Fakta Menarik Gua Maria Tritis, Wisata Rohani di Gunung Kidul: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

Fakta Menarik Gua Maria Tritis, Wisata Rohani di Gunung Kidul: Okezone Travel

GUA Maria Tritis merupakan tempat wisata rohani yang cocok dikunjungi saat musim Natal. Terletak di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Sapto Sari, sekitar 50 kilometer dari kota Yogyakarta.

Gua Maria Tritis terletak di antara perbukitan karst Gunung Kidul, sehingga sangat eksotik dan menarik untuk dikunjungi. Stalaktit yang menggantung di langit-langit gua sangat sejuk dan sering meneteskan air.

BACA JUGA:5 wisata rohani di NTT yang cocok untuk merayakan Natal 2022

Itulah sebabnya disebut tritis, yang berasal dari kata bahasa Jawa trumatitis yang artinya tetes.

Gua Maria Tritis sering dijadikan tempat ziarah oleh umat Katolik karena patung Bunda Maria berukuran besar yang berdiri di sini. Bagi umat Kristiani, rasanya seperti lebih dekat dengan Tuhan dan bisa menyatu dengan alam di Gua Maria.

Untuk mencapai patung tersebut Anda harus naik turun melewati ladang jati dan jalan berkelok-kelok di antara bukit-bukit tandus. Peziarah juga akan memiliki dua jalan yang bisa dipilih, yakni yang berjarak 1,5 kilometer atau 500 meter.

BACA JUGA:Patung Bunda Maria setinggi 12 meter berdiri di Mamasa, unggulan wisata spiritual Sulawesi Barat

Ada juga altar bangunan suci di tengah gua. Sedangkan tempat duduk untuk ziarah berupa deretan kursi panjang. Bagi umat Katolik, mereka bisa berdoa dengan khusyuk di goa ini karena adanya patung Bunda Maria.

(sal)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button