Percayakan warga untuk menjaga keindahan kawasan wisata - Bandung Barat Pos - WisataHits
Jawa Barat

Percayakan warga untuk menjaga keindahan kawasan wisata – Bandung Barat Pos

PADALARANG, BBPOS – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan destinasi wisata Situ Ciburuy di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Sabtu (13/822).

Sebelumnya, danau tersebut direvitalisasi dengan dana Rp 32 miliar dari pemerintah provinsi.

“Semoga Situ Ciburuy semakin baik kedepannya dan saya titipkan kepada masyarakat untuk menjaga kawasan wisata yang diperindah Pemprov Jabar ini,” kata Kang Emil, panggilan akrabnya, usai melepas 77.000 ekor ikan.

Ia menjelaskan, renovasi Situ Ciburuy merupakan kewajibannya. Hal inilah yang diperjuangkan oleh warga Kabupaten Bandung Barat.

Jabar, lanjutnya, memiliki banyak danau yang memiliki dua fungsi, yakni ekologi sebagai sumber air dan fungsi sosial untuk meningkatkan kebahagiaan, ekonomi, khususnya pariwisata.

“Buktinya (komitmen untuk revitalisasi) sudah ditunjukkan. Fungsi air terpelihara dengan baik, tidak ada perubahan, volume tetap terjaga karena merupakan sumber. Kami memperkenalkan fungsi sosial baru (destinasi wisata),” jelas Ridwan Kamil.

Selain itu, Ridwan Kamil menyampaikan, pihaknya merancang Situ Ciburuy sebagai rest area atau tempat istirahat bagi pengguna jalan dari Cianjur menuju Bandung atau sebaliknya.

Dengan menjadikan Situ Ciburuy sebagai rest area, pemerintah bisa menghasilkan pendapatan.

“Saya yakinkan kepada Pak Hengki bahwa ke depan lokasi ini bisa lebih dioptimalkan lagi dengan membuat konsep rest area. Terutama untuk UMKM agar laris di sini, karena tempat itu sekarang menjadi tempat yang bagus untuk dikunjungi,” tutupnya.

Source: www.bandungbaratpos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button