Bikin liburanmu makin seru, 3 wisata river tubing di Jawa Barat ini patut dicoba - WisataHits
Jawa Barat

Bikin liburanmu makin seru, 3 wisata river tubing di Jawa Barat ini patut dicoba

Bikin liburanmu makin seru, 3 wisata river tubing di Jawa Barat ini patut dicoba

Bikin liburanmu makin seru, 3 Wisata River Tubing di Jawa Barat ini patut dicoba
River tubing Santirah Pangandaran. © 2022 Instagram @santirah_river_tubing/Merdeka.com

Merdeka.com – Provinsi Jawa Barat memiliki destinasi wisata alam yang beragam, salah satunya adalah river tubing. Setidaknya ada tiga tempat yang cocok untuk wisata sungai, yaitu Sungai Ciherang di Purwakarta, Sungai Santirah Pangandaran dan Sungai Cikuluwung di Bogor.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan, ketiga destinasi tersebut menawarkan sensasi berwisata seperti arung jeram di sungai, namun dengan suasana yang lebih santai.

Artikel media taboola

Menurut Benny, wisata ini berbeda dengan arung jeram. Karena dengan river tubing, pengunjung diajak menjelajahi sungai dengan ban di air yang mengalir tenang. Sudah siap untuk wisata river tubing di Jawa Barat? Berikut ulasan lengkapnya dilansir ANTARA, Minggu (14/8).

2 dari 4 halaman

River tubing di Sungai Ciherang di Purwakarta

Sungai Ciherang yang terletak di Desa Tanjaknangsi, Desa Raharja, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta ini merupakan tempat wisata river tubing pertama yang bisa Anda coba. Di sini pengunjung disuguhi suasana sungai di dataran tinggi. Suasana sejuk bisa langsung Anda rasakan.

Tidak perlu khawatir tentang keselamatan karena pengelola wisata bernama Ngamprak River Adventure akan memandu Anda secara profesional dengan peralatan pendamping yang tepat. Seperti helm dan pelampung.

Untuk mencoba river tubing di Sungai Ciherang, wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp 120.000. Ada juga penginapan serta kuliner khas Purwakarta yaitu Sate Maranggi.

“Siapkan kondisi dan fisik yang kuat karena river tubing di sini bisa bertahan sekitar 2,5 jam dengan rute 4,5 kilometer,” kata Benny.

3 dari 4 halaman

River tubing Santirah Pangandaran

River tubing Santirah Pangandaran

River Tubing Santirah Pangandaran © 2022 Instagram @santirah_river_tubing/Merdeka.com

Selain itu, objek wisata River Tubing di Sungai Santirah, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran menjadi tempat kedua yang harus dikunjungi.

Untuk menuju Santirah hanya berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Pangandaran atau sekitar 35 menit dengan mobil.

Di sini pengunjung akan menemukan sederet keindahan mulai dari relief karst hingga air terjun yang meluncur dari kanan dan kiri menambah keseruan mengarungi sungai di sana dengan simpai. Di sepanjang sungai dibutuhkan 1,5 km dan melewati gua yang agak panjang dan gelap.

Untuk petualangan Santirah River Tubing, pengunjung dikenakan biaya antara Rp100.000 hingga Rp135.000 per orang untuk rombongan 10 orang atau lebih. Harga sudah termasuk guide, tiket tour, parkir, perlengkapan river tubing, asuransi, makan dari Nasi Liwet, dan dokumentasi.

4 dari 4 halaman

River Tubing Cikuluwung, Bogor

Tujuan akhir river tubing adalah Sungai Cikuluwung di Bogor, Jawa Barat.

Di tempat yang termasuk dalam kawasan Jalan Gunung Menir di Pamijahan ini terdapat paket wisata fun ride river tubing untuk anak-anak dengan jarak tempuh sekitar 100 meter. Untuk dua kali perjalanan pulang pergi, pengelola menawarkan tarif Rp 55.000 per orang.

Kini ada paket Adventure Ride untuk river tubing dewasa dengan harga sekitar Rp 127.000 per orang, dengan minimal enam orang dalam satu rombongan.

[nrd]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button