Ini 7 Makanan Banten yang Wajib Kamu Coba - WisataHits
Jawa Barat

Ini 7 Makanan Banten yang Wajib Kamu Coba

PITA – Jajanan Banten patut dicoba bagi Anda yang berkesempatan berkunjung ke tanah air Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya yang sangat beragam bahkan tidak lepas dari kekhasan masing-masing daerah yang patut untuk dicoba.

Provinsi Banten merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki beragam makanan khas. Dikenal di seluruh wilayahnya karena wisata pantainya, provinsi ini menawarkan segalanya mulai dari makanan berat hingga makanan ringan yang patut dicoba. Nah berikut ini adalah gambaran tentang makanan khas Banten yang dirangkum oleh VIVA dari berbagai sumber.

1. Pecak Bandung

Bandeng pecak merupakan salah satu makanan khas Kota Serang, ibu kota provinsi Banten dan mudah ditemukan di Jakarta. Nah, makanan khas Bantener ini biasanya disiapkan untuk para petani untuk makan siang di sawah. Bahan utamanya cuma dua, pucuk dan bandeng. Jika Anda adalah seseorang yang menyukai makanan pedas, Anda harus mencoba Pecak Bandeng.

Karena Peak adalah sebutan untuk sambal dengan irisan jeruk nipis. Rasanya pedas dan segar bercampur dengan ikan bandeng asin. Makanan ini juga sering dibumbui dengan bumbu khas Banten. Pecak bandeng lebih lengkap dengan nasi putih hangat dan es teh manis. Wow, jadi bisa dibayangkan betapa enaknya bukan?

2. Tandai nasi bakar

Tulang sumsum tulang dan lingkaran sumsum tulang bakar adalah salah satu hidangan khas serang yang wajib dicoba. Panggangan lingkar sumsum tulang sudah terkenal dan menjadi simbol warga Banten. Selain itu, tentunya kita sudah mengetahui bahwa nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia.

Jadi, terbuat dari apa lingkaran sumsum tulang panggang? Bahan baku yang dibutuhkan untuk memproduksi makanan khas Banten ini adalah beras, sumsum tulang sapi, minyak sayur, serai, daun pisang dan bahan penolong lainnya. Kemudian nasi bakar dibungkus dengan daun pisang.

Tekstur sumsum tulang yang meleleh meresap ke dalam nasi, dan aneka bumbunya semakin membuat nasinya semakin gurih dan nikmat. Aroma rempah yang harum memiliki rasa pedas yang akan membuat Anda ketagihan. Jika tertarik, tidak ada salahnya untuk mencoba nasi bakar sumsum tulang saat berkunjung ke Serang!

3. Nasi Ketan

Pernah makan nasi ketan? Jajanan ini sering dijadikan sebagai santapan berbuka puasa oleh warga Banten. Seperti namanya, beras ketan merupakan bahan baku utama yang digunakan untuk membuat beras ketan. Nah, ketan ditumbuk dan biasanya dibumbui dengan garam dan gula secukupnya.

Kemudian letakkan ketan yang sudah dihaluskan di atas nampan yang dialasi daun kelapa. Biarkan dingin, lalu makan serundeng bersama. Serundeng sendiri berasal dari kelapa yang direbus dan dibakar. Sebelum melakukan ini, kelapa harus digiling sampai halus agar tidak menggumpal saat dimasak.

4. Buram

Makanan khas Banten ini sering dijadikan oleh-oleh dan bisa ditemukan di berbagai daerah di Jakarta dan sekitarnya. Sebenarnya sarung tangan ini terbuat dari apa? Nah, jajanan renyah ini dibuat dari nasi atau tepung tapioka yang dicampur air, dibumbui dan ditumbuk menjadi adonan yang lembut.

Kemudian adonan dikeluarkan sebagian dan ditipiskan, kemudian dikeringkan. Kemudian buram dipanggang dan dengan demikian renyah. Buram juga bisa dibuat dari tepung ketan atau tepung tapioka. Hidangan ini sangat cocok untuk camilan keluarga. Jika Anda ingin mencoba, sekarang ada banyak penjual tidak jelas dari berbagai jenis yang dapat Anda temukan.

5. Kue Jojorong

Sudah pernah mencoba kue jojorong? Makanan khas Banten ini bercirikan tekstur lembut yang lumer di mulut, dengan rasa asin dan manis. Kue ini banyak terdapat di pasar tradisional dan sering dijadikan menu sarapan warga Banten.

Kue jojorong terbuat dari tepung kanji, tepung beras dan gula merah. Kelihatannya sederhana, tapi rasa yang diberikan kue jojorong sebenarnya tidak biasa. Sekilas, kue jojorong seperti bubur sumsum tulang putih dengan tekstur yang lembut.

Bedanya, rasa asin yang terkandung dalam bubur ini berpadu dengan manisnya gula merah cair. Pernahkah Anda membayangkan nikmatnya kue jojorong? Anda dan keluarga pasti menyukai kue jojorong karena rasanya yang manis dan gurih. Penyajiannya juga unik, bahkan menggunakan daun pisang untuk menambah cita rasa.

6. Gipong

Gipang juga salah satu jajanan khas Banten yang wajib kamu coba! Makanan ini juga sering dijadikan oleh-oleh setelah mengunjungi kota Serang di Banten. Camilan ini juga mudah ditemukan pada hari raya seperti Idul Fitri atau Idul Adha.

Gipang terbuat dari beras ketan putih atau merah, yang kemudian dibentuk kotak persegi panjang. Gipang dicampur dengan gula pasir dan air asam jawa, sehingga teksturnya lengket dan garing terasa saat menggigit makanan ini. Menu yang satu ini cocok sebagai camilan keluarga dengan harga yang terjangkau.

Kini varian gipang semakin banyak, seperti gipang rasa pandan, gipang selai kacang dan gipang gula merah. Namun, sebelum mencoba varian ini, disarankan untuk mencicipi gipang asli Banten dan rasa aslinya.

7. Sate Bandeng

Umumnya, sate dibuat dengan ayam atau domba. Sudah pernah mencoba sate bandeng? Kedengarannya menarik bukan? Sate bandeng merupakan salah satu signature dish di Banten dan harus kamu coba juga, lho! Saat menyiapkan sate, duri bandeng dihilangkan terlebih dahulu.

Kemudian daging ikan dicampur dengan santan dan bumbu dan dimasukkan kembali ke dalam ikan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang asin membuat sate ini berbeda dari yang lain. Uniknya, makanan khas Banten ini bisa bertahan hingga 3 hari.(dra)

Source: bandung.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button