Penjelasan, subrutin ARTJOG MMXXII baru yang menyatukan karya seni! - WisataHits
wisatahits

Penjelasan, subrutin ARTJOG MMXXII baru yang menyatukan karya seni!

ARTJOG MMXXII: Arts-in-Common Expanding Awareness menampilkan subreddit baru yang merupakan bagian dari pertunjukan mingguan ARTJOG berjudul Explanatory.

Program ini digagas untuk mempertemukan karya seni di ruang pameran dengan praktik penciptaan karya seni pertunjukan.

Program explanatory melibatkan enam seniman performans yang melakukan penelitian singkat di bulan Juli, kemudian dilanjutkan dalam proses penciptaan karya performans selama bulan Agustus.

Hasilnya kemudian disajikan dalam dua bentuk, pertunjukan di showroom pada 30-31 Agustus 2022 dan Pertunjukan Bacaan pada 1-2 September 2022 di Pendhapa Ajiyasa.

Rangkaian kegiatan ini melibatkan enam penampil dan enam karya seni yang ditampilkan di ARTJOG MMXXII. Mereka :

1. Rani Jambak (Padang)

ARTOG MMXXII_Penjelasan Penampilan Rani Jambak Hingga Kisah Punah Kita Sejauh Mata Melihat_3ARTOG MMXXII, Penampilan Penjelasan Rani Jambak Hingga Kisah Punah Kita Sejauh Mata Dilihat

Komposer musik yang menginterpretasi ulang “Kisah Kepunahan Kita” karya Chitra Subyakto, Sejauh Mata Melihat.

2. Wayan Sumahardika (Bali)

ARTJOG MMXXII_Penjelasan Penampilan Wayan Sumahardika di Ladang Padi oleh Gilang Mustofa_2ARTJOG MMXXII, Penjelasan Penampilan Wayan Sumahardika di Ladang Padi oleh Gilang Mustofa

Sutradara teater yang menghidupkan kembali “Ladang Padi” karya Gilang Mustafa dengan pertunjukan dan teater objek spesifik lokasi.

3. Nanik Indarti (Yogyakarta)

ARTJOG MMXXII_Penjelasan Penampilan Nanik Indarti dalam Babad Disabilitas Karya Seni Disabilitas Jogja_2ARTJOG MMXXII, Penampilan Nanik Indarti di Disabilitas Babad oleh Kesenian Disabilitas Jogja

Seorang sutradara teater, bekerjasama dengan Unique Theatre Project, menginterpretasi ulang “Babad Wikara” oleh Seni Disabilitas Jogja.

4. Gendra Wisnu Buana (Tegal)

ARTJOG MMXXII_Penjelasan penampilan Gendra WB di Dalam Hitam oleh Asha Darra_1ARTJOG MMXXII, Explanatory Performance Gendra WB di Dalam Hitam oleh Asha Darra

Komposer musik yang melakukan kolaborasi penampilan komposisi musik dan peragaan busana dalam “In Hitam” Asha Darra karya Asha Darra.

5. Jamaluddin Latif (Jogja)

ARTJOG MMXXII_Penjelasan penampilan oleh Jamaluddien Latief di Bento, Please Cheers Me Up oleh Mulyana x Parti Gastronomi_2ARTJOG MMXXII, Explanatory Performance oleh Jamaluddien Latief di Bento, Please Cheers Me Up oleh Mulyana x Parti Gastronomi

Aktor teater yang bersama putranya melakukan pertunjukan partisipatif menafsirkan ulang “Bento Please Cheers Me Up!” oleh Mulyana x Gastronomy Party.

6. Puri Senja (Surabaya)

ARTJOG MMXXII_Penjelasan penampilan oleh Puri Senja di Terpesona Dalam Anxiety oleh Nadiah Bamadhaj_1ARTJOG MMXXII, Explanatory Performance oleh Puri Senja hingga Terpesona Dalam Anxiety oleh Nadiah Bamadhaj

Dengan penampilan dance berdurasi panjang yang menyuguhkan video Nadiah Bhamadhaj “Terpesona dalam Kegelisahan” karya Nadiah Bhamadhaj.

Membuka rangkaian Performance pada 30-31 Agustus, kurator ARTJOG MMXXII BM Anggana mengatakan:

“Perupa memilih karya visual untuk diinterpretasikan dalam pertunjukan baru dengan melibatkan seniman dalam proses penciptaan pertunjukan.

Diharapkan melalui program ini dapat terjadi proses transfer ilmu antar disiplin ilmu dan membuka kemungkinan baru bagi penciptaan karya seni, baik seni rupa maupun seni pertunjukan.

Setelah memperkenalkan program pengenalan, sekitar 40 penonton memasuki ruang pameran untuk menikmati pertunjukan langsung satu demi satu.

Suasana galeri selama dua hari itu berbeda karena pementasan di beberapa titik.

Antusiasme masyarakat yang hadir pun tak kurang untuk memenuhi setiap ruangan dan ikut menyambut undangan artis tersebut.

Karya-karya visual tampak hidup dengan cara yang berbeda dengan ruang-ruang baru untuk interpretasi melalui dialog, gerak tubuh, musik, dan tarian.

Pada tanggal 1 dan 2 September 2022, keenam seniman dari Explanatory akan mempresentasikan karyanya dalam bentuk Performance Lecture.

Para seniman akan menceritakan proses eksplorasi, interpretasi ulang dan berbagi penemuan mereka selama program penjelasan.

Dengan demikian, harapan terjadinya proses transfer ilmu lintas disiplin dapat terwujud, tidak hanya bagi para seniman yang terlibat, tetapi juga bagi masyarakat yang menyaksikannya.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button