Pemda DIY siapkan kegiatan pendukung menyongsong ASEAN Tourism Forum 2023 - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Pemda DIY siapkan kegiatan pendukung menyongsong ASEAN Tourism Forum 2023 – ANTARA News Yogyakarta

YOGYAKARTA (ANTARA) – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan berbagai kegiatan pendukung untuk menyambut ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang akan diselenggarakan di provinsi tersebut pada 2-5 Februari 2023.

“Prinsipnya kami siap untuk venue ATF dan selagi berlangsung mari maksimalkan potensi yang ada karena akan kedatangan tamu dari luar negeri,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji di Yogyakarta, Jumat.

Menurutnya, Pemda Yogyakarta sedang serius mempersiapkan berbagai persiapan untuk menjadi tuan rumah ATF 2023 dan diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan seiring dengan kegiatan tersebut di tingkat internasional.

Selain melakukan berbagai perbaikan venue, Gubernur DIY secara khusus menunjuk salah satu putrinya, yakni GKR Bendara, untuk menjadi ketua Organizing Committee (OC).

“Harapannya ke depan DIY juga bisa lebih banyak dikunjungi tamu mancanegara daripada di Bali,” ujarnya.

Kepala Biro Pariwisata Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa side event selama ATF 2023, termasuk pameran industri kreatif.

“Intinya Yogyakarta siap menjadi tempat penyelenggaraan ATF. Dan dari sisi ‘pembeli’ dan ‘penjual’, dilaporkan lebih dari 60 persen yang telah memastikan partisipasinya,” ujarnya.

Menurut dia, akan ada dua agenda utama dalam ATF, pertama pertemuan tingkat menteri di mana para menteri pariwisata ASEAN dan lima negara akan bertemu untuk membahas dan menyusun kesimpulan bahkan deklarasi pengembangan pariwisata dan industri kreatif di ASEAN.

Menurut Singgih, agenda utama kedua adalah travel fair yang akan digelar di Jogja Expo Center (JEC) yang terbuka untuk umum, meski ada juga yang hanya bisa dikunjungi penjual dan pembeli yang sudah mendaftar sebelumnya.

“Pameran ini akan menampilkan biro perjalanan, hotel dan pengelola objek wisata, yang akan menawarkan berbagai paket wisata. Lebih dari 25 negara telah dipastikan berpartisipasi dalam travel exchange ini,” ujarnya.

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, selain 10 negara ASEAN, China, Korea Selatan, Jepang, India, dan Rusia juga akan bergabung menjadi peserta ATF 2023 dengan tema besar ” Perjalanan ke Tujuan yang Menakjubkan”.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button