah berlama-lama menikmatinya.

2. Airnya sangat jernih

Kondisi alam yang masih asri membuat sumber air yang mengalir di air terjun ini terjaga kebersihan dan kejernihannya. Saking jelasnya, pengunjung bahkan bisa melihat dasar air terjun yang indah ini.

3. Kolam Abadi

Objek wisata yang dimiliki Air Terjun PelarugaKredit gambar: Twitter viRuzUpin

Saat berkunjung ke sini, pengunjung akan disuguhkan wisata alam bernama Kolam Abadi. Sumber air kolam ini berasal dari Air Terjun Pelaruga dan Air Terjun Tongkat sehingga menciptakan kolam yang begitu jernih dan bersih.

Tak hanya itu, kolam biru kehijauan abadi ini menciptakan pemandangan yang sangat menarik. Daya pikat kolam abadi selalu membuat pengunjung tak kuasa menahan diri untuk berenang dan berendam.

4. Tongkat Kaskade

Salah satu pesona alam lain yang bisa Anda temukan di wisata keren ini adalah air terjun Tongkat. Air terjun yang masih satu tempat dengan menara fenomenal ini memiliki kekhasan tersendiri, yakni adanya tongkat kayu yang melintang di antara kolam dan tebing air terjun.

Memiliki air yang sama jernihnya, kedua air terjun cantik ini menciptakan kolaborasi alam yang begitu indah. Keberadaan air terjun tongkat ini semakin mempercantik panorama alam Pelaruga.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun PelarugaKredit Gambar: Instagram Jelajahi Sumatera

Keindahan alam Air Terjun Pelaruga mudah diakses. Bagaimana tidak, untuk mencapai tempat wisata keren ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Binjai atau 2,5 jam dari pusat kota Medan. Air terjun cantik ini terletak di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Jika Anda berangkat dari kota Medan, Anda bisa mulai dari Jl Guru Patimpus, lalu menuju ke Jl Gatot Subroto dan lurus ke Jl Lintas Sumatera Utara. Setelah itu ambil Jl Gajah Mada dan belok ke Jl Cendrawasih.

Kemudian ambil Jl Sei Lepan untuk sampai ke Jl Jamin Ginting. Lanjut ke Jl Jamin Ginting, lalu pilih arah Namu Ukur Tengah. Ikuti saja jalan menuju pintu masuk wisata.

Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Bandara Kuala Namu atau Pelabuhan Belawan, Anda bisa menempuh jalur Trans Sumatera menuju Jl Gajah Mada. Kemudian belok kanan menuju Jl Diponegoro menuju Jl Cendrawasih. Ikuti saja jalan tersebut hingga memasuki Namu Ukur Tengah dan pintu masuk wisata.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun PelaraguKredit gambar: Instagram Zulfikar Mahran

Biaya untuk menikmati semua keindahan yang ditawarkan Air Terjun Pelaruga tidaklah terlalu mahal. Cukup merogoh kocek Rp 10.000 per orang dan Anda sudah bisa menikmati panorama air terjun yang mempesona ini.

Jika Anda ingin menggunakan layanan ini Pemandu wisata para Rangers, biaya masuk untuk tour adalah Rp 50.000 per orang. Jangan khawatir, biaya tersebut sudah termasuk dalam paket lengkap yaitu biaya parkir, tiket masuk, toilet dan Pemandu wisata yang akan memandu Anda dalam perjalanan Anda di sini.

Aktivitas Seru Di Air Terjun Pelaruga

Aktivitas Seru di Air Terjun PelarugaKredit gambar: Instagram mytrails_2you

1. Berenang di Kolam Abadi

Salah satu destinasi lain yang tersedia di Air Terjun Pelaruga adalah Kolam Abadi. Wisatawan dapat menggunakan kolam ini untuk berenang atau sekedar bermain air. Air kolam yang jernih dan sejuk tentu sangat menggoda wisatawan untuk segera terjun ke kolam tersebut.

Nikmati serunya berenang di air yang jernih dan sangat segar ini. Selain berenang, Anda juga bisa menikmati pernak-pernik batu karang yang cantik di dasar kolam.

2. Arung jeram

Air terjun yang indah ini juga menghasilkan aliran yang memiliki arus yang cukup tenang dan sangat jernih. Bagi Anda yang menyukai tantangan, Anda bisa mencoba salah satu aktivitas unik di sini yaitu Body Rafting.

Tubuh Anda akan terbawa arus sungai dengan pemandangan alam yang memanjakan mata selama perjalanan. Perjalanan Anda di sepanjang sungai ini akan berakhir di Kolam Abadi yang megah.

3. Berburu Foto

Keindahan panorama alam sirkuit cantik ini tentu sayang jika dilewatkan. Pastikan untuk mengabadikan momen indah di Air Terjun Pelaruga.

Jernihnya air terjun yang dihiasi dengan berbagai flora yang tumbuh subur di sekitarnya tentunya menjadi spot foto yang sangat indah. Kejernihan air di air terjun yang sejuk ini bahkan bisa Anda gunakan sebagai spot foto bawah air. Gradasi warna biru-hijau dan bebatuan kecil yang cantik sebagai latar belakang akan menghasilkan foto yang sangat keren.

4. Menikmati keindahan air terjun

Air terjun ini selalu berhasil memikat hati para pengunjung dengan pemandangan alam yang begitu memanjakan mata. Jernihnya air terjun yang dikelilingi hamparan hijau flora ini menciptakan mahakarya yang sungguh sempurna. Tak heran jika pengunjung sangat nyaman tinggal di sini.

5. Mainkan lompatan bebas

Aktivitas Seru di Air Terjun PelarugaKredit gambar: Google Maps Rudy Wibowo

Keistimewaan kawasan air terjun yang dikelilingi tebing dan sungai ini memang sangat menarik untuk dijadikan arena lompat bebas. Sungai yang memiliki kedalaman lebih dari 2 meter ini selalu dimeriahkan oleh suara pengunjung yang melompat bebas.

Aktivitas pemacu adrenalin ini wajib kamu coba agar liburanmu semakin seru dan menantang. Adrenalin Anda akan terpacu saat melompat dari atas tebing dari ketinggian minimal 4 meter yang langsung menuju ke sungai di bawahnya. Bagi yang belum mahir berenang, tidak perlu khawatir, karena sudah tersedia pelampung sebagai alat pengaman.

6. Mendaki

Aktivitas menarik lainnya yang siap memacu adrenalin Anda saat berkunjung ke Air Terjun Pelaruga adalah hiking di kawasan wisata. Selain melakukan arung jeram, Anda juga bisa melakukannya melakukan perjalanan atau berjalan kaki untuk mencapai berbagai destinasi perairan di wisata Pelaruga ini.

Kontur kawasan dengan ketinggian berbeda akan menjadi jalur yang sangat sulit. Adrenalin Anda akan diuji menyusuri jalan setapak dengan medan yang cukup terjal.

7. Bersantai di gazebo

Bagi Anda yang tidak ingin basah, tidak perlu khawatir. Anda bisa menikmati panorama alam air terjun yang indah ini hanya dengan duduk santai di gazebo-gazebo yang telah disediakan.

Suasana asri di sekitar air terjun akan selalu siap menemani Anda menghabiskan waktu santai di sini. Duduk santai sambil menyeruput keindahan air terjun yang begitu menawan dengan semilir angin yang sejuk pasti akan membuat liburan Anda semakin tenang dan damai.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Instalasi Air Terjun PelaraguKredit gambar: Google Maps Rama Siregar

Berbagai fasilitas telah disiapkan pengelola wisata untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung. Fasilitas terapung telah disediakan sebagai alat keselamatan bagi wisatawan yang bermain air di area air terjun. Tidak hanya itu, Pemandu wisata juga disediakan untuk memandu dan menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Fasilitas umum seperti toilet atau kamar mandi yang nyaman dan bersih juga tersedia di lokasi wisata. Air Terjun Pelaruga juga telah dilengkapi dengan gazebo-gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat dan bersantai sambil menikmati pemandangan air terjun.

Selain itu, wisata menawan ini telah dilengkapi dengan lahan parkir yang memadai untuk mobil dan motor. Warung makan di sekitar wisata juga selalu siap melayani wisatawan dengan menu yang cukup terjangkau. Bagi Anda yang ingin bermalam, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas akomodasi yang ada di sekitar tempat wisata.

Berbagai pesona panorama alam yang terbingkai indah di Air Terjun Pelaruga mampu memikat wisatawan untuk berkunjung. Menikmati dua air terjun sekaligus dengan keindahan Kolam Abadi selalu menjadi tawaran menarik untuk wisata fenomenal ini yang sayang untuk dilewatkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button