Perhatian kami kepada petani sejati • Peta kota - WisataHits
Jawa Timur

Perhatian kami kepada petani sejati • Peta kota

Diagram kota Pamekasan – Siapa sangka apa yang dilakukan Ketua DPC PKS Tlanakan Pamekasan bisa menarik perhatian Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pertanian Ajib Abdullah.

Busiriyanto, Ketua DPC PKS Tlanakan Pamekasan, mengkoordinir kelompok tani di wilayahnya untuk mengembangkan pelatihan pariwisata memetik melon di wilayahnya yang terkenal tandus.

Inovasi ini melakukan panen perdana, 2,5 ton ludes hanya dalam waktu 2 hari.

Selain itu, Busiriyanto mengakui petani juga mendapat untung lebih dari penjualan konvensional.

“2,5 ton berasal dari 2000 pohon. Sekarang kami telah menanam 7000 pohon. In syaa Allah hasilnya akan terus meningkat. Mohon doanya,” ujarnya.

Busiriyanto mengaku sudah banyak berdiskusi dengan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan DPW PKS Alwi Burhanuddin untuk menanam melon dan semangka.

“Sebelum kami menanam melon dan semangka, Pak Alwi dari DPW mengunjungi kami. Ada banyak perdebatan tentang bagaimana menanam dan memasarkan melon,” katanya.

Hingga akhirnya Busiriyanto menggagas konsep wisata petik melon di tempatnya dan memanfaatkan media sosial untuk memasarkannya.

Kerja kerasnya dengan kelompok tani menarik perhatian pemerintah. Beberapa waktu lalu, Kepala Kementerian Ketahanan Pangan dan Pertanian, Aji Abdullah, mengunjunginya.

Apa yang dilakukan Busiriyanto juga diakui Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan.

Dalam kunjungannya pada Jumat 2 September 2022, Irwan memuji Busirianto.

“Pak Busiri adalah pembelajar yang cepat dan inovatif. Saya senang mendengar anggota PKS aktif mencari solusi atas permasalahan masyarakatnya,” ujarnya dalam sambutannya pada Dialog Rakyat Peningkatan Pemasaran Produk Hortikultura di Desa Sekarputih, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Irwan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Busiriyanto sebagai pemimpin kelompok tani yang terus melakukan berbagai terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Yang menarik, semangka dan melon di sini tidak dijual di pasar, tetapi pembeli datang untuk memetik langsung hasil panennya, konsep baru di Pamekasan,” katanya.

Pria berusia 46 tahun itu berjanji bahwa PKS akan terus mendukung upaya anggotanya yang secara aktif bekerja menuju solusi di masyarakat.

“Kami memiliki ladang pertanian dan perikanan, kami memiliki legislator dan akses ke pemerintah. Silakan gunakan untuk lebih mengembangkan inovasi pertanian. Insya Allah kami akan terus mendukung mereka dengan memberikan bantuan dan memantau kebijakan pemerintah,” katanya.

Saat ini, menurut Irwan, peran PKS sudah merambah ke desa-desa dengan membaur ke masyarakat dan menjadi bagian dari masyarakat yang berperan aktif dalam mencari solusi atas berbagai permasalahan masyarakat.

“Pengurus dan anggota PKS harus sekaligus bekerja sebaik-baiknya untuk NKRI, dari pusat hingga daerah,” kata Irwan.

Kedatangan PKS di Desa Sekarputih, Kecamatan Tlanakan juga disambut baik oleh para petani yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Muhammad Saleh, salah satu petani yang hadir, mengungkapkan rasa terima kasihnya.

“Mator sakalangkong PKS ingin bekerja sama dengan petani. Mohon dukungannya terus,” harapnya.

Saleh kemudian berbagi beberapa kendala yang harus didukung PKS seperti: B. kebutuhan akan sumur bor dan beberapa alat bantu pertanian.

“Bismillah, yang terpenting tetap berkoordinasi dengan DPC dan DPD. Juga ketua kelompok tani adalah ketua DPC, insya Allah akan lebih mudah,” kata Irwan.

Menurutnya, seperti DPC dan DPRa PKS, gardu-gardu tersebut siap menyuplai listrik ke desa-desa.

“Insya Allah kita cari petani beneran, jangan khawatir,” pungkas Irwan. (dk/dms)

Tampilan postingan: 557

Source: diagramkota.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button