Kunjungan Wisatawan Mancanegara Naik 36,5 Persen - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Naik 36,5 Persen – ANTARA News Yogyakarta

DENPASAR (ANTARA) — Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan kunjungan wisatawan (wisman) mancanegara meningkat hingga akhir tahun 2022, mencapai 36,5 persen dari keadaan normal sebelum pandemi COVID-19.

Gubernur Bali juga menyampaikan dalam pidato penutup tahun 2022 di Denpasar pada Jumat bahwa wisatawan lokal (wisdom) juga mengalami peningkatan kunjungan yang persentasenya mencapai 37,1 persen dari kondisi normal sebelum pandemi.

“Dari Januari hingga 28 Desember 2022, jumlah wisatawan nusantara mencapai 3,9 juta orang atau 37,1 persen dari keadaan normal sebelum COVID-19, dan wisatawan mancanegara mencapai 2,3 juta orang atau 36,5 persen dari keadaan normal sebelum pandemi. ,” ujar WayanKoster.

Berdasarkan data Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dia menyebutkan rata-rata kedatangan wisatawan domestik sekitar 12.000 per hari dan wisatawan mancanegara di 29 maskapai internasional sebanyak 11.000 per hari, dan trennya meningkat. Bahkan minggu ini kunjungan wisatawan mencapai 15.000 orang dan 14.000 wisatawan mancanegara per hari.

Pemulihan pariwisata yang ditandai dengan kedatangan wisatawan berjalan lebih cepat dari yang direncanakan, sehingga Bali mendapat banyak pengakuan dan pelaku bisnis memukul balik, diikuti oleh okupansi hotel, kunjungan restoran tambahan, dan padatnya tempat wisata.

“Sejak 2022 saya diejek orang bisnis, sekarang saya senyum-senyum saja. Saya mendapat laporan dari pemangku kepentingan industri pariwisata, sejak Desember 2022 hingga Maret 2023, pemesanan kamar hotel meningkat di Bali,” ujarnya.

Di tahun keempat memimpin Pemprov Bali, dia mengaku menangani pandemi merupakan kerja keras bagi pariwisata dan perekonomian.

.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button