Percepat BIAN, DKK Semarang Gelar Vaksinasi di Museum Ronggowarsito - WisataHits
Jawa Tengah

Percepat BIAN, DKK Semarang Gelar Vaksinasi di Museum Ronggowarsito

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang M. Abdul Hakam. (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jawa Tengah) – Program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dicanangkan pemerintah pusat semakin digencarkan di setiap kabupaten/kota di Indonesia. Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Semarang menemukan, target BIAN yang sudah mendapat vaksinasi hingga saat ini baru mencapai 25 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang M. Abdul Hakam mengatakan, target penerima BIAN adalah 73.358 anak usia 6 hingga 59 bulan. DKK sendiri terus berakselerasi dengan berbagai inovasi untuk menarik minat peserta BIAN untuk melakukan vaksinasi.

Selain kesempatan untuk melakukan BIAN di setiap posyandu yang tersebar di 177 Kelurahan di Kota Semarang, saat ini DKK telah menyediakan dua lokasi untuk melakukan BIAN, yaitu Museum Ronggowarsito dan Balai Kota Semarang.

Menariknya, setelah mendapat vaksinasi, anak-anak bisa berkeliling Kota Semarang (City Tour) dengan bus Denok Kenang yang disediakan Dinas Perhubungan Kota Semarang.

“Vaksinasi BIAN ini juga kami lakukan di Museum Ronggowarsito setiap hari Senin sampai Jumat dari pukul 08.00 sampai 09.30 setelah penyuntikan, kemudian anak-anak diajak city tour dengan bus Denok Kenang. Sedangkan Sabtu akan dilaksanakan di Balai Kota Semarang mulai pukul 08.00 – 09.30,” kata Hakam, Jumat (12/8/2022).

Hakam mengatakan peserta BIAN yang akan divaksinasi di Museum Ronggowarsito sementara dicadangkan untuk kelompok dari sekolah seperti Kelompok Bermain (KB), PAUD dan TK. Sehubungan dengan itu pendaftaran dapat dilakukan oleh Puskesmas berikutnya dari sekolah.

“Kalau melihat kuota dari dinas perhubungan yang menyediakan bus Denok Kenang, biasanya satu bus berisi 50 orang, jadi kita hanya perlu menyesuaikan berapa anak yang akan naik BIAN,” jelasnya.

Sedangkan BIAN yang diadakan di Balai Kota Semarang terbuka untuk umum dan peserta BIAN dapat mendaftar melalui website victori.semarangkota.go.id. Nantinya, lanjut Hakam, BIAN yang dilakukan di Museum Ronggowarsito juga akan dibuka untuk umum dengan mendaftar melalui website yang sama.

“Inovasi ini dirancang untuk membuat orang melakukan BIAN, karena memang kita harus melakukan apapun untuk memaksimalkan kesuksesan kita,” pungkasnya. (Musonifin)

Baca lebih banyak berita

Source: sigijateng.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button