Peresmian kereta bandara di Solo, integrasi antar moda transportasi - WisataHits
Jawa Tengah

Peresmian kereta bandara di Solo, integrasi antar moda transportasi

MENTERI Angkutan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan, keberadaan KA Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan bertujuan untuk menciptakan integrasi antar moda transportasi guna mendukung Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Pengungkapan ini kemudian dikeluarkan awal yang lembut Kereta Bandara di Stasiun Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, Minggu (29/12). Soft start tersebut turut dihadiri oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Boyolali Seno Samodro, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, General Manager Angkasa Pura International Airport I Adi Soemarmo Abdullah Usman, dan pejabat lainnya.

Pengoperasian kereta bandara ini memiliki waktu tempuh dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Bandara Internasional Adi Soemarmo hanya dalam waktu 19 menit. Kereta bandara ini juga langsung menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo.

Baca juga:

KAI meremajakan kereta ekonomi untuk kenyamanan penumpang lebih

ka
Pengoperasian kereta bandara ini memiliki waktu tempuh dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Bandara Internasional Adi Soemarmo hanya dalam waktu 19 menit. (MP/Ismail)

Keberadaan kereta bandara ini merupakan salah satu inisiatif untuk memudahkan penumpang bandara, khususnya wisatawan, seperti yang telah dilakukan di bandara Medan, Padang, Palembang, dan Jakarta. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah pemerintah pusat dalam membangun infrastruktur perkeretaapian. Pengoperasian kereta bandara ini merupakan bagian dari dukungan untuk menjadikan kawasan Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar) sebagai Bali baru.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengumumkan ada dua rombongan kereta pendukung kereta bandara ini. Diperkirakan kereta datang setiap 19 menit sekali.

“Kami mengatur jadwal. Kereta bandara mulai beroperasi pada pukul 04.00 WIB. Ada konter check-in di Stasiun Solo Balapan. Penumpang yang turun dari kereta dapat langsung turun Mendaftar di stasiun kereta,” katanya.

Ia mengungkapkan ada empat titik check in dengan rincian tiga lokasi di bandara dan satu di stasiun kereta Solo Balapan. Ada 61 perjalanan kereta api dalam satu hari.

“Ya rencana tarifnya Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per orang. Tarif itu sudah termasuk dalam subsidi pemerintah,” katanya.

Danto Restyawan, Direktur Angkutan Angkutan dan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mengatakan sebelum dilakukan perpanjangan jalur pada Selasa-Rabu (11-12/2). Proses ini berlangsung atas permintaan Presiden Jokowi untuk mengakui kepentingan masyarakat dalam penggunaan angkutan massal. (DGS)

Baca juga:

KAI luncurkan KA baru Blambangan Ekspres

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button