Dua Tahun Rehab, Properti Wisata Waduk Cacaban Dibuka Oktober – Panturapost.com - WisataHits
Jawa Tengah

Dua Tahun Rehab, Properti Wisata Waduk Cacaban Dibuka Oktober – Panturapost.com

TEGAL – Setelah renovasi menyeluruh mulai tahun 2020, properti wisata Waduk Cacaban di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dijadwalkan akan dibuka kembali untuk umum pada Oktober 2022.

Kepala dinas olahraga dan pariwisata pemuda kabupaten. Tegal, Ahmad Uwes Qoroni mengatakan para pedagang di lokasi waduk Cacaban sudah lebih dari dua tahun tidak beraktivitas karena waduk sedang direhabilitasi. Karena itu, pihaknya menyerukan agar waduk Cacaban segera dibuka.

“Kami sudah ajukan ke Kementerian PUPR. Pembukaannya direncanakan Oktober, tapi tergantung kementerian juga,” ujarnya kepada PanturaPost, Sabtu (27/8/2022).

Uwes mengatakan, pembangunan kembali bangunan utama waduk Cacaban dan pendukungnya telah selesai, meski masih ada beberapa perbaikan.

“Mudah-mudahan Oktober sudah bisa buka dan dealer bisa jual lagi. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan Waduk Cacaban jika jadwalnya sesuai dan tidak ada kendala,” katanya.

Waduk Cacaban yang memiliki luas total sekitar 37,5 hektar masih sepi aktivitas namun terbatas. Sebagian lahan di sekitar Waduk Cacaban milik Pemkab Tegal sudah dikembangkan kementerian. Kegiatan yang masih berlangsung misalnya pada bulan September ada Cacaban Craft, namun sifatnya juga terbatas dan belum tersedia untuk umum.

“Desain Waduk Cacaban saat ini merupakan yang termegah dibandingkan waduk lainnya,” kata Uwes.

Ada 36 kapal di Waduk Cacaban dan semuanya sudah memiliki pas kapal atau dokumen penting sebagai tanda kepemilikan kapal. Terdapat gedung observasi dimana lantai bawah dapat digunakan untuk pertemuan sedangkan lantai atas digunakan untuk tempat untuk menikmati pemandangan Waduk Cacaban yang indah.

“Harapannya wisata waduk cacaban ini bukan sekedar wisata air, perlu bisa menggerakkan perekonomian, kuliner di sini dan lain-lain. Mudah-mudahan tidak ada masalah dan Oktober bisa dibuka.”

Penerbit : Muhammad Abduh

Source: panturapost.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button