Tiket dan Koleksi Museum Benteng VREDEBURG - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Koleksi Museum Benteng VREDEBURG

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg: Rp 2.000 – Rp 3.000 Jam Buka: 08:00 – 16:00 WIB Telp: 0274586934 Alamat: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55122

Berwisata sambil menambah wawasan sejarah Indonesia di Yogyakarta, Museum Benteng Vredeburg tempat. Terletak di jantung kota Yogyakarta, tepatnya di sisi utara Keraton Yogyakarta. Bangunan yang didirikan pada tahun 1765 ini telah menjadi cagar budaya.

Bangunan bersejarah yang berdiri di atas tanah seluas ± 2100 m² ini pernah menjadi benteng. Benteng Vredeburg telah menjadi saksi perjuangan rakyat melawan penjajah. Pada tahun 1985 Benteng Vredeburg diubah menjadi museum. Di museum ini terdapat beberapa peninggalan sejarah berupa realia dan replika.

Harga tiket Museum Benteng Vredeburg

Harga tiket masuk yang ditawarkan sangat terjangkau. Pengunjung akan dikenakan biaya antara Rp 2.000 hingga Rp 10.000.

Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg
Anak Rp2.000
Dewasa Rp 3.000
turis asing Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk TAMAN PINTAR dan Wahana di Yogyakarta

Syarat mengunjungi Museum Benteng Vredeburg:

  • Datang dalam keadaan sehat.
  • Sudah divaksinasi minimal dosis 1.
  • Hormati protokol kesehatan.
  • Memiliki aplikasi PeduliLindung dan memindai kode QR.
  • Anak-anak dapat masuk asalkan orang tua telah menerima vaksin.

Jam Buka Museum Benteng Vredeburg

Jika Anda mengunjungi museum, pastikan Anda tidak datang pada hari Senin. Museum tutup pada hari Senin dan Idul Fitri/Adha.

Jam buka
Selasa – Minggu 08:00 – 16:00 WIB

Hari libur nasional tetap buka (kecuali Senin atau Idul Fitri/Adha)

Kegiatan menarik di Museum Museum Benteng Vredeburg

pintu masuk ke kastil vredebourgpintu masuk benteng vredeburg foto:/instagram/museum.benteng.vredeburg

Museum sejarah ini semakin berinovasi untuk menarik pengunjung. Berkat program-program yang ditawarkan, museum kini menjadi tempat favorit bagi anak-anak dan remaja.

Pengunjung kini dapat mengunduh aplikasi Artifact sebagai panduan saat mengunjungi museum. Dengan aplikasi ini, pengunjung dapat menjelajahi diorama demi diorama sambil memindai koleksi.

Di museum ini, aplikasi hanya bisa digunakan di Diorama II dan Diorama III. Hanya dengan memindai kode batang yang ditunjukkan, pengunjung akan menerima deskripsi hasil pemindaian.

Baca: Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu & 3 Aktivitas Terbaik

Koleksi Diorama Museum Benteng Vredeburg

Saat memasuki museum, pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai koleksi diorama. Ada 4 diorama yang dipamerkan diantaranya;

aku diorama: Terdiri dari 11 minirama yang menggambarkan peristiwa dari masa Pangeran Diponegoro sampai pendudukan Jepang di Yogyakarta.

Baca: Tiket Masuk Museum MERAPI dan 6 Kegiatan Pilihan

diorama sayadiorama saya

Diorama II : Terdiri dari 19 minirama yang menggambarkan peristiwa sejarah, dari proklamasi kemerdekaan hingga agresi militer Belanda di Indonesia

Ruang Diorama II-Ruang Diorama II

Diorama II : Terdiri dari 18 mini-rama yang menggambarkan peristiwa dari Kesepakatan Renville hingga pengakuan kedaulatan AS atas Indonesia.

Diorama IV : Terdiri dari 7 minirama yang menggambarkan peristiwa sejarah dari periode Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga era Orde Baru.

Ruang pamer diorama IVRuang pamer diorama IV

Kunjungan malam

Untuk kegiatan ini, pengunjung akan dibatasi. Prosesnya cukup sederhana dengan mendaftar melalui akun Instagram resmi Museum. Kegiatan ini merupakan konsep terbaru untuk menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme. Sasaran utamanya adalah anak muda, karena orang tua juga diperbolehkan.

Aktivitas Pesiar Malam di Museum Benteng VredeburgAktivitas Pesiar Malam Museum

Tur Malam Museum berbentuk permainan kolektif. Sambil menikmati suasana malam hari di gedung kolonial, pengunjung akan belajar tentang sejarah bangsa Indonesia.

departemen publikasi

Museum sedang dalam proses menambahkan layanan penerbitan. Instalasi ini dihadirkan dalam bentuk alat musik untuk menunjang ekspresi seni bagi sahabat museum. Berkolaborasi dengan beberapa siswa berbakat dari sekolah musik ternama di Yogyakarta untuk melengkapi fasilitas ini.

layanan pos disediakan di benteng vredeburglayanan pos disediakan di benteng vredeburg

Pengunjung yang hadir juga dapat menikmati pertunjukan musik di Departemen Publikasi. Layanan ini merupakan bentuk inovasi dalam terwujudnya layanan edukasi yang playful di museum.

olahraga sehat

Setiap Jumat pagi, museum menyelenggarakan senam sehat. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh karyawan Museum. Latihan pagi ini terbuka untuk pengunjung yang ingin mengendurkan otot-otot yang tegang. Dipandu oleh instruktur gym yang handal, pengunjung akan merasakan tubuhnya semakin bugar.

Olahraga sehat di halaman museumKegiatan senam sehat di halaman Museum.

Sorotan foto gaya klasik

Posisi museum berada di tengah pusat wisata Yogyakarta. Lokasinya yang strategis akan menarik banyak wisatawan, terutama karena gaya arsitektur bangunannya. Pengunjung seolah dibawa kembali ke zaman penjajahan Belanda.

spot foto terbaikSpot foto terbaik juga terdapat di sekitar area museum.

Ciri khas bangunan benteng adalah tebalnya dinding dan parit yang mengelilinginya, dilengkapi dengan bastion di keempat sudutnya. Tak heran banyak pengunjung yang mengabadikannya dalam bentuk foto. Bahkan ada yang siap menyiapkan dress code untuk mendapatkan kesan klasik.

Instalasi museum benteng Vredebourg

Fasilitas yang tersedia di museum juga cukup lengkap untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Toilet bersih, mushola, ruang audiovisual, kantin dan kafe.

Alamat museum benteng Vredebourg

Museum sejarah ini terletak di pusat kota Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari Keraton Yogyakarta tepatnya di Jl. Gen. A. Yani No. 6, Yogyakarta 55224, Indonesia.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button