Pergi ke Taman Dinosaurus Potorono Gratis, Wisata Anak Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Pergi ke Taman Dinosaurus Potorono Gratis, Wisata Anak Yogyakarta

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Masyarakat Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki inovasi dalam membuat objek wisata yang unik. Salah satunya adalah Potorono Edu Park atau yang dikenal masyarakat sebagai Taman Dinosaurus Potorono.

Taman Edu Potorono terletak di dekat Embung Potorono di Dusun Salakan, Desa Potorono, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul. Jaraknya sekitar 12 kilometer dari kota Yogyakarta.

“Kendaraan ini baru dibuka pada 5 Mei 2022 dan dikelola oleh BUMKal Mekarang Pono,” kata salah satu pengelola Potorono Edu Park Nur Basuki kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

Baca juga:

Munculnya ide ini berawal dari adanya bengkel produksi animatronik dinosaurus dan Dinosaurus berjalan kaki di daerah Banguntapan. Banyak anak-anak yang hanya datang untuk melihat, maka lahirlah ide untuk melakukan Potorono Edu Park.

Ada beberapa replika dinosaurus di taman, yaitu pertunjukan dinosaurus dengan pedal dan roda dan patung dinosaurus.

Ukuran patung hewan juga bervariasi, ada yang tinggi 6,5 meter, panjang 8 meter, dan lebar 2,5 meter.

Baca Juga: Taman Dinosaurus Potorono, Wisata Keluarga Baru di Bantul Yogyakarta

Patung Dinosaurus di Taman Edu Potorono, BantulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Patung Dinosaurus di Taman Edu Potorono, Bantul

Pengunjung dimanjakan dengan suasana yang asri dan sejuk, sehingga betah berlama-lama di taman dinosaurus dengan gratis masuk.

Dinosaurus naik untuk dikendarai dan jalur mini, Pengunjung akan dikenakan biaya Rp 10.000. Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang patung dinosaurus.

Nur mengatakan, jam buka Taman Dinosaurus Potorono pada hari biasa dari pukul 09.00 WIB hingga 17.30 WIB, sedangkan pada akhir pekan buka dari pukul 08.00 WIB hingga malam hari.

Baca juga:

“Peminatnya cukup tinggi, paling banyak 50 sampai 100 pengunjung di hari biasa, di akhir pekan bisa lebih dari 100 pengunjung sehari,” kata Nur.

Salah satu pengunjung, Ito, mengaku baru pertama kali berkunjung ke tempat tersebut.

“Saya baru pertama kali ke sini, ternyata seru juga. Apalagi bagi mereka yang memiliki anak kecil,” ujarnya.

Baca juga: 15 Wisata Alam Magetan, Ada Danau dan Taman Dinosaurus

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button