Pantai Baron, pesona keindahan sungai bawah tanah dan mercusuar - WisataHits
Yogyakarta

Pantai Baron, pesona keindahan sungai bawah tanah dan mercusuar

PeekLifestyle Celebrities – Pantai Baron merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang memiliki banyak peminat. Terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Prefektur Gunungkidul, popularitas pantai yang satu ini di kalangan wisatawan lokal sudah cukup dikenal.

Memang Yogyakarta dikenal sebagai daerah yang menawarkan berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi kapan saja. Mulai dari wisata edukasi, wisata air hingga wisata keluarga. Pantai adalah salah satu tujuan wisata yang paling populer.

Bukan tanpa alasan. Suasana pantainya asri dan tanahnya bebas, jadi siapa pun yang datang dengan anak-anak merasa bebas. Karena anak-anak bisa bermain dan bermain sepuasnya di sana-sini dan tidak lagi terpaku pada perangkat hiburan.

Bagi Anda yang memiliki rencana liburan ke Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk mampir ke Pantai Baron. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan selama liburan di Pantai Baron. Tentang segalanya, ya?

Yuk simak rangkuman informasi mengenai Pantai Baron mulai dari objek wisata, harga tiket hingga fasilitas yang tersedia berikut ini.

gmaps/JobNurs

Foto : gmaps/Ayub nurs

Ada banyak pantai di Yogyakarta, Pantai Baron adalah salah satu yang paling populer. Tahukah Anda asal usul nama Pantai Baron?

Namun, nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan Belanda bernama Baron Skeber. Saat itu, Baron Skeber mendarat dengan kapalnya di pantai selatan Pantai Baron saat ini.

Tiket Masuk Pantai Baron

gmaps/DeaPi

Foto: gmaps/Dea Pi

Bagi Anda yang ingin ke Pantai Baron, Anda tidak perlu terlalu memikirkan biaya tiket atau waktu. Karena Pantai Baron buka 24 jam, jadi kamu bisa mengunjunginya kapanpun kamu mau.

Untuk harga sendiri, Pantai Baron memiliki tiket masuk yang cukup murah yaitu hanya Rp 10.000 per orang. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, anda perlu membayar karcis parkir motor sebesar Rp 2000 dan untuk mobil Rp 5000.

Untuk bus, biaya parkirnya Rp 20.000. Namun, perlu diketahui bahwa harga yang tercantum dapat berubah seiring waktu. Namun, kami berharap harga ini dapat dijadikan pedoman bagi Anda dalam menentukan biaya liburan Anda.

Atraksi Pantai Baron

gmaps/Aditya Winarso

Foto: gmaps/Aditya Winarso

Jika Anda masih ragu untuk datang, Anda perlu menyimak atraksi Pantai Baron untuk menambah rasa percaya diri Anda. Ada beberapa tempat wisata Pantai Baron, berikut informasinya. Lantas apa saja daya tarik Pantai Baron? Baca lebih lanjut di bawah ini.

1. Teluk dan sungai bawah tanah

Salah satu daya tarik utama Pantai Baron adalah teluk dan sungai. Inilah yang membedakan Pantai Baron dengan pantai lainnya. Teluk ini berasal dari sungai bawah tanah. Berbeda dengan air laut, air teluk ini memiliki rasa yang segar. Selain itu, warna airnya jernih dan mengalir deras.

Belum lagi pemandangan di sekitar pantai yang seolah dikelilingi perbukitan hijau membuat keberadaan Pantai Baron seolah tersembunyi.

2. Pemandangan alam yang indah

Layaknya pantai yang memiliki nuansa alam yang asri, begitu pula Pantai Baron. Pesisir pantai dengan ombak yang lembut sangat enak untuk disentuh saat disentuh tanpa alas kaki. Anda dapat berlari bebas di sana-sini. Anda bahkan bisa mengajak anak-anak bermain air di tepi pantai, tapi tetap harus selalu awasi mereka ya.

Anda juga bisa bermain di pasir. Bagi Anda yang memiliki peralatan untuk memahat pasir menjadi kastil, Anda bisa membawanya. Karena akan menyenangkan bermain di pantai. Belum lagi background alam yang menambah suasana.

3. Upacara Sedekah Laut

gmaps/Al Irsad

Foto: gmaps/Al Irsad

Masyarakat Yogyakarta masih kuat dalam tradisi mereka. Maka tak heran jika Pantai Baron sering dijadikan tempat untuk upacara amal. Upacara sedekah laut ini berlangsung setiap tanggal 1 Syuro menurut penanggalan Jawa.

Upacara Sedekah Laut diadakan sebagai bentuk rasa syukur kepada warga sekitar Pantai Baron atas berkah dan limpahan hasil laut. Menariknya, meski berada tepat di atas laut, sebagian besar masyarakat di sekitar Pantai Baron dulunya tidak berprofesi sebagai nelayan melainkan sebagai petani.

Namun suatu ketika ada seseorang yang memancing di pantai dan mendapatkan hasil yang banyak. Warga lainnya pun penasaran dan mencobanya. Seiring waktu, ikan-ikan di pantai mulai menipis. Akibatnya, banyak warga yang menjadi nelayan, menggunakan rakit kayu untuk menangkap ikan di tengah laut.

4. Mercusuar

Salah satu hal yang menarik dari Pantai Baron adalah mercusuar yang terletak di atas tebing dengan rerumputan hijau. Jika Anda ingin melihat pemandangan Pantai Baron secara maksimal, Anda bisa mendaki dataran tinggi ini dan juga mercusuar.

Mercusuar ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Dari Pantai Baron terdapat tangga yang digunakan untuk menuju puncak bukit tempat mercusuar berada. Jika ingin naik ke sini, pastikan Anda memiliki alas kaki yang tepat, misalnya sepatu, agar kaki Anda terlindungi.

Namun, jika Anda ingin mendaki ke puncak mercusuar, Anda perlu menyiapkan tenaga tambahan. Pasalnya, Anda harus menaiki tangga untuk sampai ke puncak mercusuar yang tingginya sekitar 40 meter. Tangga itu melingkar, tetapi di ujung tangga ada tangga vertikal lainnya.

Setelah melewati ini, Anda akan menemukan diri Anda berada di puncak mercusuar. Jika Anda membayar Rp 5000, penat Anda mendaki mercusuar akan terbayar dengan keindahan Pantai Baron. Jadi tipsnya, jika ingin mendaki ke puncak mercusuar, siapkan minimal satu botol air putih. Karena menaiki anak tangga setinggi 40 meter cukup melelahkan.

5. Spot foto menarik

Ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, Anda juga dapat dengan bebas mengambil potret Anda di sini. Banyak perahu nelayan yang terparkir di pinggir pantai, banyak wisatawan yang memanfaatkan deretan perahu yang terparkir untuk background foto. Belum lagi matahari terbenam. Akan sangat indah mengabaikan siluet Anda saat matahari terbenam.

6. Kuliner dan oleh-oleh

Datang ke tempat wisata tidak lengkap rasanya tanpa mencoba makanannya. Di sekitar Pantai Baron banyak terdapat pedagang yang menjajakan makanan laut seperti kepiting, ikan, udang dan lain-lain.

Bagi Anda yang ingin mencari oleh-oleh, banyak yang menjual oleh-oleh yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh saat pulang. Untuk harga, Anda juga bisa menawar untuk mendapatkan harga yang pas.

Demikian kumpulan informasi tentang Pantai Baron. Semoga artikel timeless diatas bisa bermanfaat untuk anda. Selain itu, perlu dicatat bahwa harga yang tercantum dapat berubah seiring waktu.

Namun, kami berharap harga ini bisa menjadi patokan Anda dalam menentukan biaya liburan.

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button