Kesegaran Sendang Krisan Banyuwangi, Tempat Pemandian Bidadari Terpercaya - WisataHits
Jawa Timur

Kesegaran Sendang Krisan Banyuwangi, Tempat Pemandian Bidadari Terpercaya

Liputan6.com, Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi sudah lama dikenal dengan keindahan alamnya. Ada banyak kawasan wisata yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke kabupaten yang dijuluki “Sunrise of Java”.

Salah satunya adalah Wisata Alam Sendang Seruni yang terletak di Desa Tamansari Kecamatan Licin.

Disini panorama alamnya masih asri dan sumber mata air alami yang segar. Cocok untuk mereka yang membutuhkan penyembuhan setelah lelah bekerja.

Pemandian alami ini bersumber dari 7 mata air alami yang dipadukan dengan pelestarian hutan bambu.

Bahkan ada rumor yang berkembang di masyarakat bahwa 7 mata air alami di kawasan Sendang Sruni ini konon bisa awet muda.

Kepala Pokmas Sendang, Sruni Karsono mengungkapkan, wisata alam ini dulunya merupakan sumber mata air jernih yang mengalir dari salah satu gunung di ujung barat Desa Wisata Tamansari.

Sumbernya dulu mengalir ke sebuah danau kecil, yang sering digunakan oleh penduduk setempat untuk mandi.

“Menurut nenek moyang kita, Sendang Seruni pernah dibuat untuk memandikan bidadari, sehingga dipercaya bisa awet muda,” kata Karsono, Senin (9/5/2022).

Karsono mengatakan Sendang Sruni masih merupakan kawasan hutan sebelum dikembangkan sebagai objek wisata. Itu akhirnya diambil alih oleh kelompok masyarakat lokal pada tahun 2014.

“Wisata yang dibuka pada tahun 2014 ini sangat populer saat itu dan mulai ramai pengunjung pada tahun 2019 hingga sekarang. Alhamdulillah Sendang Seruni telah mendongkrak perekonomian masyarakat karena UMKM diisi oleh warga sekitar,” ujarnya.

Sendang Seruni merupakan destinasi wisata alam yang tersembunyi di tengah taman. Sendang Seruni berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Banyuwangi atau dapat ditempuh dengan mobil dalam waktu 30 menit.

Sayangnya Taman Purwo Banyuwangi memiliki alam yang sangat indah, salah satu tempat wisata yang terkenal adalah Padang Savanah Sadeng. Pengunjung dapat menikmati taman dengan habitat aslinya yang tersebar di seluruh sabana ini.

Source: surabaya.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button