Pertamina Tanjung Wangi Pasang 50.000 Terumbu Karang di Bangsring Underwater - WisataHits
Jawa Timur

Pertamina Tanjung Wangi Pasang 50.000 Terumbu Karang di Bangsring Underwater

BANYUWANGI – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Integrated Terminal Tanjung Wangi menenggelamkan lima puluh ribu terumbu karang di Destinasi Wisata Bawah Laut Bangsring Selasa (15/11).

Kegiatan ini merupakan komitmen Pertamina untuk mendukung upaya konservasi terumbu karang untuk melestarikan keanekaragaman hayati bawah laut dan DTWA (Daya Wisata Alam Bawah Laut) baru di Kawasan Bawah Air Bangsring.

Bangsring Underwater merupakan salah satu mitra sponsor Pertamina Integrated Terminal Tanjung Wangi yang berlokasi di Underwater Conservation Program. Kegiatan penenggelaman terumbu karang ini dilaksanakan atas kerjasama Pertamina Terminal Terpadu Tanjung Wangi dengan Pokdarwis Destinasi Wisata Bawah Laut Bangsring dan mahasiswa dari Universitas Brawijaya, Malang.

Terumbu karang yang terendam didesain sesuai dengan bentuk logo Pertamina menggunakan metode “Five Fingers” yaitu cetakan media terumbu karang dengan alas cor berbentuk persegi dan direkatkan lima tabung sehingga membentuk lima Jari.

Ketua Pokdarwis Bunder Sukirno juga hadir dalam kegiatan ini. “Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan saya sangat senang dengan komitmen Pertamina untuk selalu berpartisipasi dalam kegiatan konservasi terumbu karang. Upaya konservasi lima puluh ribu kerang ini baru pertama kali kami lakukan. Saya berharap komitmen ini akan terus berlanjut di masa mendatang dan tentunya membawa manfaat tidak hanya bagi alam tetapi juga bagi masyarakat yang hidup dari eksploitasi sumber daya alam laut,” tandasnya.

Pembuangan 50.000 bibit terumbu karang merupakan upaya pelestarian keanekaragaman hayati yang telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir.

“Kami akan terus berupaya melakukan upaya perlindungan lingkungan baik di darat maupun di bawah air, sejalan dengan komitmen Pertamina terhadap perlindungan lingkungan yang telah kami lakukan selama beberapa tahun terakhir. Pembuangan lima puluh ribu bibit terumbu karang merupakan salah satu bentuk upaya kami melestarikan biota bawah laut untuk melestarikan keanekaragaman hayati. Kami berharap semua orang dapat merasakan manfaat dari kegiatan ini,” ujar Andrie Buana, Manajer Terminal Terpadu Pertamina Tanjung Wangi.

Kepala Kom., Bahn. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menyatakan pelaksanaan program CSR Pertamina sejalan dengan implementasi Environmental, Social and Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs). Pertamina selalu berusaha mengelola bisnis perusahaan secara berimbang. Untuk menjaga keberlangsungan operasi perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program-program CSR khususnya di wilayah operasi perusahaan.

“Kami berharap melalui kegiatan penenggelaman terumbu karang ini dapat membantu menyelamatkan terumbu karang di Indonesia, dalam hal ini Kabupaten Banyuwangi. Seperti yang kita ketahui, tindakan konservasi harus dilakukan untuk mencegah terumbu karang di Indonesia dari kepunahan. Terumbu karang yang punah akan berdampak pada kelangkaan ikan, yang merupakan sumber ekonomi bagi nelayan.”

“Selain itu, terumbu karang tidak lagi dapat menyerap karbondioksida dari dalam bumi, artinya bumi akan banyak mengandung karbondioksida. Semoga kita selalu dapat bekerja sama, baik masyarakat maupun pemangku kepentingan, untuk melestarikan keanekaragaman hayati di sekitar kita,” pungkas Deden. (*/jai)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button