Perkiraan volume penumpang kereta liburan Natal Daop 7 akan meningkat secara signifikan - WisataHits
Jawa Barat

Perkiraan volume penumpang kereta liburan Natal Daop 7 akan meningkat secara signifikan

Daop 7 Madiun memperkirakan trafik penumpang naik 50 persen dibanding 2021

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun memperkirakan trafik penumpang kereta api selama libur Natal 2022 akan meningkat signifikan di sejumlah stasiun di wilayahnya dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Peningkatan jumlah penumpang yang signifikan diperkirakan. Ada kemungkinan naik sekitar 50 persen dibanding penjualan Natal tahun lalu,” kata PR Manager PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Supriyanto di Madiun, Selasa.

Menurut data, Daop 7 Madiun melayani 181.207 pelanggan selama libur Natal 17-28 Desember 2021. Volume ini diperkirakan akan meningkat secara signifikan tahun ini.

Menurut Supriyanto, proyeksi peningkatan arus penumpang selama liburan Natal ini disebabkan tingginya minat penumpang untuk menggunakan jasa kereta api sejalan dengan kasus COVID-19 yang saat ini terkendali.

Selain itu, aturan yang diberlakukan pemerintah di tempat wisata secara bertahap dilonggarkan, sehingga masyarakat juga giat berwisata.

Kenaikan volume tahun ini juga didukung oleh banyaknya perjalanan KA yang dibatalkan tahun lalu karena pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Supriyanto mengatakan, pada momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, khususnya di stasiun Madiun, terjadi 46 perjalanan KA jarak jauh dan 10 KA tambahan.

Pihaknya juga menilai antusias calon penumpang untuk menggunakan kereta api sebagai alat transportasi cukup tinggi. Hal itu terlihat pada beberapa KA kelas eksekutif, seperti KA Gajayana dan KA Bima yang rata-rata terisi 80-90 persen selama libur Natal ini.

Supriyanto mengatakan jalur yang paling banyak diminati masyarakat di kawasan Daop 7 Madiun adalah jalur Madiun-Surabaya, Madiun-Yogyakarta, Madiun-Pasar Senen (Jakarta), Madiun-Lempuyangan (Yogyakarta) dan Madiun-Kiaracondong (Bandung).

Pihaknya terus memperketat protokol kesehatan perjalanan kereta api selama masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Hal itu sejalan dengan Surat Edaran Dinas Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 untuk mencegah penularan COVID-19.

Di kereta jarak jauh, penumpang yang berusia di atas 18 tahun harus mendapatkan vaksinasi ketiga (penguat). Sedangkan pelanggan berusia 6 hingga 17 tahun harus mendapatkan vaksinasi kedua.

Meski aturan mengenai syarat bepergian dengan kereta api tidak berubah, masyarakat diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“KAI selalu mengikuti dan mematuhi semua peraturan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 di angkutan kereta api,” ujarnya. Sesuai jadwal, KAI menetapkan periode angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 berlaku untuk keberangkatan mulai 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Sumber: Antara

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button