Perairan Yogyakarta berpotensi gelombang tinggi awal pekan ini - WisataHits
Yogyakarta

Perairan Yogyakarta berpotensi gelombang tinggi awal pekan ini

TEMPO.CO, Yogyakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta gelombang tinggi melanda di perairan Yogyakarta dan sekitarnya Senin sampai Selasa, 25-26 Juli 2022. “Ketinggian gelombang 4 hingga 6 meter atau kategori sangat tinggi kemungkinan akan terjadi di perairan Yogyakarta dan Samudera Hindia Selatan Yogyakarta hingga besok,” kata Direktur Stasiun Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Warjono. , Senin 25 Juli 2022.

Warjono mengatakan gelombang tinggi atau gelombang pasang dipicu oleh pola angin di Indonesia bagian utara yang bergerak ke barat daya baru-baru ini dengan kecepatan angin berkisar antara 5 hingga 30 knot. Di Indonesia bagian selatan, sebaliknya, pergerakan dari timur ke barat lebih dominan
Tenggara dengan kecepatan angin 5-25 knot.

“Kami bertanya kepada orang-orang yang tinggal dan bekerja di pantai tentang daerah-daerah yang memiliki peluang
gelombang tinggi untuk tetap waspada,” katanya. Tidak hanya warga dan wisatawan, namun juga para nelayan dan pengangkut laut dihimbau untuk memperhatikan risiko tinggi untuk keselamatan pelayaran.

Khususnya kapal penangkap ikan, karena kecepatan angin bisa lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter. Sedangkan jenis tongkang harus waspada saat kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Sedangkan untuk kapal feri perlu diwaspadai saat kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, serta kapal besar seperti kapal kargo/kapal pesiar waspada saat kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang lebih dari 4 meter.

Tidak hanya Yogyakarta, BMKG juga memperingatkan perairan di sekitarnya yang memiliki peluang yang sama untuk mengalami gelombang kategori sangat tinggi. Misalnya di perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, serta perairan selatan Purworejo.

Gelombang tinggi melanda sejumlah titik di pesisir selatan Yogyakarta sepekan sebelumnya pada Sabtu pagi, 16 Juli 2022. Puluhan warung pantai seperti Pantai Depok di Bantul dan Baron, Indrayanti dan Drini rusak diterjang gelombang pasang.

WICKSONO PRIBADI

Baca Juga: Ombak Pantai Selatan Yogya, Ini Tips Aman Bagi Traveler agar Tetap Aman

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button