Wisatawan akhir tahun di Gunungkidul diperkirakan akan tiba pada 20 Desember 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Wisatawan akhir tahun di Gunungkidul diperkirakan akan tiba pada 20 Desember 2022

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperkirakan kedatangan wisatawan akhir tahun pada 20 Desember 2022.

Ketua PHRI Gunungkidul Sunyoto mengatakan hingga 18 Desember 2022 belum ada peningkatan kunjungan wisatawan yang signifikan. Namun, pihaknya tetap optimistis kunjungan akan meningkat signifikan saat memasuki hari libur.

“Kemungkinan akan ada kenaikan pada 20 Desember,” kata Sunyoto saat dihubungi wartawan, Minggu (18/12/2022).

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Kapal Antar Pulau di Kepri Beroperasi Hingga Malam

Dia menjelaskan anggotanya telah menyiapkan fasilitas khusus yang digunakan wisatawan, mulai dari kebersihan dan perbaikan hingga pasokan bahan baku.

Permintaan bahan pokok pada akhir tahun akan meningkat secara signifikan. Otomatis harganya juga akan naik.

“Oleh karena itu, kami sedang mempersiapkan sekarang agar tidak ada kesulitan pada hari-H liburan,” katanya.

Targetkan 14.000 kunjungan selama liburan akhir tahun

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul telah dikunjungi lebih dari 140.000 wisatawan selama liburan akhir tahun sejak 24 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

“Target kami pada hari raya Natru adalah 148.305 wisatawan yang akan berkunjung ke kami,” kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian saat dihubungi melalui telepon, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga: 47 Persen Masyarakat Indonesia Siapkan Rp 1-3 Juta untuk Liburan Akhir Tahun

Dia mengatakan, pihaknya belum menyiapkan acara khusus untuk menyambut wisatawan. Hanya saja sejumlah destinasi akan ada event untuk menyambut pengunjung.

Pantai Baron, Gunungkidul saat airnya berwarna coklat.  Jumat (18/11/2022)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Pantai Baron Gunungkidul saat airnya berwarna coklat. Jumat (18/11/2022)

“Tidak ada agenda kita, tapi ada beberapa destinasi yang sudah menyiapkan event, seperti Pantai Wediombo dan beberapa desa wisata,” kata Arif.

Menurutnya, meski tidak banyak hiburan liburan di Gunungkidul untuk menyambut akhir tahun, namun bisa dinikmati dengan cara lain, seperti: B. Berkemah, menginap di hotel atau keluarga tamu.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button